Menu

Mode Gelap
Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan? Rasakan Pengalaman Teknologi Terbaru di Samsung Experience Lounge Pondok Indah Golf! Bongkar Rahasia Samsung Galaxy A55, Wajib Tahu Sebelum Beli! Kamera Canggih, Samsung Galaxy A35 5G Bikin Food Photography Makin Kece!

Health · 6 Mei 2024 23:47 WIB · Waktu Baca

Rahasia Mengatasi Radang Tenggorokan Anak, Cepat dan Ampuh!

Perlu Tahu Ini Cara Mengobati Radang Tenggorokan Pada Anak Perbesar


Rahasia Mengatasi Radang Tenggorokan Anak, Cepat dan Ampuh!

Halo, Bunda! Si Kecil lagi sakit radang tenggorokan? Jangan panik, yuk kita cari tahu cara mengobatinya dengan tepat. Radang tenggorokan atau faringitis adalah peradangan pada tenggorokan yang bisa disebabkan oleh virus atau bakteri. Gejalanya biasanya berupa sakit tenggorokan, kesulitan menelan, suara serak, dan demam. Pada anak-anak, radang tenggorokan bisa sangat mengganggu karena mereka belum bisa mengungkapkan keluhannya dengan jelas.

Untuk mengatasi radang tenggorokan pada anak, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut di antaranya:

  1. Berikan banyak cairan. Cairan membantu menjaga tenggorokan tetap lembap dan mengurangi rasa sakit. Berikan anak banyak air putih, jus buah, atau sup hangat.
  2. Gunakan obat kumur air garam. Berkumur dengan air garam dapat membantu mengurangi peradangan dan membunuh bakteri di tenggorokan. Larutkan 1/2 sendok teh garam dalam 1 gelas air hangat, lalu kumur selama 30 detik.
  3. Kompres hangat. Kompres hangat dapat membantu meredakan nyeri dan peradangan pada tenggorokan. Rendam handuk dalam air hangat, lalu kompreskan pada leher anak selama 10-15 menit.
  4. Obat-obatan pereda nyeri. Jika anak merasa sangat sakit, Anda bisa memberikan obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen. Ikuti petunjuk penggunaan pada kemasan obat.
  5. Istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup dapat membantu sistem kekebalan tubuh anak melawan infeksi.

Jika radang tenggorokan pada anak tidak kunjung membaik setelah beberapa hari, atau jika anak mengalami gejala yang lebih parah seperti demam tinggi, kesulitan bernapas, atau nyeri menelan yang sangat hebat, segera bawa anak ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Perlu Tahu Ini Cara Mengobati Radang Tenggorokan Pada Anak

Radang tenggorokan pada anak memang menyebalkan, tapi jangan khawatir, ada cara mengatasinya!

Berikut 5 kunci penting:

  1. Banyak cairan: Jaga tenggorokan tetap lembap.
  2. Kumur air garam: Bunuh bakteri dan kurangi radang.
  3. Kompres hangat: Redakan nyeri dan peradangan.
  4. Obat pereda nyeri: Kurangi rasa sakit yang hebat.
  5. Istirahat cukup: Bantu sistem kekebalan tubuh melawan infeksi.

Ingat, jika radang tenggorokan anak tak kunjung membaik atau gejalanya semakin parah, segera bawa ke dokter ya!

Banyak cairan

Si Kecil lagi radang tenggorokan? Pasti rewel dan susah makan ya, Bun. Makanya, penting banget buat jaga tenggorokannya tetap lembap. Caranya? Banyakin minum air putih, jus buah, atau sup hangat. Cairan ini bakal bantu lendir di tenggorokan jadi encer, jadi nggak bikin sakit pas ditelan.

Selain itu, cairan juga bisa bantu ngurangin demam dan bikin anak lebih nyaman. Jadi, jangan pelit-pelit kasih minum anak ya, Bun!

Kumur air garam

Sakit tenggorokan pada anak bikin susah makan dan rewel, ya nggak sih, Bun? Biar anak nyaman dan bisa makan lahap lagi, coba deh ajak dia kumur air garam. Cara ini ampuh banget buat bunuh bakteri dan ngurangin radang di tenggorokan lho!

Caranya gampang banget. Larutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu minta anak berkumur selama 30 detik. Lakukan cara ini beberapa kali dalam sehari, niscaya tenggorokan anak bakal berasa lebih lega.

Kompres hangat

Si Kecil rewel karena tenggorokannya lagi pada nyeri? Jangan panik, Bun! Kompres hangat bisa jadi penyelamat.

Rendam handuk kecil ke dalam air hangat, lalu tempelkan ke leher anak selama 10-15 menit. Lakukan beberapa kali sehari, niscaya nyeri dan radang di tenggorokan anak bakal berkurang.

Obat pereda nyeri

Kalau radang tenggorokan anak sudah parah banget sampai susah nelen dan makan, jangan ragu kasih obat pereda nyeri ya, Bun. Tapi ingat, obat ini cuma buat ngurangin rasa sakit sementara, jadi harus sesuai dosis dan aturan pakai.

Beberapa obat pereda nyeri yang bisa dipakai buat anak antara lain paracetamol atau ibuprofen. Tapi pastikan baca dulu petunjuk pemakaiannya baik-baik ya, Bun. Soalnya dosis obat tiap anak bisa beda-beda tergantung umur dan berat badannya.

Istirahat cukup

Si Kecil lagi radang tenggorokan? Jangan lupa ingetin dia buat banyak istirahat ya, Bun! Soalnya, saat istirahat, sistem kekebalan tubuh anak bakal fokus melawan infeksi yang bikin tenggorokannya sakit.

Jadi, pastikan anak tidur cukup dan hindari aktivitas berat dulu ya, Bun. Biar cepet sembuh dan bisa main-main lagi!

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Rahasia Otak Saat Tidur Terkuak, Simak Penjelasan Ahli!

17 Mei 2024 - 17:17 WIB

Ahli Kesehatan: Ini yang Terjadi Pada Otak Saat Tubuh Terlelap Tidur

Rahasia Mengempeskan Perut Buncit Ala dr. Zaidul Akbar

17 Mei 2024 - 17:11 WIB

Rahasia Diet Sehat, Mengungkap Resep dr. Zaidul Akbar untuk Mengatasi Perut Buncit

6 Kebiasaan Buruk Penyebab Perut Buncit, Yuk Hindari!

17 Mei 2024 - 17:05 WIB

6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Perut Makin Buncit, Yuk Cepat Hindari

Rahasia Mengempiskan Perut Buncit Kilat Tanpa Olahraga

17 Mei 2024 - 17:03 WIB

Ajaib, Tak Perlu Olahraga Berat Makanan Ini Bikin Lemak Perut Buncit Cepat Hilang dalam 7 Hari, dr Zaidul Akbar Bilang Caranya

Cara Ampuh Kempeskan Perut Buncit Ala dr. Zaidul Akbar yang Wajib Kamu Coba!

17 Mei 2024 - 16:58 WIB

Boleh Dicoba Perempuan dan Laki-lagi, Begini Cara Ampuh Mengatasi Perut Buncit ala dr Zaidul Akbar

Rahasia Kebal Penyakit Warga Papua Terkuak! DNA Langka Jadi Perisai

17 Mei 2024 - 16:53 WIB

Ilmuwan Temukan Warga Papua Nugini Warisi DNA Langka, Bikin Kebal dari Penyakit
Trending di Health