Serangan Jantung Saat Olahraga: Bantuan Tepuk Punggung dan Tusuk Jari

waktu baca 1 menit
Jumat, 17 Mei 2024 12:18 0 7 Silvy

Serangan Jantung Saat Olahraga: Bantuan Tepuk Punggung dan Tusuk Jari

Serangan Jantung Saat Olahraga: Bantuan Tepuk Punggung dan Tusuk Jari

Ligaponsel.com – Pertolongan pertama pada serangan jantung sangat penting untuk menyelamatkan nyawa penderita. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan tepuk punggung dan tusuk jari.

Tepuk punggung dilakukan dengan menepuk punggung penderita di antara kedua tulang belikat dengan kuat dan cepat. Hal ini bertujuan untuk mengeluarkan benda asing atau lendir yang menyumbat saluran pernapasan. Tusuk jari dilakukan dengan menusuk jari penderita dengan benda tajam, seperti jarum atau peniti. Hal ini bertujuan untuk merangsang titik akupuntur yang dapat membantu melancarkan aliran darah ke jantung.

Kedua cara ini bisa dilakukan bersamaan atau bergantian. Jika penderita tidak sadarkan diri, segera lakukan resusitasi jantung paru (RJP). RJP dilakukan dengan menekan dada penderita dan memberikan napas buatan. Lakukan RJP hingga bantuan medis datang.

Ada yang Kena Serangan Jantung Saat Berolahraga, Tepuk Punggung-Tusuk Jari Bisa Membantu?

Serangan jantung saat berolahraga bisa terjadi pada siapa saja. Kenali gejala serangan jantung, seperti nyeri dada, sesak napas, dan keringat dingin. Lakukan tepuk punggung dan tusuk jari untuk pertolongan pertama.

Segera hubungi bantuan medis jika mengalami gejala serangan jantung. Cegah serangan jantung dengan gaya hidup sehat, seperti olahraga teratur dan pola makan sehat.