Vitamin B12 Tak Cuma di Daging, Ini Sumber Nabatinya!

waktu baca 5 menit
Kamis, 16 Mei 2024 17:07 0 7 Andre

Vitamin B12 Tak Cuma di Daging, Ini Sumber Nabatinya!

Vitamin B12 Tak Cuma di Daging, Ini Sumber Nabatinya!

Ligaponsel.com – Nggak Hanya pada Sumber Makanan Hewani, Vitamin B12 juga Bisa Ditemui pada Produk Nabati Berikut ini

Vitamin B12 merupakan nutrisi penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh sendiri. Umumnya, vitamin B12 banyak ditemukan pada sumber makanan hewani seperti daging, ikan, telur, dan susu. Namun, tahukah kamu bahwa ada juga beberapa jenis makanan nabati yang mengandung vitamin B12?

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan nabati yang mengandung vitamin B12:

  1. Nori
  2. Tempeh
  3. Kimchi
  4. Natto
  5. Produk susu yang difortifikasi

Makanan-makanan nabati tersebut mengandung vitamin B12 dalam jumlah yang bervariasi. Nori, misalnya, mengandung sekitar 4 mcg vitamin B12 per lembar. Sementara itu, tempeh dan kimchi mengandung sekitar 2-3 mcg vitamin B12 per 100 gram. Sedangkan natto mengandung sekitar 1 mcg vitamin B12 per 100 gram.

Meskipun jumlah vitamin B12 yang terkandung dalam makanan nabati lebih sedikit dibandingkan dengan makanan hewani, namun makanan-makanan tersebut tetap dapat menjadi sumber vitamin B12 yang baik bagi orang yang menjalani pola makan vegetarian atau vegan.

Selain dari makanan nabati di atas, kamu juga bisa mendapatkan vitamin B12 dari suplemen atau makanan yang difortifikasi. Suplemen vitamin B12 tersedia dalam berbagai bentuk, seperti tablet, kapsul, dan suntikan. Sementara itu, makanan yang difortifikasi dengan vitamin B12 biasanya berupa susu, sereal, dan ragi.

Asupan vitamin B12 yang cukup sangat penting untuk kesehatan tubuh. Vitamin B12 berperan dalam pembentukan sel darah merah, menjaga kesehatan sistem saraf, dan membantu metabolisme energi. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia, kelelahan, dan masalah neurologis.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa kamu mendapatkan cukup vitamin B12 dari makanan atau suplemen. Jika kamu menjalani pola makan vegetarian atau vegan, kamu perlu lebih memperhatikan asupan vitamin B12 kamu dan mempertimbangkan untuk mengonsumsi makanan nabati yang mengandung vitamin B12 atau mengonsumsi suplemen vitamin B12.

Nggak Hanya pada Sumber Makanan Hewani, Vitamin B12 juga Bisa Ditemui pada Produk Nabati Berikut ini

Vitamin B12 penting untuk kesehatan tubuh, tapi tahukah kamu kalau vitamin ini nggak cuma ada di makanan hewani? Yuk, cari tahu produk nabati apa aja yang mengandung vitamin B12!

Berikut 6 sumber vitamin B12 nabati yang perlu kamu tahu:

  1. Nori
  2. Tempeh
  3. Kimchi
  4. Natto
  5. Produk susu yang difortifikasi
  6. Ragi nutrisi

Meskipun jumlah vitamin B12 dalam makanan nabati lebih sedikit daripada makanan hewani, tapi makanan-makanan ini tetap bisa jadi sumber vitamin B12 yang baik untuk vegetarian dan vegan. Jadi, pastikan kamu mendapatkan cukup vitamin B12 dari makanan atau suplemen, ya!

Nori

Siapa yang suka makan sushi? Pasti sudah nggak asing lagi dengan nori, kan? Nori itu rumput laut yang biasanya digunakan untuk membungkus sushi. Ternyata, nori ini mengandung vitamin B12 yang cukup tinggi, lho! Dalam selembar nori, terkandung sekitar 4 mcg vitamin B12. Jumlah ini cukup signifikan untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin B12 kita.

Selain enak dimakan langsung, nori juga bisa diolah menjadi berbagai makanan lezat, seperti sup, salad, dan tumisan. Jadi, buat para vegetarian dan vegan, jangan lupa untuk menambahkan nori ke dalam menu makanan kalian, ya!

Tempeh

Buat yang suka makanan Indonesia, pasti udah nggak asing lagi sama tempeh. Makanan berbahan dasar kedelai ini ternyata juga mengandung vitamin B12, lho! Dalam 100 gram tempeh, terkandung sekitar 2-3 mcg vitamin B12. Jumlah ini cukup lumayan untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12 harian kita.

Tempeh bisa diolah menjadi berbagai macam makanan lezat, seperti orek tempeh, tumis tempeh, dan gulai tempeh. Jadi, buat para vegetarian dan vegan, jangan lupa untuk memasukkan tempeh ke dalam menu makanan kalian, ya!

Kimchi

Makanan fermentasi asal Korea ini nggak cuma enak, tapi juga mengandung vitamin B12, lho! Dalam 100 gram kimchi, terkandung sekitar 2-3 mcg vitamin B12. Jumlah ini cukup lumayan untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12 harian kita.

Selain enak dimakan langsung, kimchi juga bisa diolah menjadi berbagai macam makanan lezat, seperti kimchi pancake, kimchi soup, dan kimchi fried rice. Jadi, buat para vegetarian dan vegan, jangan lupa untuk memasukkan kimchi ke dalam menu makanan kalian, ya!

Natto

Makanan fermentasi asal Jepang ini memang agak unik dan berlendir, tapi siapa sangka kalau natto mengandung vitamin B12 yang cukup tinggi? Dalam 100 gram natto, terkandung sekitar 1 mcg vitamin B12. Jumlah ini cukup lumayan untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12 harian kita.

Natto bisa dimakan langsung atau diolah menjadi berbagai macam makanan lezat, seperti natto sushi, natto soup, dan natto omelet. Jadi, buat para vegetarian dan vegan, jangan lupa untuk memasukkan natto ke dalam menu makanan kalian, ya!

Produk susu yang difortifikasi

Buat yang nggak suka makan makanan nabati, tenang aja! Kalian masih bisa mendapatkan vitamin B12 dari produk susu yang difortifikasi, lho!

Produk susu yang difortifikasi adalah produk susu yang sudah ditambahkan vitamin B12. Biasanya, produk susu yang difortifikasi adalah susu, yogurt, dan keju.

Jadi, buat para vegetarian dan vegan yang nggak bisa mengonsumsi produk hewani, kalian bisa minum susu yang difortifikasi untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12 harian kalian.

Ragi nutrisi

Buat para pecinta keju, ada kabar baik nih! Ragi nutrisi ternyata mengandung vitamin B12 yang cukup tinggi, lho! Ragi nutrisi adalah sejenis ragi yang sudah dikeringkan dan diinaktifkan, sehingga aman dikonsumsi.

Dalam 1 sendok makan ragi nutrisi, terkandung sekitar 2 mcg vitamin B12. Jumlah ini cukup lumayan untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12 harian kita.

Ragi nutrisi bisa ditaburkan pada berbagai macam makanan, seperti salad, pasta, dan popcorn. Jadi, buat para vegetarian dan vegan, jangan lupa untuk menambahkan ragi nutrisi ke dalam menu makanan kalian, ya!