Menu

Mode Gelap
Samsung A35 5G Resmi Meluncur, Simak Harga dan Spesifikasi Gaharnya! Panduan Lengkap Setting Kamera Samsung S24 Ultra buat Rekam Konser Bruno Mars di Thailand Bocoran Samsung Galaxy Z Fold 6: Tipis, Kamera 200 MP, Bakal Hajar Pesaing! Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan?

Health · 8 Mei 2024 09:54 WIB · Waktu Baca

Anak Tongue Tie, Dokter Ini Punya Solusinya!

Anak Mengidap Tongue Tie Dokter Ini Bisa Bantu Pengobatan Perbesar


Anak Tongue Tie, Dokter Ini Punya Solusinya!

Anak Mengidap Tongue Tie, Dokter Ini Bisa Bantu Pengobatannya!

Tongue tie adalah kondisi di mana frenulum lidah, yaitu selaput tipis yang menghubungkan lidah dengan dasar mulut, terlalu pendek atau terlalu tebal. Kondisi ini dapat membuat lidah sulit digerakkan, sehingga anak kesulitan menyusu, berbicara, atau menelan.

Jika anak Anda mengalami tongue tie, dokter spesialis THT dapat membantu mengatasinya. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk menilai tingkat keparahan tongue tie dan menentukan apakah perlu dilakukan tindakan operasi. Operasi tongue tie biasanya dilakukan dengan laser atau gunting, dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit.

Setelah operasi, anak Anda akan diminta untuk melakukan beberapa latihan lidah untuk membantu memperkuat otot-otot lidah dan meningkatkan mobilitasnya. Latihan ini biasanya dilakukan selama beberapa minggu atau bulan.

Jika Anda menduga anak Anda mengalami tongue tie, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis THT. Penanganan yang tepat dapat membantu mengatasi masalah tongue tie dan meningkatkan kualitas hidup anak Anda.

Anak Mengidap Tongue Tie Dokter Ini Bisa Bantu Pengobatan

Lidah terikat, dokter bisa bantu.

Tongue tie, atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan frenulum lidah yang pendek, adalah kondisi di mana selaput tipis yang menghubungkan lidah dengan dasar mulut terlalu pendek atau terlalu tebal. Kondisi ini dapat membuat lidah sulit digerakkan, sehingga anak kesulitan menyusu, berbicara, atau menelan.

Jika anak Anda mengalami tongue tie, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui:

  • Dokter spesialis THT dapat membantu mengatasi tongue tie.
  • Penanganan tongue tie biasanya dilakukan dengan operasi.
  • Operasi tongue tie hanya membutuhkan waktu beberapa menit.
  • Setelah operasi, anak Anda akan diminta untuk melakukan latihan lidah.
  • Penanganan yang tepat dapat membantu mengatasi masalah tongue tie dan meningkatkan kualitas hidup anak Anda.

Jika Anda menduga anak Anda mengalami tongue tie, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis THT. Penanganan yang tepat dapat membantu mengatasi masalah tongue tie dan meningkatkan kualitas hidup anak Anda.

Dokter spesialis THT dapat membantu mengatasi tongue tie.

Tongue tie adalah kondisi di mana selaput tipis yang menghubungkan lidah dengan dasar mulut terlalu pendek atau terlalu tebal. Kondisi ini dapat membuat lidah sulit digerakkan, sehingga anak kesulitan menyusu, berbicara, atau menelan.

Jika anak Anda mengalami tongue tie, jangan khawatir! Dokter spesialis THT dapat membantu mengatasi masalah ini.

Penanganan tongue tie biasanya dilakukan dengan operasi.

Operasi tongue tie adalah prosedur yang relatif sederhana dan cepat. Dokter akan menggunakan laser atau gunting untuk memotong frenulum lidah yang terlalu pendek atau terlalu tebal. Operasi ini biasanya hanya membutuhkan waktu beberapa menit dan dilakukan dengan anestesi lokal, sehingga anak Anda tidak akan merasakan sakit.

Setelah operasi, anak Anda mungkin akan merasakan sedikit nyeri atau ketidaknyamanan pada lidahnya. Dokter akan memberikan obat untuk meredakan nyeri dan menyarankan Anda untuk memberikan makanan lunak kepada anak Anda selama beberapa hari.

Operasi tongue tie hanya butuh waktu beberapa menit.

Tongue tie adalah kondisi di mana selaput tipis yang menghubungkan lidah dengan dasar mulut terlalu pendek atau terlalu tebal. Kondisi ini dapat membuat lidah sulit digerakkan, sehingga anak kesulitan menyusu, berbicara, atau menelan.

Jika anak Anda mengalami tongue tie, jangan khawatir! Dokter spesialis THT dapat membantu mengatasi masalah ini. Penanganan tongue tie biasanya dilakukan dengan operasi yang hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Operasi ini dilakukan dengan anestesi lokal, sehingga anak Anda tidak akan merasakan sakit.

Setelah operasi, anak Anda akan diminta untuk melakukan latihan lidah.

Latihan lidah ini bertujuan untuk memperkuat otot-otot lidah dan meningkatkan mobilitasnya. Latihan ini biasanya dilakukan selama beberapa minggu atau bulan, dan dapat dilakukan di rumah dengan bantuan orang tua.

Ada beberapa jenis latihan lidah yang dapat dilakukan, antara lain:

  • Menjulurkan lidah sejauh mungkin.
  • Menggerakkan lidah ke atas dan ke bawah, ke kiri dan ke kanan.
  • Menjilat bibir atas dan bawah.
  • Menggigit lidah dengan lembut.
  • Meniup gelembung.

Latihan lidah ini mungkin terasa aneh atau sulit bagi anak Anda pada awalnya, tetapi dengan latihan yang teratur, otot-otot lidahnya akan semakin kuat dan mobilitasnya akan meningkat.

Penanganan yang tepat dapat membantu mengatasi masalah tongue tie dan meningkatkan kualitas hidup anak Anda.

Tongue tie, atau frenulum lidah yang pendek, adalah kondisi yang dapat menyebabkan kesulitan menyusu, berbicara, atau menelan. Jika anak Anda mengalami tongue tie, penting untuk mencari penanganan yang tepat agar masalah ini dapat diatasi dan kualitas hidup anak Anda dapat meningkat.

Dokter spesialis THT dapat membantu mengatasi tongue tie dengan melakukan operasi sederhana yang hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Setelah operasi, anak Anda mungkin akan diminta untuk melakukan latihan lidah untuk memperkuat otot-otot lidah dan meningkatkan mobilitasnya. Latihan ini biasanya dilakukan selama beberapa minggu atau bulan, dan dapat dilakukan di rumah dengan bantuan orang tua.

Dengan penanganan yang tepat, masalah tongue tie dapat diatasi dan anak Anda dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis THT jika Anda menduga anak Anda mengalami tongue tie.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Rahasia Otak Saat Tidur Terkuak, Simak Penjelasan Ahli!

17 Mei 2024 - 17:17 WIB

Ahli Kesehatan: Ini yang Terjadi Pada Otak Saat Tubuh Terlelap Tidur

Rahasia Mengempeskan Perut Buncit Ala dr. Zaidul Akbar

17 Mei 2024 - 17:11 WIB

Rahasia Diet Sehat, Mengungkap Resep dr. Zaidul Akbar untuk Mengatasi Perut Buncit

6 Kebiasaan Buruk Penyebab Perut Buncit, Yuk Hindari!

17 Mei 2024 - 17:05 WIB

6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Perut Makin Buncit, Yuk Cepat Hindari

Rahasia Mengempiskan Perut Buncit Kilat Tanpa Olahraga

17 Mei 2024 - 17:03 WIB

Ajaib, Tak Perlu Olahraga Berat Makanan Ini Bikin Lemak Perut Buncit Cepat Hilang dalam 7 Hari, dr Zaidul Akbar Bilang Caranya

Cara Ampuh Kempeskan Perut Buncit Ala dr. Zaidul Akbar yang Wajib Kamu Coba!

17 Mei 2024 - 16:58 WIB

Boleh Dicoba Perempuan dan Laki-lagi, Begini Cara Ampuh Mengatasi Perut Buncit ala dr Zaidul Akbar

Rahasia Kebal Penyakit Warga Papua Terkuak! DNA Langka Jadi Perisai

17 Mei 2024 - 16:53 WIB

Ilmuwan Temukan Warga Papua Nugini Warisi DNA Langka, Bikin Kebal dari Penyakit
Trending di Health