Menu

Mode Gelap
Samsung A35 5G Resmi Meluncur, Simak Harga dan Spesifikasi Gaharnya! Panduan Lengkap Setting Kamera Samsung S24 Ultra buat Rekam Konser Bruno Mars di Thailand Bocoran Samsung Galaxy Z Fold 6: Tipis, Kamera 200 MP, Bakal Hajar Pesaing! Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan?

Health · 16 Mei 2024 15:40 WIB · Waktu Baca

Rumus Kalori Ajaib: Atasi Obesitas Tanpa Rasa Lapar!

Atasi Obesitas dengan Rumus Kalori Ini Perbesar

Rumus Kalori Ajaib: Atasi Obesitas Tanpa Rasa Lapar!


Ligaponsel.com – “Atasi Obesitas dengan Rumus Kalori Ini” merupakan tips diet yang tengah naik daun. Konsepnya sederhana, yakni mengatur asupan kalori harian untuk menurunkan berat badan. Namun, bagaimana cara menghitung rumus kalori yang tepat? Simak penjelasannya berikut ini!

Untuk mengatasi obesitas, rumus kalori yang digunakan sedikit berbeda dengan rumus kalori untuk menurunkan berat badan biasa. Pasalnya, orang dengan obesitas memiliki kebutuhan kalori yang lebih tinggi. Oleh karena itu, rumus kalori yang digunakan harus mempertimbangkan faktor tersebut.


Rumus Kalori untuk Mengatasi Obesitas

Rumus kalori untuk mengatasi obesitas adalah sebagai berikut:

  • Untuk wanita: (10 x berat badan dalam kg) + 665
  • Untuk pria: (10 x berat badan dalam kg) + 885

Contoh:

Seorang wanita dengan berat badan 90 kg memiliki kebutuhan kalori harian sebagai berikut:

(10 x 90) + 665 = 1565 kalori

Artinya, wanita tersebut perlu mengonsumsi makanan dengan total kalori sebanyak 1565 kalori per hari untuk mengatasi obesitasnya.


Catatan:

  • Rumus kalori ini hanya sebagai acuan awal. Kebutuhan kalori setiap orang dapat bervariasi tergantung faktor seperti usia, tinggi badan, tingkat aktivitas, dan kondisi kesehatan.
  • Selain mengatur asupan kalori, penting juga untuk memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Prioritaskan makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.
  • Olahraga teratur juga berperan penting dalam mengatasi obesitas. Lakukan olahraga minimal 30 menit per hari.

Dengan mengikuti rumus kalori ini dan menerapkan pola hidup sehat, Anda bisa mengatasi obesitas secara efektif dan berkelanjutan.

Atasi Obesitas dengan Rumus Kalori Ini

Asupan kalori yang tepat, kunci sukses mengatasi obesitas. Berikut enam aspek penting yang perlu diperhatikan:

  • Hitung kebutuhan kalori
  • Hindari makanan tinggi kalori
  • Perbanyak konsumsi serat
  • Olahraga teratur
  • Tidur cukup
  • Kelola stres

Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, Anda dapat mengatasi obesitas secara efektif dan berkelanjutan. Ingat, menurunkan berat badan bukan sekadar mengurangi asupan kalori, tetapi juga menjalani gaya hidup sehat secara keseluruhan.

Hitung kebutuhan kalori

Langkah pertama mengatasi obesitas adalah menghitung kebutuhan kalori harian. Ini penting banget buat tahu berapa banyak kalori yang boleh dikonsumsi setiap hari. Caranya gampang, tinggal pakai rumus ini:

  • Untuk wanita: (10 x berat badan dalam kg) + 665
  • Untuk pria: (10 x berat badan dalam kg) + 885

Contoh: Seorang wanita dengan berat badan 70 kg, kebutuhan kalori hariannya adalah:

(10 x 70) + 665 = 1365 kalori

Jadi, wanita tersebut boleh konsumsi makanan dengan total kalori 1365 kalori per hari.

Hindari makanan tinggi kalori

Selain mengatur asupan kalori, penting juga buat pilih makanan yang tepat. Hindari makanan tinggi kalori, seperti gorengan, makanan manis, dan minuman bersoda. Fokus konsumsi buah, sayur, dan makanan tinggi serat lainnya.

Makanan tinggi serat bikin kenyang lebih lama, jadi nggak gampang lapar dan ngemil sembarangan. Alhasil, kalori yang masuk ke tubuh bisa lebih terkontrol.

Perbanyak konsumsi serat

Buat ngatasin obesitas, serat itu penting banget. Soalnya, serat bikin kenyang lebih lama. Jadi, nggak gampang lapar dan ngemil sembarangan. Alhasil, kalori yang masuk ke tubuh bisa lebih terkontrol.

Makanan yang banyak seratnya itu kayak buah, sayur, dan biji-bijian. Jadi, perbanyak konsumsi makanan-makanan ini ya. Selain bikin kenyang, serat juga bagus buat kesehatan pencernaan.

Olahraga teratur

Selain mengatur pola makan, olahraga teratur juga nggak boleh ketinggalan. Soalnya, olahraga bisa bantu bakar kalori dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Nggak perlu olahraga berat-berat, yang penting rutin dan konsisten. Cukup olahraga 30 menit setiap hari, bisa jalan kaki, lari, renang, atau bersepeda.

Tidur cukup

Tidur yang cukup itu penting banget buat ngatasin obesitas. Soalnya, kurang tidur bisa bikin hormon lapar meningkat, jadinya gampang laper dan makan banyak.

Jadi, usahain tidur 7-8 jam setiap malam. Selain bikin berat badan terkontrol, tidur cukup juga bagus buat kesehatan secara keseluruhan.

Kelola stres

Stres itu bisa bikin orang makan banyak. Soalnya, hormon stres bisa bikin kita pengen makan makanan yang manis-manis dan berlemak.

Jadi, penting banget buat kelola stres dengan baik. Bisa dengan olahraga, yoga, meditasi, atau ngobrol sama temen. Dengan begitu, hormon stres bisa terkontrol dan nggak bikin kita makan berlebihan.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Rahasia Otak Saat Tidur Terkuak, Simak Penjelasan Ahli!

17 Mei 2024 - 17:17 WIB

Ahli Kesehatan: Ini yang Terjadi Pada Otak Saat Tubuh Terlelap Tidur

Rahasia Mengempeskan Perut Buncit Ala dr. Zaidul Akbar

17 Mei 2024 - 17:11 WIB

Rahasia Diet Sehat, Mengungkap Resep dr. Zaidul Akbar untuk Mengatasi Perut Buncit

6 Kebiasaan Buruk Penyebab Perut Buncit, Yuk Hindari!

17 Mei 2024 - 17:05 WIB

6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Perut Makin Buncit, Yuk Cepat Hindari

Rahasia Mengempiskan Perut Buncit Kilat Tanpa Olahraga

17 Mei 2024 - 17:03 WIB

Ajaib, Tak Perlu Olahraga Berat Makanan Ini Bikin Lemak Perut Buncit Cepat Hilang dalam 7 Hari, dr Zaidul Akbar Bilang Caranya

Cara Ampuh Kempeskan Perut Buncit Ala dr. Zaidul Akbar yang Wajib Kamu Coba!

17 Mei 2024 - 16:58 WIB

Boleh Dicoba Perempuan dan Laki-lagi, Begini Cara Ampuh Mengatasi Perut Buncit ala dr Zaidul Akbar

Rahasia Kebal Penyakit Warga Papua Terkuak! DNA Langka Jadi Perisai

17 Mei 2024 - 16:53 WIB

Ilmuwan Temukan Warga Papua Nugini Warisi DNA Langka, Bikin Kebal dari Penyakit
Trending di Health