Menu

Mode Gelap
Smartphone Canggih dengan Galaxy AI, Temukan Pilihan Terbaik! Kamera Samsung Galaxy A55 Mampu Ambil Foto Malam Hari yang Menakjubkan di SCBD! Samsung Galaxy A55 5G: Kejutan Spesifikasi dan Harga di Indonesia Samsung Galaxy S6 Lite 2024 Diam-diam Meluncur, Bawa Chipset Gahar! Samsung A35 5G Resmi Meluncur, Simak Harga dan Spesifikasi Gaharnya! Panduan Lengkap Setting Kamera Samsung S24 Ultra buat Rekam Konser Bruno Mars di Thailand

Health · 16 Mei 2024 15:09 WIB · Waktu Baca

Waspada! 4 Hewan Pembawa Rabies Mematikan di Sekitar Kita

4 Hewan Pembawa Virus Rabies Terbanyak di Dunia Perbesar

Waspada! 4 Hewan Pembawa Rabies Mematikan di Sekitar Kita


Ligaponsel.com – Virus rabies adalah penyakit mematikan yang menyerang sistem saraf pusat dan ditularkan melalui air liur hewan yang terinfeksi. Anjing menjadi hewan yang paling umum menularkan virus rabies pada manusia. Namun, ada beberapa hewan lain yang juga dapat menjadi pembawa virus rabies dan membahayakan manusia.

Berikut ini adalah 4 hewan pembawa virus rabies terbanyak di dunia:

  1. Anjing: Anjing adalah hewan yang paling umum menularkan virus rabies pada manusia. Diperkirakan sekitar 99% kasus rabies pada manusia disebabkan oleh gigitan anjing yang terinfeksi.
  2. Kucing: Kucing juga dapat membawa virus rabies, meskipun lebih jarang dibandingkan anjing. Namun, gigitan kucing yang terinfeksi rabies tetap dapat menularkan penyakit mematikan ini.
  3. Kelelawar: Kelelawar adalah hewan yang paling umum menjadi reservoir virus rabies. Kelelawar yang terinfeksi rabies dapat menularkan virus melalui gigitan atau kontak dengan air liur mereka.
  4. Sigung: Sigung juga dapat menjadi pembawa virus rabies. Gigitan atau cakaran sigung yang terinfeksi rabies dapat menularkan penyakit ini pada manusia.

Jika Anda digigit atau dicakar oleh hewan yang diduga terinfeksi rabies, segera cuci luka dengan sabun dan air, lalu cari pertolongan medis. Rabies dapat dicegah dengan vaksin rabies, jadi pastikan Anda dan hewan peliharaan Anda sudah mendapatkan vaksinasi.

4 Hewan Pembawa Virus Rabies Terbanyak di Dunia

Kenali hewan pembawa virus rabies, lindungi diri dari bahaya!

Virus rabies dapat ditularkan melalui gigitan atau cakaran hewan yang terinfeksi. Berikut adalah 4 hewan pembawa virus rabies terbanyak di dunia:

  • Anjing
  • Kucing
  • Kelelawar
  • Sigung

Jika Anda digigit atau dicakar oleh hewan yang diduga terinfeksi rabies, segera cuci luka dengan sabun dan air, lalu cari pertolongan medis. Rabies dapat dicegah dengan vaksin rabies, jadi pastikan Anda dan hewan peliharaan Anda sudah mendapatkan vaksinasi.

Anjing

Siapa yang tidak kenal anjing? Hewan lucu yang sering dijadikan peliharaan ini ternyata menjadi hewan pembawa virus rabies terbanyak di dunia, lho! Virus rabies pada anjing dapat ditularkan melalui gigitan atau cakaran. Gejala rabies pada anjing biasanya dimulai dengan perubahan perilaku, seperti menjadi lebih agresif atau pendiam dari biasanya. Anjing yang terinfeksi rabies juga akan mengalami kesulitan menelan, mengeluarkan air liur berlebihan, dan takut air.

Jika Anda digigit atau dicakar oleh anjing, segera cuci luka dengan sabun dan air, lalu cari pertolongan medis. Rabies dapat dicegah dengan vaksin rabies, jadi pastikan Anda dan anjing peliharaan Anda sudah mendapatkan vaksinasi.

Kucing

Siapa sangka kucing yang lucu dan menggemaskan juga dapat menjadi pembawa virus rabies? Meskipun lebih jarang dibandingkan anjing, kucing yang terinfeksi rabies tetap dapat menularkan penyakit mematikan ini melalui gigitan atau cakaran.

Gejala rabies pada kucing mirip dengan gejala rabies pada anjing, seperti perubahan perilaku, kesulitan menelan, mengeluarkan air liur berlebihan, dan takut air. Jika Anda digigit atau dicakar oleh kucing, segera cuci luka dengan sabun dan air, lalu cari pertolongan medis.

Kelelawar

Kelelawar, sang mamalia bersayap yang aktif di malam hari, ternyata juga termasuk hewan pembawa virus rabies, lho! Kelelawar yang terinfeksi rabies dapat menularkan virus melalui gigitan atau kontak dengan air liurnya.

Gejala rabies pada kelelawar mirip dengan gejala rabies pada hewan lainnya, seperti perubahan perilaku, kesulitan menelan, mengeluarkan air liur berlebihan, dan takut air. Namun, kelelawar yang terinfeksi rabies juga dapat menunjukkan gejala yang tidak biasa, seperti kelumpuhan pada sayap atau kesulitan terbang.

Sigung

Sigung, hewan kecil berbulu hitam putih dengan bau yang khas, juga dapat menjadi pembawa virus rabies. Gigitan atau cakaran sigung yang terinfeksi rabies dapat menularkan penyakit mematikan ini pada manusia.

Gejala rabies pada sigung mirip dengan gejala rabies pada hewan lainnya, seperti perubahan perilaku, kesulitan menelan, mengeluarkan air liur berlebihan, dan takut air. Namun, sigung yang terinfeksi rabies juga dapat menunjukkan gejala yang tidak biasa, seperti berputar-putar atau berjalan tanpa tujuan.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Rahasia Otak Saat Tidur Terkuak, Simak Penjelasan Ahli!

17 Mei 2024 - 17:17 WIB

Ahli Kesehatan: Ini yang Terjadi Pada Otak Saat Tubuh Terlelap Tidur

Rahasia Mengempeskan Perut Buncit Ala dr. Zaidul Akbar

17 Mei 2024 - 17:11 WIB

Rahasia Diet Sehat, Mengungkap Resep dr. Zaidul Akbar untuk Mengatasi Perut Buncit

6 Kebiasaan Buruk Penyebab Perut Buncit, Yuk Hindari!

17 Mei 2024 - 17:05 WIB

6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Perut Makin Buncit, Yuk Cepat Hindari

Rahasia Mengempiskan Perut Buncit Kilat Tanpa Olahraga

17 Mei 2024 - 17:03 WIB

Ajaib, Tak Perlu Olahraga Berat Makanan Ini Bikin Lemak Perut Buncit Cepat Hilang dalam 7 Hari, dr Zaidul Akbar Bilang Caranya

Cara Ampuh Kempeskan Perut Buncit Ala dr. Zaidul Akbar yang Wajib Kamu Coba!

17 Mei 2024 - 16:58 WIB

Boleh Dicoba Perempuan dan Laki-lagi, Begini Cara Ampuh Mengatasi Perut Buncit ala dr Zaidul Akbar

Rahasia Kebal Penyakit Warga Papua Terkuak! DNA Langka Jadi Perisai

17 Mei 2024 - 16:53 WIB

Ilmuwan Temukan Warga Papua Nugini Warisi DNA Langka, Bikin Kebal dari Penyakit
Trending di Health