Menu

Mode Gelap
Samsung A55 5G Turun Harga! Spesifikasi Gadis, Kamera Saingi iPhone 13? Bocoran Samsung S24: AI Canggih, Harga Terjangkau? Mata Anti Lelah? Samsung A Series AMOLED Cuma 2 Jutaan! Samsung M15 5G: Benarkah HP 2 Jutaan Terbaik? [Review Jujur] Harga Galaxy A33 5G Anjlok! Masih Worth It di 2023? Samsung Tumbang? Raja Ponsel Lipat Baru Berkuasa!

Health · 9 Mei 2024 19:11 WIB · Waktu Baca

Waspada Asam Urat Kambuh Usai Lebaran? Hindari Daging Hati!

Banyak Makan Daging Hati Hati Asam Urat Kambuh Usai Lebaran Perbesar

Banyak Makan Daging Hati Hati Asam Urat Kambuh Usai Lebaran

Waspada Asam Urat Kambuh Usai Lebaran? Hindari Daging Hati!

Banyak Makan Daging Hati Hati Asam Urat Kambuh Usai Lebaran? Hati-hati, ini penyebabnya!

Lebaran memang menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu untuk berkumpul bersama keluarga dan menikmati berbagai hidangan lezat. Namun, bagi penderita asam urat, momen lebaran bisa menjadi mimpi buruk. Pasalnya, banyak hidangan lebaran yang mengandung tinggi purin, seperti daging merah dan jeroan. Salah satu jeroan yang paling banyak dikonsumsi saat lebaran adalah hati.

Hati memang dikenal sebagai sumber zat besi yang baik. Namun, hati juga mengandung purin yang tinggi. Purin adalah senyawa yang dapat diubah menjadi asam urat dalam tubuh. Jika kadar asam urat dalam darah terlalu tinggi, maka dapat menyebabkan serangan asam urat.

Gejala serangan asam urat biasanya berupa nyeri hebat, bengkak, dan kemerahan pada persendian, terutama di bagian jempol kaki. Serangan asam urat bisa sangat menyiksa dan dapat berlangsung selama beberapa hari.

Bagi penderita asam urat, penting untuk membatasi konsumsi makanan yang mengandung tinggi purin, seperti daging merah, jeroan, dan makanan laut. Hati termasuk dalam kategori jeroan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat.

Jika Anda penderita asam urat dan ingin menikmati hidangan lebaran, sebaiknya pilih hidangan yang rendah purin, seperti sayuran, buah-buahan, dan nasi.

Banyak Makan Daging Hati Hati Asam Urat Kambuh Usai Lebaran

Lebaran tiba, saatnya berkumpul bersama keluarga dan menyantap hidangan lezat. Tapi hati-hati, bagi penderita asam urat, momen lebaran bisa jadi mimpi buruk. Salah satu penyebabnya adalah banyak makan daging hati.

Daging hati memang dikenal sebagai sumber zat besi yang baik, tapi juga tinggi purin. Purin adalah senyawa yang dapat diubah menjadi asam urat dalam tubuh. Jika kadar asam urat dalam darah terlalu tinggi, maka dapat menyebabkan serangan asam urat.

Gejala asam urat biasanya berupa nyeri hebat, bengkak, dan kemerahan pada persendian, terutama di bagian jempol kaki. Serangan asam urat bisa sangat menyiksa dan dapat berlangsung selama beberapa hari.

Bagi penderita asam urat, penting untuk membatasi konsumsi makanan yang mengandung tinggi purin, seperti daging merah, jeroan, dan makanan laut. Hati termasuk dalam kategori jeroan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat. Jika ingin menikmati hidangan lebaran, sebaiknya pilih hidangan yang rendah purin, seperti sayuran, buah-buahan, dan nasi.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Vaksin Influenza Gratis di Bandung: Cek Lokasinya!

1 Juli 2024 - 09:15 WIB

Waspada! Mental Buruk Ancam Remaja Kena Stroke 3x Lipat

1 Juli 2024 - 09:13 WIB

Stroke Mengintai di Usia Muda? Kenali Tandanya, Selamatkan Masa Depan!

1 Juli 2024 - 09:05 WIB

Flu Burung Serang Sapi di AS, Ancaman Baru Bagi Manusia?

1 Juli 2024 - 09:04 WIB

Mendesak Dibaca! 7 Fakta Vitiligo: Penyebab, Perawatan & Dukungan

1 Juli 2024 - 08:59 WIB

Cegah Kanker Hanya Dengan 5 Menit Sehari? Temukan Rahasianya!

1 Juli 2024 - 08:54 WIB

Trending di Health