Menu

Mode Gelap
Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan? Rasakan Pengalaman Teknologi Terbaru di Samsung Experience Lounge Pondok Indah Golf! Bongkar Rahasia Samsung Galaxy A55, Wajib Tahu Sebelum Beli! Kamera Canggih, Samsung Galaxy A35 5G Bikin Food Photography Makin Kece!

Health · 16 Mei 2024 16:21 WIB · Waktu Baca

Merokok Picu Hipertensi dan Kehabisan Oksigen!

5 Efek Merokok pada Kesehatan Jantung, Sebabkan Hipertensi dan Turunkan Oksigen dalam Darah Perbesar

Merokok Picu Hipertensi dan Kehabisan Oksigen!

Ligaponsel.com – Merokok adalah kebiasaan yang berbahaya bagi kesehatan, terutama kesehatan jantung. Asap rokok mengandung lebih dari 7.000 bahan kimia, termasuk tar, nikotin, dan karbon monoksida. Bahan-bahan kimia ini dapat merusak jantung dan pembuluh darah, yang menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Berikut adalah 5 efek merokok pada kesehatan jantung:

  1. Meningkatkan tekanan darah. Nikotin dalam asap rokok menyebabkan pembuluh darah menyempit, yang meningkatkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi adalah faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke.
  2. Menurunkan kadar oksigen dalam darah. Karbon monoksida dalam asap rokok mengikat hemoglobin dalam darah, yang mengurangi jumlah oksigen yang dapat dibawa oleh darah. Hal ini dapat menyebabkan angina (nyeri dada), sesak napas, dan serangan jantung.
  3. Merusak lapisan pembuluh darah. Bahan kimia dalam asap rokok merusak lapisan pembuluh darah, yang menyebabkan peradangan dan penumpukan plak. Plak dapat menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan serangan jantung atau stroke.
  4. Meningkatkan pembekuan darah. Merokok meningkatkan risiko pembekuan darah, yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.
  5. Menurunkan kadar kolesterol baik (HDL). HDL adalah jenis kolesterol “baik” yang membantu melindungi jantung. Merokok menurunkan kadar HDL, yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

Merokok adalah salah satu faktor risiko utama penyakit jantung. Jika Anda merokok, berhentilah sekarang untuk melindungi kesehatan jantung Anda.

Sumber:

  • American Heart Association. (2021). Smoking and Heart Disease. https://www.heart.org/en/health-topics/heart-attack/understand-your-risks/smoking-and-heart-disease
  • Centers for Disease Control and Prevention. (2020). Health Effects of Smoking. https://www.cdc.gov/tobacco/health-effects/index.htm
  • National Cancer Institute. (2019). Health Risks of Smoking. https://www.cancer.gov/about-cancer/causes-prevention/risk-factors/tobacco-use/health-risks-of-smoking

5 Efek Merokok pada Kesehatan Jantung, Sebabkan Hipertensi dan Turunkan Oksigen dalam Darah

Merokok membunuh. Merokok merusak jantung. Merokok memicu tekanan darah tinggi. Merokok menyebabkan kekurangan oksigen. Merokok adalah penyebab utama kematian yang dapat dicegah.

Berhenti merokok adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan jantung Anda. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk berhenti merokok, bicarakan dengan dokter Anda atau hubungi 1-800-QUIT-NOW.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Rahasia Otak Saat Tidur Terkuak, Simak Penjelasan Ahli!

17 Mei 2024 - 17:17 WIB

Ahli Kesehatan: Ini yang Terjadi Pada Otak Saat Tubuh Terlelap Tidur

Rahasia Mengempeskan Perut Buncit Ala dr. Zaidul Akbar

17 Mei 2024 - 17:11 WIB

Rahasia Diet Sehat, Mengungkap Resep dr. Zaidul Akbar untuk Mengatasi Perut Buncit

6 Kebiasaan Buruk Penyebab Perut Buncit, Yuk Hindari!

17 Mei 2024 - 17:05 WIB

6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Perut Makin Buncit, Yuk Cepat Hindari

Rahasia Mengempiskan Perut Buncit Kilat Tanpa Olahraga

17 Mei 2024 - 17:03 WIB

Ajaib, Tak Perlu Olahraga Berat Makanan Ini Bikin Lemak Perut Buncit Cepat Hilang dalam 7 Hari, dr Zaidul Akbar Bilang Caranya

Cara Ampuh Kempeskan Perut Buncit Ala dr. Zaidul Akbar yang Wajib Kamu Coba!

17 Mei 2024 - 16:58 WIB

Boleh Dicoba Perempuan dan Laki-lagi, Begini Cara Ampuh Mengatasi Perut Buncit ala dr Zaidul Akbar

Rahasia Kebal Penyakit Warga Papua Terkuak! DNA Langka Jadi Perisai

17 Mei 2024 - 16:53 WIB

Ilmuwan Temukan Warga Papua Nugini Warisi DNA Langka, Bikin Kebal dari Penyakit
Trending di Health