Menu

Mode Gelap
Kamera Canggih, Samsung Galaxy A35 5G Bikin Food Photography Makin Kece! Kamera Samsung Galaxy A35: Rahasia Fotografi Kuliner yang Lezat Terungkap! Adu Canggih Samsung Galaxy A54 Vs A55, Mana yang Terbaik? Duel Sengit Samsung Galaxy S23 Plus vs S23 Ultra: Mana yang Terbaik? Adu Spesifikasi: Duel Sengit Samsung Galaxy A54 vs A55, Mana yang Lebih Unggul? Daftar HP Samsung yang Tak Kebagian Update One UI 6.1, Bersabarlah, Ini Cobaan!

Health · 16 Mei 2024 16:06 WIB · Waktu Baca

Gejala Kolesterol Tinggi yang Tak Terduga, Wajib Tahu!

Apa yang Dirasakan Saat Kolesterol Tinggi? Berikut Ulasannya Perbesar

Gejala Kolesterol Tinggi yang Tak Terduga, Wajib Tahu!

Ligaponsel.com – Apa yang Dirasakan Saat Kolesterol Tinggi? Berikut Ulasannya

Kolesterol tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Namun, banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka memiliki kolesterol tinggi karena biasanya tidak menimbulkan gejala. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan kolesterol secara rutin untuk mengetahui kadar kolesterol Anda.

Meskipun kolesterol tinggi biasanya tidak menimbulkan gejala, namun ada beberapa tanda dan gejala yang dapat muncul, di antaranya:

  • Nyeri dada (angina)
  • Sesak napas
  • Sakit kepala
  • Pusing
  • Gangguan penglihatan
  • Kelelahan
  • Mual
  • muntah

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, tes darah, dan pemeriksaan lainnya untuk menentukan kadar kolesterol Anda dan memberikan pengobatan yang tepat.

Pengobatan kolesterol tinggi biasanya melibatkan perubahan gaya hidup, seperti:

  • Menurunkan berat badan
  • Mengonsumsi makanan sehat
  • Olahraga teratur
  • Berhenti merokok
  • Mengurangi konsumsi alkohol

Selain perubahan gaya hidup, dokter juga dapat meresepkan obat-obatan untuk menurunkan kadar kolesterol, seperti statin, ezetimibe, dan niacin. Obat-obatan ini bekerja dengan cara menghambat produksi kolesterol atau meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Penting untuk mengikuti pengobatan yang diberikan dokter dengan baik untuk menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Apa yang Dirasakan Saat Kolesterol Tinggi? Berikut Ulasannya

Kolesterol tinggi sering tidak bergejala, padahal berbahaya. Kenali 5 tandanya:

  • Nyeri dada
  • Sesak napas
  • Sakit kepala
  • Kelelahan
  • Gangguan penglihatan

Jika mengalaminya, segera periksa ke dokter untuk mencegah penyakit jantung dan stroke.

Nyeri dada

Nyeri dada yang terjadi saat kolesterol tinggi biasanya disebut angina. Angina terjadi ketika aliran darah ke jantung berkurang karena adanya penyempitan pembuluh darah akibat penumpukan kolesterol.

Rasa nyeri pada angina biasanya seperti ditekan, diremas, atau seperti terbakar. Nyeri ini dapat menjalar ke lengan, leher, punggung, atau rahang.

Jika Anda mengalami nyeri dada, terutama saat beraktivitas atau setelah makan, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Sesak napas

Sesak napas merupakan salah satu tanda kolesterol tinggi yang perlu diwaspadai. Sesak napas terjadi ketika jantung tidak dapat memompa darah yang cukup ke seluruh tubuh, termasuk paru-paru.

Pada penderita kolesterol tinggi, penumpukan kolesterol di pembuluh darah dapat menghalangi aliran darah ke jantung. Akibatnya, jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah, yang dapat menyebabkan sesak napas.

Jika Anda mengalami sesak napas, terutama saat beraktivitas atau setelah makan, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Sakit kepala

Sakit kepala bisa jadi pertanda kadar kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darah otak, sehingga mempersempit aliran darah ke otak.

Saat aliran darah ke otak berkurang, dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, dan bahkan gangguan penglihatan. Sakit kepala akibat kolesterol tinggi biasanya terasa seperti nyeri tumpul atau berdenyut di kepala.

Jika Anda sering mengalami sakit kepala, terutama yang disertai dengan gejala lain seperti nyeri dada atau sesak napas, segera konsultasikan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Kelelahan

Kelelahan merupakan salah satu gejala kolesterol tinggi yang seringkali tidak disadari. Kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darah, sehingga mempersempit aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk otot dan organ.

Saat aliran darah ke otot dan organ berkurang, dapat menyebabkan kelelahan, lemas, dan kurang bertenaga. Kelelahan akibat kolesterol tinggi biasanya memburuk setelah beraktivitas atau setelah makan.

Gangguan penglihatan

Gangguan penglihatan bisa menjadi tanda kolesterol tinggi yang perlu diwaspadai. Kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darah yang menuju ke mata, sehingga mempersempit aliran darah ke mata.

Saat aliran darah ke mata berkurang, dapat menyebabkan gangguan penglihatan, seperti penglihatan kabur, pandangan ganda, atau bahkan kehilangan penglihatan. Gangguan penglihatan akibat kolesterol tinggi biasanya terjadi secara bertahap dan memburuk seiring waktu.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Rahasia Otak Saat Tidur Terkuak, Simak Penjelasan Ahli!

17 Mei 2024 - 17:17 WIB

Ahli Kesehatan: Ini yang Terjadi Pada Otak Saat Tubuh Terlelap Tidur

Rahasia Mengempeskan Perut Buncit Ala dr. Zaidul Akbar

17 Mei 2024 - 17:11 WIB

Rahasia Diet Sehat, Mengungkap Resep dr. Zaidul Akbar untuk Mengatasi Perut Buncit

6 Kebiasaan Buruk Penyebab Perut Buncit, Yuk Hindari!

17 Mei 2024 - 17:05 WIB

6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Perut Makin Buncit, Yuk Cepat Hindari

Rahasia Mengempiskan Perut Buncit Kilat Tanpa Olahraga

17 Mei 2024 - 17:03 WIB

Ajaib, Tak Perlu Olahraga Berat Makanan Ini Bikin Lemak Perut Buncit Cepat Hilang dalam 7 Hari, dr Zaidul Akbar Bilang Caranya

Cara Ampuh Kempeskan Perut Buncit Ala dr. Zaidul Akbar yang Wajib Kamu Coba!

17 Mei 2024 - 16:58 WIB

Boleh Dicoba Perempuan dan Laki-lagi, Begini Cara Ampuh Mengatasi Perut Buncit ala dr Zaidul Akbar

Rahasia Kebal Penyakit Warga Papua Terkuak! DNA Langka Jadi Perisai

17 Mei 2024 - 16:53 WIB

Ilmuwan Temukan Warga Papua Nugini Warisi DNA Langka, Bikin Kebal dari Penyakit
Trending di Health