Menu

Mode Gelap
Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan? Rasakan Pengalaman Teknologi Terbaru di Samsung Experience Lounge Pondok Indah Golf! Bongkar Rahasia Samsung Galaxy A55, Wajib Tahu Sebelum Beli! Kamera Canggih, Samsung Galaxy A35 5G Bikin Food Photography Makin Kece!

Health · 16 Mei 2024 15:18 WIB · Waktu Baca

Rahasia Mengatasi Stres dan Kecemasan: Makan Sayur dan Buah, Kurangi Gula

Perbanyak Sayur dan Buah, Kurangi Gula untuk Mengurangi Stres dan Kecemasan Perbesar

Rahasia Mengatasi Stres dan Kecemasan: Makan Sayur dan Buah, Kurangi Gula

Ligaponsel.com – Makan sayur dan buah sangat penting untuk kesehatan tubuh. Selain mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral, sayur dan buah juga dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Nutrients”, mengonsumsi sayur dan buah secara teratur dapat membantu menurunkan kadar hormon stres kortisol dalam tubuh. Selain itu, sayur dan buah juga mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat stres oksidatif.

Selain memperbanyak konsumsi sayur dan buah, mengurangi konsumsi gula juga dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Gula dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah, yang kemudian dapat diikuti oleh penurunan kadar gula darah secara tiba-tiba. Hal ini dapat menyebabkan gejala seperti lemas, pusing, dan perubahan suasana hati, yang dapat memperburuk stres dan kecemasan.

Jadi, jika Anda sedang merasa stres atau cemas, cobalah untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah, serta mengurangi konsumsi gula. Perubahan pola makan ini dapat membantu Anda merasa lebih baik secara fisik dan mental.

Perbanyak Sayur dan Buah, Kurangi Gula untuk Mengurangi Stres dan Kecemasan

Hidup sehat, pikiran tenang.

  • Serat pencernaan lancar
  • Vitamin sehatkan badan
  • Antioksidan lawan stres
  • Gula darah stabil
  • Hormon stres menurun
  • Pikiran lebih tenang

Makan sayur dan buah yang cukup, serta mengurangi konsumsi gula adalah cara mudah untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Yuk, mulai hidup sehat hari ini!

Serat pencernaan lancar

Siapa yang tidak ingin pencernaannya lancar? Sayur dan buah adalah sumber serat yang baik, yang dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Serat membantu feses menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan, sehingga terhindar dari masalah sembelit.

Selain itu, serat juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan kolesterol. Jadi, dengan mengonsumsi sayur dan buah yang cukup, kita tidak hanya menjaga kesehatan pencernaan, tetapi juga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Vitamin sehatkan badan

Siapa yang tidak ingin sehat? Sayur dan buah adalah sumber vitamin yang baik, loh! Vitamin itu penting banget buat kesehatan tubuh kita. Misalnya, vitamin A bagus buat kesehatan mata, vitamin C bagus buat daya tahan tubuh, dan vitamin E bagus buat kesehatan kulit.

Jadi, dengan makan sayur dan buah yang cukup, kita bisa mendapatkan vitamin yang cukup juga. Alhasil, tubuh kita jadi lebih sehat dan kuat. Yuk, makan sayur dan buah sekarang juga!

Antioksidan lawan stres

Stres itu kayak musuh dalam selimut. Dia datang diam-diam, tapi bisa bikin kita sakit-sakitan. Nah, sayur dan buah itu punya pasukan khusus namanya antioksidan. Pasukan ini tugasnya ngelawan stres dan radikal bebas yang bisa bikin sel-sel tubuh kita rusak.

Jadi, kalau kita makan sayur dan buah yang cukup, pasukan antioksidan kita jadi kuat dan bisa ngelindungin tubuh kita dari stres. Alhasil, kita jadi lebih sehat dan nggak gampang sakit. Jadi, jangan lupa makan sayur dan buah ya, biar stres minggir!

Gula darah stabil

Gula darah naik turun bikin stres, kayak roller coaster! Sayur dan buah punya serat yang bisa bikin gula darah stabil, kayak mobil di jalan tol.

Jadi, makan sayur dan buah itu kayak nyetir mobil di jalan tol, tenang dan nggak bikin stres!

Hormon stres menurun

Stres itu kayak monster yang suka bikin kita deg-degan. Tapi, sayur dan buah punya senjata rahasia: antioksidan! Antioksidan ini kayak pahlawan super yang bisa melawan hormon stres, si kortisol.

Kalau kita makan sayur dan buah yang cukup, pasukan antioksidan kita jadi kuat dan bisa ngelawan hormon stres. Alhasil, kita jadi lebih tenang dan nggak gampang stres. Jadi, jangan lupa makan sayur dan buah ya, biar stres minggir!

Pikiran lebih tenang

Pikiran stres kayak bola lampu yang kedip-kedip, bikin kita nggak bisa fokus. Sayur dan buah itu kayak saklarnya, bisa bikin pikiran kita lebih tenang dan fokus.

So, kalau lagi stres, jangan lupa makan sayur dan buah ya. Biar pikiran adem, stres minggir!

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Rahasia Otak Saat Tidur Terkuak, Simak Penjelasan Ahli!

17 Mei 2024 - 17:17 WIB

Ahli Kesehatan: Ini yang Terjadi Pada Otak Saat Tubuh Terlelap Tidur

Rahasia Mengempeskan Perut Buncit Ala dr. Zaidul Akbar

17 Mei 2024 - 17:11 WIB

Rahasia Diet Sehat, Mengungkap Resep dr. Zaidul Akbar untuk Mengatasi Perut Buncit

6 Kebiasaan Buruk Penyebab Perut Buncit, Yuk Hindari!

17 Mei 2024 - 17:05 WIB

6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Perut Makin Buncit, Yuk Cepat Hindari

Rahasia Mengempiskan Perut Buncit Kilat Tanpa Olahraga

17 Mei 2024 - 17:03 WIB

Ajaib, Tak Perlu Olahraga Berat Makanan Ini Bikin Lemak Perut Buncit Cepat Hilang dalam 7 Hari, dr Zaidul Akbar Bilang Caranya

Cara Ampuh Kempeskan Perut Buncit Ala dr. Zaidul Akbar yang Wajib Kamu Coba!

17 Mei 2024 - 16:58 WIB

Boleh Dicoba Perempuan dan Laki-lagi, Begini Cara Ampuh Mengatasi Perut Buncit ala dr Zaidul Akbar

Rahasia Kebal Penyakit Warga Papua Terkuak! DNA Langka Jadi Perisai

17 Mei 2024 - 16:53 WIB

Ilmuwan Temukan Warga Papua Nugini Warisi DNA Langka, Bikin Kebal dari Penyakit
Trending di Health