Menu

Mode Gelap
Kamera Canggih, Samsung Galaxy A35 5G Bikin Food Photography Makin Kece! Kamera Samsung Galaxy A35: Rahasia Fotografi Kuliner yang Lezat Terungkap! Adu Canggih Samsung Galaxy A54 Vs A55, Mana yang Terbaik? Duel Sengit Samsung Galaxy S23 Plus vs S23 Ultra: Mana yang Terbaik? Adu Spesifikasi: Duel Sengit Samsung Galaxy A54 vs A55, Mana yang Lebih Unggul? Daftar HP Samsung yang Tak Kebagian Update One UI 6.1, Bersabarlah, Ini Cobaan!

Health · 6 Mei 2024 15:07 WIB · Waktu Baca

Rahasia Dibalik Susah Tidur: 5 Masalah Mental yang Tersembunyi

5 Masalah Mental Penyebab Susah Tidur Menurut Psikologi Perbesar


Rahasia Dibalik Susah Tidur: 5 Masalah Mental yang Tersembunyi

Susah tidur merupakan masalah yang umum terjadi dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah masalah mental. Menurut psikologi, ada 5 masalah mental yang dapat menyebabkan susah tidur, yaitu:

  1. Stres dan Kecemasan: Stres dan kecemasan dapat membuat pikiran menjadi terlalu aktif, sehingga sulit untuk rileks dan tidur.
  2. Depresi: Depresi dapat menyebabkan perubahan pola tidur, seperti sulit tidur atau justru terlalu banyak tidur.
  3. Gangguan Bipolar: Gangguan bipolar dapat menyebabkan perubahan suasana hati yang ekstrem, termasuk mania dan depresi, yang dapat mengganggu pola tidur.
  4. Gangguan Skizofrenia: Gangguan skizofrenia dapat menyebabkan halusinasi dan delusi, yang dapat membuat sulit untuk tidur.
  5. Gangguan Kecemasan Umum (GAD): GAD adalah gangguan kecemasan kronis yang dapat menyebabkan kekhawatiran dan ketegangan yang berlebihan, sehingga sulit untuk tidur.

Jika Anda mengalami susah tidur dan menduga adanya masalah mental yang mendasarinya, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan mental untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

5 Masalah Mental Penyebab Susah Tidur Menurut Psikologi

Sulit tidur? Waspadai 5 masalah mental ini:

  1. Stres dan Cemas: Pikiran berpacu, sulit rileks.
  2. Depresi: Pola tidur berubah, susah tidur atau tidur berlebihan.
  3. Gangguan Bipolar: Suasana hati naik-turun, pola tidur terganggu.
  4. Skizofrenia: Halusinasi dan delusi bikin susah tidur.
  5. Gangguan Kecemasan Umum: Khawatir berlebihan, sulit tidur.

Jika kamu mengalami susah tidur dan menduga ada masalah mental di baliknya, jangan ragu konsultasi ke profesional kesehatan mental. Diagnosis dan penanganan yang tepat dapat membantumu tidur lebih nyenyak.

Stres dan Cemas

Pernah nggak sih kamu ngalamin mau tidur tapi pikiran kayak lagi lomba lari? Gas terus, nggak bisa berhenti. Nah, itu tandanya kamu lagi stres atau cemas. Pikiran yang terus berpacu bikin tubuh susah rileks, jadinya susah tidur deh. Kayak lagi dikejar-kejar monster di mimpi, padahal belum tidur!

Contohnya, kamu lagi banyak pikiran soal kerjaan atau masalah pribadi. Pikiran-pikiran itu terus berputar di kepala, bikin kamu susah tenang dan tidur nyenyak. Kayak ada alarm yang bunyi terus-terusan di kepala, nggak bisa dimatiin!

Depresi

Pernah nggak kamu ngerasa kayak nggak semangat ngapa-ngapain? Bangun tidur langsung pengen tidur lagi, atau susah banget buat bangun pagi? Hati-hati, itu bisa jadi tanda kamu lagi depresi. Depresi bikin pola tidur kamu berubah, bisa susah tidur atau malah kebanyakan tidur.

Contohnya, kamu lagi ngerasa sedih berkepanjangan, kehilangan minat sama hal-hal yang dulu kamu suka, dan susah konsentrasi. Nah, perubahan suasana hati ini bisa bikin kamu susah tidur atau malah tidur terus-terusan. Kayak lagi kejebak di kasur yang empuk banget, susah banget buat bangun!

Gangguan Bipolar

Kalau kamu lagi ngalamin yang namanya gangguan bipolar, siap-siap aja sama perubahan suasana hati yang kayak naik roller coaster! Kadang semangat banget, kadang sedih banget. Nah, perubahan suasana hati ini juga bisa bikin pola tidur kamu kacau. Susah tidur pas lagi mania, kebanyakan tidur pas lagi depresi.

Bayangin aja, lagi enak-enak tidur tiba-tiba kebangun karena ngerasa kayak mau terbang. Atau lagi ngantuk banget tapi nggak bisa tidur karena pikiran lagi kacau. Repot, kan?

Skizofrenia

Pernah nggak sih ngelihat atau denger sesuatu yang sebenernya nggak ada? Atau ngerasa kayak ada yang ngikutin kamu terus? Hati-hati, itu bisa jadi tanda kamu lagi skizofrenia. Gangguan mental ini bikin kamu ngalamin halusinasi dan delusi, yang bisa bikin susah tidur.

Bayangin aja lagi enak-enak tidur, tiba-tiba denger suara bisikan atau ngelihat bayangan aneh di kamar. Mana bisa tidur nyenyak coba?

Gangguan Kecemasan Umum

Pikiran kayak mesin yang nggak bisa berhenti mikir? Khawatir ini itu terus, sampai susah tidur? Bisa jadi kamu lagi kena Gangguan Kecemasan Umum (GAD). Gangguan kecemasan yang satu ini bikin kamu khawatir berlebihan sampai sulit buat rileks dan tidur nyenyak.

Bayangin deh, lagi mau tidur eh tiba-tiba kepikiran tagihan belum dibayar, besok ada presentasi, atau hal-hal yang sebenernya belum tentu terjadi. Ujung-ujungnya, tidur pun jadi susah.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Rahasia Otak Saat Tidur Terkuak, Simak Penjelasan Ahli!

17 Mei 2024 - 17:17 WIB

Ahli Kesehatan: Ini yang Terjadi Pada Otak Saat Tubuh Terlelap Tidur

Rahasia Mengempeskan Perut Buncit Ala dr. Zaidul Akbar

17 Mei 2024 - 17:11 WIB

Rahasia Diet Sehat, Mengungkap Resep dr. Zaidul Akbar untuk Mengatasi Perut Buncit

6 Kebiasaan Buruk Penyebab Perut Buncit, Yuk Hindari!

17 Mei 2024 - 17:05 WIB

6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Perut Makin Buncit, Yuk Cepat Hindari

Rahasia Mengempiskan Perut Buncit Kilat Tanpa Olahraga

17 Mei 2024 - 17:03 WIB

Ajaib, Tak Perlu Olahraga Berat Makanan Ini Bikin Lemak Perut Buncit Cepat Hilang dalam 7 Hari, dr Zaidul Akbar Bilang Caranya

Cara Ampuh Kempeskan Perut Buncit Ala dr. Zaidul Akbar yang Wajib Kamu Coba!

17 Mei 2024 - 16:58 WIB

Boleh Dicoba Perempuan dan Laki-lagi, Begini Cara Ampuh Mengatasi Perut Buncit ala dr Zaidul Akbar

Rahasia Kebal Penyakit Warga Papua Terkuak! DNA Langka Jadi Perisai

17 Mei 2024 - 16:53 WIB

Ilmuwan Temukan Warga Papua Nugini Warisi DNA Langka, Bikin Kebal dari Penyakit
Trending di Health