Menu

Mode Gelap
Samsung A35 5G Resmi Meluncur, Simak Harga dan Spesifikasi Gaharnya! Panduan Lengkap Setting Kamera Samsung S24 Ultra buat Rekam Konser Bruno Mars di Thailand Bocoran Samsung Galaxy Z Fold 6: Tipis, Kamera 200 MP, Bakal Hajar Pesaing! Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan?

Hiburan · 11 Mei 2024 10:15 WIB · Waktu Baca

5 Rahasia Makanan Penakluk Nyeri Rematik

5 Makanan Yang Ampuh Meredakan Nyeri Rematik Perbesar


5 Rahasia Makanan Penakluk Nyeri Rematik

Ligaponsel.com – 5 Makanan Yang Ampuh Meredakan Nyeri Rematik

Rematik adalah penyakit yang menyebabkan nyeri, bengkak, dan kaku pada persendian. Meskipun tidak ada obatnya, ada beberapa makanan yang dapat membantu meredakan gejalanya.

Berikut adalah 5 makanan yang ampuh meredakan nyeri rematik:

  1. Ikan berlemak

Ikan berlemak, seperti salmon, tuna, dan makarel, mengandung asam lemak omega-3 yang memiliki sifat anti-inflamasi. Asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi nyeri dan bengkak pada persendian.

Buah-buahan dan sayuran

Buah-buahan dan sayuran kaya akan antioksidan yang dapat membantu melawan peradangan. Beberapa buah dan sayuran yang baik untuk penderita rematik antara lain:

  • Brokoli
  • Bayam
  • Jeruk
  • Stroberi

Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung protein, serat, dan lemak sehat yang dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri. Beberapa kacang-kacangan dan biji-bijian yang baik untuk penderita rematik antara lain:

  • Kacang almond
  • Kacang kenari
  • Biji chia
  • Biji rami

Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG) yang memiliki sifat anti-inflamasi. EGCG dapat membantu mengurangi nyeri dan bengkak pada persendian.

Jahe

Jahe mengandung senyawa yang disebut gingerol yang memiliki sifat anti-inflamasi dan pereda nyeri. Gingerol dapat membantu mengurangi nyeri dan bengkak pada persendian.

Selain makanan yang disebutkan di atas, ada beberapa tips lain yang dapat membantu meredakan nyeri rematik, seperti:

  • Olahraga teratur
  • Menjaga berat badan yang sehat
  • Berhenti merokok
  • Mengurangi stres

Jika Anda mengalami nyeri rematik, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat. Dokter Anda dapat merekomendasikan obat-obatan atau terapi lain untuk membantu meredakan gejala Anda.

5 Makanan Yang Ampuh Meredakan Nyeri Rematik

Meredakan nyeri rematik bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan tertentu. Berikut 5 makanan yang terbukti ampuh meredakan nyeri rematik:

  1. Ikan berlemak: Kaya asam lemak omega-3 yang anti-inflamasi.
  2. Buah dan sayur: Mengandung antioksidan yang melawan peradangan.
  3. Kacang dan biji-bijian: Sumber protein, serat, dan lemak sehat yang mengurangi peradangan.
  4. Teh hijau: Mengandung EGCG yang anti-inflamasi.
  5. Jahe: Mengandung gingerol yang meredakan nyeri dan peradangan.

Selain makanan tersebut, olahraga teratur, menjaga berat badan sehat, berhenti merokok, dan mengurangi stres juga dapat membantu meredakan nyeri rematik. Jika nyeri berlanjut, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan makarel, mengandung asam lemak omega-3 yang ampuh meredakan nyeri rematik. Omega-3 bekerja dengan cara mengurangi peradangan pada sendi yang menjadi penyebab utama nyeri. Jadi, rajin-rajinlah konsumsi ikan berlemak agar nyeri rematik minggat jauh-jauh!

Selain ikan berlemak, masih ada empat makanan lainnya yang juga manjur mengatasi nyeri rematik. Apa saja itu? Yuk, simak terus artikel berikut!

Buah dan sayur

Buah dan sayur adalah makanan sehat yang kaya akan antioksidan. Antioksidan inilah yang berperan penting dalam melawan peradangan, penyebab utama nyeri rematik. Rajin konsumsi buah dan sayur segar, seperti brokoli, bayam, jeruk, dan stroberi, bisa jadi cara alami untuk meredakan nyeri rematik. Nggak perlu banyak-banyak, cukup jadikan buah dan sayur sebagai bagian dari menu harianmu.

Selain buah dan sayur, masih ada tiga makanan lainnya yang tak kalah ampuh mengatasi nyeri rematik. Yuk, cari tahu apa saja itu di bagian selanjutnya!

Kacang dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti kacang almond, kacang kenari, biji chia, dan biji rami, ampuh untuk meredakan nyeri rematik karena mengandung protein, serat, dan lemak sehat yang bisa mengurangi peradangan. Jadi, jangan ragu untuk menambahkan kacang dan biji-bijian ke dalam makanan harianmu. Dijamin, nyeri rematik bakal minggat jauh-jauh!

Selain kacang dan biji-bijian, masih ada dua makanan lainnya yang juga berkhasiat meredakan nyeri rematik. Apa saja itu? Yuk, cari tahu di bagian selanjutnya!

Teh hijau

Teh hijau dikenal sebagai minuman sehat yang kaya akan antioksidan, salah satunya adalah EGCG (epigallocatechin gallate). EGCG inilah yang berperan penting dalam mengurangi peradangan pada sendi, sehingga ampuh meredakan nyeri rematik. Jadi, kalau kamu penggemar teh hijau, jangan ragu untuk menikmatinya setiap hari. Nyeri rematik pasti kabur!

Selain teh hijau, masih ada satu makanan lagi yang tak kalah ampuh mengatasi nyeri rematik. Apa itu? Yuk, cari tahu di bagian selanjutnya!

Jahe: Mengandung gingerol yang meredakan nyeri dan peradangan.

Selain makanan yang sudah disebutkan sebelumnya, jangan lupakan jahe! Rempah yang satu ini mengandung gingerol, zat yang ampuh meredakan nyeri dan peradangan pada sendi. Jadi, kalau kamu punya masalah nyeri rematik, rajin-rajinlah konsumsi jahe, bisa dalam bentuk minuman hangat atau bumbu masakan. Dijamin, nyeri rematik bakal kabur!

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Terungkap! Penyebab Misterius dan Cara Ampuh Atasi Polisitemia Vera

24 Mei 2024 - 16:20 WIB

Kenali Penyebab Dan Cara Penanganan Polisitemia Vera

4 Penyebab Rabun Jauh pada Anak yang Tak Terduga!

24 Mei 2024 - 15:36 WIB

4 Penyebab Rabun Jauh Pada Anak Anak

Perut Kembung Ganggu Aktivitas? Ini Cara Ampuh Mengatasinya

24 Mei 2024 - 14:06 WIB

Kenali Perut Kembung Dan Solusi Mengatasinya

Waspada! 5 Faktor Ini Tingkatkan Risiko Anda Terkena Peritonitis

24 Mei 2024 - 12:49 WIB

Inilah Faktor Risiko Penyakit Peritonitis

Porfiria, Penyakit Vampir yang Bikin Geger!

24 Mei 2024 - 11:58 WIB

Inilah Yang Terjadi Jika Seorang Terkena Porfiria Alias Penyakit Vampir

Catcalling: Ketika Pujian Jadi Pelecehan

24 Mei 2024 - 10:57 WIB

Catcalling Bukan Pujian Atau Candaan Tetapi Pelecehan
Trending di Hiburan