Waspadai 5 Tanda Pria Terjangkit Kencing Nanah!

waktu baca 3 menit
Kamis, 23 Mei 2024 02:26 0 11 Luna

Waspadai 5 Tanda Pria Terjangkit Kencing Nanah!

LigaPonsel.com – Mengenal 5 Gejala Gonore Pada Pria

Gonore adalah infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Infeksi ini dapat menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita. Namun, pada pria, gonore biasanya menimbulkan gejala yang lebih jelas dibandingkan wanita.

Berikut ini adalah 5 gejala gonore pada pria yang perlu diketahui:

1. Keluar Nanah pada Penis Gejala gonore pada pria yang paling umum adalah keluarnya nanah dari penis. Nanah ini biasanya berwarna putih, kuning, atau hijau, dan dapat berbau tidak sedap. Keluarnya nanah ini biasanya terjadi beberapa hari setelah terinfeksi bakteri gonore.2. Rasa Sakit saat Buang Air Kecil Gejala gonore pada pria lainnya adalah rasa sakit atau perih saat buang air kecil. Rasa sakit ini disebabkan oleh peradangan pada saluran kemih akibat infeksi bakteri gonore. Selain itu, pria yang terinfeksi gonore juga dapat mengalami kesulitan buang air kecil atau buang air kecil lebih sering dari biasanya.3. Bengkak pada Skrotum Salah satu gejala gonore pada pria yang cukup serius adalah bengkak pada skrotum. Pembengkakan ini terjadi akibat peradangan pada epididimis, yaitu saluran yang membawa sperma dari testis ke penis. Bengkak pada skrotum biasanya disertai dengan rasa sakit dan nyeri.4. Nyeri pada Testis Selain bengkak pada skrotum, pria yang terinfeksi gonore juga dapat mengalami nyeri pada testis. Nyeri ini disebabkan oleh peradangan pada testis akibat infeksi bakteri gonore. Nyeri pada testis dapat terasa ringan hingga berat, tergantung pada tingkat keparahan infeksi.5. Sakit Tenggorokan Meskipun jarang terjadi, gonore juga dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Hal ini terjadi jika bakteri gonore menyebar ke tenggorokan melalui aktivitas seksual oral. Sakit tenggorokan akibat gonore biasanya disertai dengan gejala lain, seperti nyeri saat menelan, batuk, dan suara serak.Penting untuk segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami gejala-gejala gonore seperti yang disebutkan di atas. Diagnosis dan pengobatan dini dapat mencegah komplikasi yang lebih serius, seperti infertilitas pada pria. Referensi: [Gonorrhea – Symptoms and Causes](https://www.cdc.gov/std/gonorrhea/stdfact-gonorrhea.htm) [Gonorrhea | Symptoms, Causes, and Treatment](https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/15473-gonorrhea) [Gonorrhea – NHS](https://www.nhs.uk/conditions/gonorrhoea/)

5 Gejala Gonore Pada Pria

Kenali 5 gejala gonore pada pria untuk kesehatan reproduksi yang lebih baik.

Berikut adalah 5 gejala gonore pada pria yang perlu diketahui:

1. Keluar Nanah pada Penis

Waspadai keluarnya cairan putih, kuning, atau hijau dari penis.

2. Rasa Sakit saat Buang Air Kecil

Buang air kecil terasa sakit atau perih? Segera periksakan!

3. Bengkak pada Skrotum

Skrotum yang bengkak dan nyeri bisa jadi pertanda gonore.

4. Nyeri pada Testis

Nyeri atau tidak nyaman pada testis perlu diwaspadai.

5. Sakit Tenggorokan

Meski jarang terjadi, sakit tenggorokan juga bisa jadi gejala gonore.

Jika mengalami gejala-gejala di atas, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Gonore yang tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi serius, termasuk infertilitas pada pria.