Menu

Mode Gelap
Samsung A55 5G Turun Harga! Spesifikasi Gadis, Kamera Saingi iPhone 13? Bocoran Samsung S24: AI Canggih, Harga Terjangkau? Mata Anti Lelah? Samsung A Series AMOLED Cuma 2 Jutaan! Samsung M15 5G: Benarkah HP 2 Jutaan Terbaik? [Review Jujur] Harga Galaxy A33 5G Anjlok! Masih Worth It di 2023? Samsung Tumbang? Raja Ponsel Lipat Baru Berkuasa!

Hiburan · 17 Mei 2024 07:49 WIB · Waktu Baca

Ibu Hamil Tua, Awas Bahaya Sindrom Klinefelter pada Bayi

Ibu Hamil Di Usia Tua Bayinya Lebih Mudah Terserang Sindrom Klinefelter Perbesar

Ibu Hamil Di Usia Tua Bayinya Lebih Mudah Terserang Sindrom Klinefelter

Ibu Hamil Tua, Awas Bahaya Sindrom Klinefelter pada Bayi


Ligaponsel.com – Ibu hamil di usia tua memang rentan mengalami berbagai komplikasi kehamilan. Salah satunya adalah risiko bayi lahir dengan sindrom Klinefelter.

Sindrom Klinefelter adalah kelainan genetik yang terjadi pada pria. Kelainan ini disebabkan oleh adanya satu atau lebih kromosom X ekstra. Biasanya, pria memiliki satu kromosom X dan satu kromosom Y (XY). Sementara pada pria dengan sindrom Klinefelter, mereka memiliki dua kromosom X dan satu kromosom Y (XXY). Kromosom X ekstra ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk:

  • Gangguan perkembangan seksual
  • Kemandulan
  • Masalah belajar
  • Masalah perilaku
  • Peningkatan risiko penyakit tertentu, seperti kanker payudara dan diabetes

Penyebab sindrom Klinefelter tidak diketahui secara pasti. Namun, beberapa faktor yang diduga dapat meningkatkan risiko terjadinya kelainan ini, antara lain:

  • Usia ibu saat hamil
  • Riwayat keluarga sindrom Klinefelter
  • Paparan bahan kimia tertentu

Usia ibu saat hamil merupakan faktor risiko yang paling signifikan untuk sindrom Klinefelter. Semakin tua usia ibu saat hamil, semakin tinggi risiko bayi lahir dengan kelainan ini. Hal ini disebabkan karena seiring bertambahnya usia, kualitas sel telur wanita akan menurun. Akibatnya, risiko terjadinya kelainan kromosom pada sel telur juga akan meningkat.

Jika Anda sedang hamil di usia tua, penting untuk melakukan pemeriksaan prenatal secara teratur untuk mendeteksi adanya kelainan kromosom pada janin. Pemeriksaan ini dapat dilakukan melalui tes darah atau USG. Jika hasil pemeriksaan menunjukkan adanya kelainan kromosom, dokter akan memberikan konseling dan mendiskusikan pilihan pengobatan yang tersedia.

Sindrom Klinefelter tidak dapat disembuhkan. Namun, pengobatan dapat membantu mengatasi gejala-gejala yang timbul dan meningkatkan kualitas hidup penderita. Pengobatan yang diberikan akan disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing penderita.

Ibu Hamil Di Usia Tua, Waspada Sindrom Klinefelter


Usia Tua, Risiko Tinggi, Kromosom Ekstra, Masalah Kesehatan, Pengobatan Tepat.

Bagi ibu hamil di usia tua, waspadai risiko sindrom Klinefelter pada bayi. Kelainan genetik ini disebabkan oleh kromosom ekstra yang membawa masalah kesehatan. Deteksi dini dan pengobatan tepat sangat penting untuk meningkatkan kualitas hidup penderita.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ramalan Zodiak 30 Juni: Kejutan untuk Leo & Cancer?

1 Juli 2024 - 15:13 WIB

Eksklusif! Byeon Woo Seok di Jakarta: Ungkap Rahasia & Kesuksesannya

1 Juli 2024 - 15:07 WIB

Tamara Tyasmara Hancur di Kelulusan Dante, Ada Apa?

1 Juli 2024 - 15:01 WIB

Haru Biru! Tamara Tyasmara Gantikan Anak di Wisuda, Kisah Menyentuh di Baliknya

1 Juli 2024 - 15:00 WIB

Air Mata Tamara Tyasmara di Kelulusan Dante, Ada Apa?

1 Juli 2024 - 14:51 WIB

Korban Baru Bermunculan, Nirina Zubir Makin Tersudut?

1 Juli 2024 - 14:48 WIB

Trending di Hiburan