Menu

Mode Gelap
Samsung A35 5G Resmi Meluncur, Simak Harga dan Spesifikasi Gaharnya! Panduan Lengkap Setting Kamera Samsung S24 Ultra buat Rekam Konser Bruno Mars di Thailand Bocoran Samsung Galaxy Z Fold 6: Tipis, Kamera 200 MP, Bakal Hajar Pesaing! Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan?

Health · 7 Mei 2024 23:19 WIB · Waktu Baca

Atasi Sakit Gigi Anak Tanpa Khawatir, 6 Obat Aman dan Ampuh Menanti!

6 Obat Sakit Gigi Anak Yang Aman Untuk Digunakan Perbesar


Atasi Sakit Gigi Anak Tanpa Khawatir, 6 Obat Aman dan Ampuh Menanti!

Sakit gigi pada anak memang menjadi momok yang menakutkan. Si kecil jadi rewel dan tidak bisa beraktivitas normal. Nah, untuk mengatasinya, ada beberapa obat sakit gigi anak yang aman untuk digunakan. Berikut adalah 6 di antaranya:

1. ParacetamolParacetamol adalah obat pereda nyeri yang dapat digunakan untuk mengatasi sakit gigi pada anak. Obat ini bekerja dengan cara menghambat produksi prostaglandin, yaitu zat kimia yang menyebabkan rasa sakit dan peradangan. Paracetamol tersedia dalam bentuk tablet, sirup, dan suppositoria.2. IbuprofenIbuprofen juga merupakan obat pereda nyeri yang dapat digunakan untuk mengatasi sakit gigi pada anak. Obat ini bekerja dengan cara menghambat produksi prostaglandin. Ibuprofen tersedia dalam bentuk tablet, sirup, dan gel.3. AspirinAspirin adalah obat pereda nyeri yang dapat digunakan untuk mengatasi sakit gigi pada anak. Obat ini bekerja dengan cara menghambat produksi prostaglandin. Aspirin tersedia dalam bentuk tablet, kunyah, dan effervescent.4. BenzocaineBenzocaine adalah obat anestesi lokal yang dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit pada gusi. Obat ini tersedia dalam bentuk gel dan spray.5. LidokainLidokain adalah obat anestesi lokal yang dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit pada gusi. Obat ini tersedia dalam bentuk gel dan suntikan.6. OrajelOrajel adalah obat sakit gigi yang mengandung benzocaine dan lidokain. Obat ini tersedia dalam bentuk gel dan pasta.Sebelum memberikan obat sakit gigi pada anak, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau dokter gigi. Hal ini untuk memastikan bahwa obat tersebut aman dan sesuai untuk kondisi anak Anda.

Selain obat-obatan di atas, ada beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi sakit gigi pada anak, seperti:

  • Kompres dingin
  • Kumur air garam
  • Minum teh chamomile
  • Makan makanan yang lunak
  • Hindari makanan yang manis dan asam

Jika sakit gigi pada anak tidak kunjung membaik setelah beberapa hari, segera konsultasikan ke dokter atau dokter gigi. Hal ini untuk mencegah terjadinya komplikasi lebih lanjut.

6 Obat Sakit Gigi Anak Yang Aman Untuk Digunakan

Sakit gigi pada anak memang menyebalkan. Si kecil jadi rewel dan susah makan. Jangan khawatir, ada beberapa obat sakit gigi anak yang aman untuk digunakan, yaitu:

  • Paracetamol: Pereda nyeri
  • Ibuprofen: Anti-inflamasi
  • Benzocaine: Anestesi lokal
  • Orajel: Kombinasi anestesi

Selain obat-obatan tersebut, ada juga cara alami untuk meredakan sakit gigi anak, seperti kompres dingin, kumur air garam, dan minum teh chamomile.

Jika sakit gigi anak tidak kunjung membaik, segera konsultasikan ke dokter gigi. Hal ini untuk mencegah terjadinya komplikasi lebih lanjut.

Paracetamol

Paracetamol adalah obat yang biasa digunakan untuk meredakan nyeri, termasuk sakit gigi pada anak. Obat ini bekerja dengan cara menghambat produksi prostaglandin, yaitu zat kimia yang menyebabkan rasa sakit dan peradangan. Paracetamol tersedia dalam bentuk tablet, sirup, dan suppositoria.

Paracetamol aman digunakan untuk anak-anak, asalkan sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Dosis paracetamol untuk anak-anak adalah 10-15 mg/kg berat badan, setiap 4-6 jam. Jangan memberikan paracetamol lebih dari 5 kali dalam sehari.

Jika anak Anda mengalami sakit gigi, Anda dapat memberikan paracetamol untuk meredakan nyerinya. Namun, jika sakit gigi tidak kunjung membaik setelah beberapa hari, segera konsultasikan ke dokter gigi.

Ibuprofen

Selain paracetamol, ibuprofen juga merupakan obat yang dapat digunakan untuk meredakan sakit gigi pada anak. Ibuprofen bekerja dengan cara menghambat produksi prostaglandin, yaitu zat kimia yang menyebabkan rasa sakit dan peradangan.

Ibuprofen tersedia dalam bentuk tablet, sirup, dan gel. Ibuprofen aman digunakan untuk anak-anak, asalkan sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Dosis ibuprofen untuk anak-anak adalah 5-10 mg/kg berat badan, setiap 6-8 jam. Jangan memberikan ibuprofen lebih dari 3 kali dalam sehari.

Jika anak Anda mengalami sakit gigi, Anda dapat memberikan ibuprofen untuk meredakan nyerinya. Namun, jika sakit gigi tidak kunjung membaik setelah beberapa hari, segera konsultasikan ke dokter gigi.

Benzocaine: Anestesi lokal

Benzocaine adalah obat yang digunakan untuk menghilangkan rasa sakit pada gusi. Obat ini bekerja dengan cara memblokir sinyal rasa sakit dari saraf ke otak. Benzocaine tersedia dalam bentuk gel dan spray.

Benzocaine aman digunakan untuk anak-anak, asalkan sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Dosis benzocaine untuk anak-anak adalah 10-20 mg, setiap 2-3 jam. Jangan memberikan benzocaine lebih dari 5 kali dalam sehari.

Jika anak Anda mengalami sakit gigi, Anda dapat memberikan benzocaine untuk meredakan nyerinya. Namun, jika sakit gigi tidak kunjung membaik setelah beberapa hari, segera konsultasikan ke dokter gigi.

Orajel

Orajel adalah obat sakit gigi yang mengandung dua bahan anestesi, yaitu benzocaine dan lidokain. Obat ini bekerja dengan cara memblokir sinyal rasa sakit dari saraf ke otak, sehingga dapat meredakan nyeri pada gusi.

Orajel tersedia dalam bentuk gel dan pasta. Obat ini aman digunakan untuk anak-anak, asalkan sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Dosis Orajel untuk anak-anak adalah 10-20 mg, setiap 2-3 jam. Jangan memberikan Orajel lebih dari 5 kali dalam sehari.

Jika anak Anda mengalami sakit gigi, Anda dapat memberikan Orajel untuk meredakan nyerinya. Namun, jika sakit gigi tidak kunjung membaik setelah beberapa hari, segera konsultasikan ke dokter gigi.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Rahasia Otak Saat Tidur Terkuak, Simak Penjelasan Ahli!

17 Mei 2024 - 17:17 WIB

Ahli Kesehatan: Ini yang Terjadi Pada Otak Saat Tubuh Terlelap Tidur

Rahasia Mengempeskan Perut Buncit Ala dr. Zaidul Akbar

17 Mei 2024 - 17:11 WIB

Rahasia Diet Sehat, Mengungkap Resep dr. Zaidul Akbar untuk Mengatasi Perut Buncit

6 Kebiasaan Buruk Penyebab Perut Buncit, Yuk Hindari!

17 Mei 2024 - 17:05 WIB

6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Perut Makin Buncit, Yuk Cepat Hindari

Rahasia Mengempiskan Perut Buncit Kilat Tanpa Olahraga

17 Mei 2024 - 17:03 WIB

Ajaib, Tak Perlu Olahraga Berat Makanan Ini Bikin Lemak Perut Buncit Cepat Hilang dalam 7 Hari, dr Zaidul Akbar Bilang Caranya

Cara Ampuh Kempeskan Perut Buncit Ala dr. Zaidul Akbar yang Wajib Kamu Coba!

17 Mei 2024 - 16:58 WIB

Boleh Dicoba Perempuan dan Laki-lagi, Begini Cara Ampuh Mengatasi Perut Buncit ala dr Zaidul Akbar

Rahasia Kebal Penyakit Warga Papua Terkuak! DNA Langka Jadi Perisai

17 Mei 2024 - 16:53 WIB

Ilmuwan Temukan Warga Papua Nugini Warisi DNA Langka, Bikin Kebal dari Penyakit
Trending di Health