Menu

Mode Gelap
Samsung A35 5G Resmi Meluncur, Simak Harga dan Spesifikasi Gaharnya! Panduan Lengkap Setting Kamera Samsung S24 Ultra buat Rekam Konser Bruno Mars di Thailand Bocoran Samsung Galaxy Z Fold 6: Tipis, Kamera 200 MP, Bakal Hajar Pesaing! Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan?

Hiburan · 9 Mei 2024 18:30 WIB · Waktu Baca

Penyakit Graves: Awas, Bisa Bikin Jantung Copot!

Penyakit Graves Bisa Timbulkan 4 Komplikasi Ini Perbesar


Penyakit Graves: Awas, Bisa Bikin Jantung Copot!

Ligaponsel.com – Penyakit Graves Bisa Timbulkan 4 Komplikasi Ini

Penyakit Graves adalah penyakit autoimun yang menyebabkan kelenjar tiroid memproduksi hormon tiroid secara berlebihan. Hormon tiroid yang berlebihan ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk:

  1. Penyakit jantung – Hormon tiroid yang berlebihan dapat mempercepat detak jantung dan meningkatkan tekanan darah, yang dapat menyebabkan penyakit jantung.
  2. Osteoporosis – Hormon tiroid yang berlebihan dapat melemahkan tulang, yang dapat menyebabkan osteoporosis.
  3. Penyakit mata – Hormon tiroid yang berlebihan dapat menyebabkan mata menonjol, penglihatan kabur, dan nyeri mata.
  4. Badai tiroid – Badai tiroid adalah komplikasi serius dari penyakit Graves yang dapat mengancam jiwa. Badai tiroid terjadi ketika kadar hormon tiroid menjadi sangat tinggi, yang dapat menyebabkan demam, mual, muntah, dan perubahan perilaku.

Jika Anda mengalami gejala penyakit Graves, penting untuk segera menemui dokter. Penyakit Graves dapat diobati dengan obat-obatan, terapi yodium radioaktif, atau operasi.

Sumber:

  • Mayo Clinic
  • National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases

Penyakit Graves Bisa Timbulkan 4 Komplikasi Ini

Penyakit Graves adalah penyakit autoimun yang menyebabkan kelenjar tiroid memproduksi hormon tiroid secara berlebihan. Hormon tiroid yang berlebihan ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk:

  • Penyakit jantung
  • Osteoporosis
  • Penyakit mata
  • Badai tiroid

Keempat komplikasi ini dapat sangat mempengaruhi kesehatan dan kualitas hidup penderita penyakit Graves. Oleh karena itu, penting untuk mengenali gejala-gejala penyakit Graves dan segera mencari pengobatan untuk mencegah komplikasi-komplikasi ini.

Penyakit jantung

Penyakit jantung adalah salah satu komplikasi paling serius dari penyakit Graves. Hormon tiroid yang berlebihan dapat mempercepat detak jantung dan meningkatkan tekanan darah, yang dapat menyebabkan penyakit jantung seperti penyakit jantung koroner, gagal jantung, dan stroke.

Gejala penyakit jantung meliputi nyeri dada, sesak napas, dan kelelahan. Jika Anda mengalami gejala-gejala ini, penting untuk segera mencari pertolongan medis.

Osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi dimana tulang menjadi lemah dan rapuh, sehingga mudah patah. Penyakit Graves dapat menyebabkan osteoporosis karena hormon tiroid yang berlebihan dapat mengganggu penyerapan kalsium dalam tubuh. Kalsium adalah mineral penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang.

Gejala osteoporosis meliputi nyeri tulang, nyeri punggung, dan postur tubuh yang membungkuk. Jika Anda mengalami gejala-gejala ini, penting untuk segera mencari pertolongan medis.

Penyakit mata

Penyakit Graves dapat menyebabkan berbagai masalah mata, termasuk:

  • Mata menonjol
  • Penglihatan kabur
  • Nyeri mata
  • Mata kering
  • Peradangan pada mata

Jika Anda mengalami masalah mata apa pun, penting untuk segera mencari pertolongan medis. Masalah mata akibat penyakit Graves dapat diobati, tetapi jika tidak diobati dapat menyebabkan kerusakan permanen pada mata.

Badai tiroid

Badai tiroid adalah komplikasi paling serius dari penyakit Graves yang mengancam jiwa. Kondisi ini terjadi ketika kadar hormon tiroid menjadi sangat tinggi, sehingga menyebabkan demam, mual, muntah, dan perubahan perilaku.

Jika tidak segera diobati, badai tiroid dapat menyebabkan gagal jantung, stroke, bahkan kematian.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Mantan Presiden AS Meninggal: Fakta Mengejutkan Dibaliknya

22 Mei 2024 - 22:12 WIB

George Bush Mantan Presiden Ke 41 As Meninggal Karena Parkinson

Cegah Glaukoma dengan Sayuran Hijau, Rahasia yang Terungkap!

22 Mei 2024 - 21:27 WIB

Cegah Glaukoma Dengan Konsumsi Sayuran Hijau

Sindrom Sotos: Raksasa yang Menggemaskan

22 Mei 2024 - 20:37 WIB

Sindrom Sotos Bisa Sebabkan Gigantisme

Perut Kembung? Awas, Bisa Jadi Gejala Gastritis!

22 Mei 2024 - 18:28 WIB

Perut Sering Kembung Hati Hati Gastritis

Yuk, Hentikan Stigma Pada ODHA! Ini Alasannya

22 Mei 2024 - 17:37 WIB

Hentikan Stigma Pada Odha Atau Pengidap Hiv Aids Ini Alasannya

Terungkap! 4 Cara Flu Burung Menyebar: Awas, Bahaya Mengintai!

22 Mei 2024 - 16:13 WIB

4 Faktor Penyebaran Flu Burung
Trending di Hiburan