Menu

Mode Gelap
Samsung A35 5G Resmi Meluncur, Simak Harga dan Spesifikasi Gaharnya! Panduan Lengkap Setting Kamera Samsung S24 Ultra buat Rekam Konser Bruno Mars di Thailand Bocoran Samsung Galaxy Z Fold 6: Tipis, Kamera 200 MP, Bakal Hajar Pesaing! Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan?

Hiburan · 10 Mei 2024 06:09 WIB · Waktu Baca

Rahasia Mengejutkan: 5 Hal yang Bisa Bikin Mata Silinder!

5 Faktor Eksternal Ini Jadi Penyebab Mata Silinder Perbesar


Rahasia Mengejutkan: 5 Hal yang Bisa Bikin Mata Silinder!

Ligaponsel.com – Mata silinder merupakan gangguan penglihatan yang menyebabkan objek terlihat buram atau terdistorsi. Kondisi ini terjadi ketika bentuk kornea atau lensa mata tidak bulat sempurna, sehingga cahaya yang masuk ke mata tidak terfokus dengan baik pada retina. Ada beberapa faktor eksternal yang dapat menjadi penyebab mata silinder, di antaranya sebagai berikut:

1. Faktor Keturunan

Mata silinder dapat diturunkan dari orang tua kepada anaknya. Jika salah satu orang tua memiliki mata silinder, maka risiko anak untuk mengalami kondisi yang sama akan lebih tinggi.

2. Trauma atau Cedera Mata

Trauma atau cedera pada mata, seperti benturan atau tusukan, dapat menyebabkan kornea atau lensa mata berubah bentuk, sehingga memicu terjadinya mata silinder.

3. Paparan Sinar Matahari Berlebih

Paparan sinar matahari berlebih tanpa menggunakan pelindung mata dapat merusak kornea dan lensa mata, sehingga meningkatkan risiko terjadinya mata silinder.

4. Penggunaan Gadget Berlebihan

Penggunaan gadget secara berlebihan, seperti smartphone, tablet, dan komputer, dapat membuat mata bekerja terlalu keras dan mengalami kelelahan. Hal ini dapat memicu terjadinya mata silinder.

5. Kondisi Medis Tertentu

Beberapa kondisi medis tertentu, seperti diabetes dan glaukoma, dapat menyebabkan perubahan bentuk kornea atau lensa mata, sehingga memicu terjadinya mata silinder.

Itulah beberapa faktor eksternal yang dapat menjadi penyebab mata silinder. Jika Anda mengalami gangguan penglihatan yang tidak kunjung membaik, segera periksakan diri ke dokter mata untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.

5 Faktor Eksternal Ini Jadi Penyebab Mata Silinder

Mata silinder merupakan gangguan penglihatan yang menyebabkan objek terlihat buram atau terdistorsi. Kondisi ini terjadi ketika bentuk kornea atau lensa mata tidak bulat sempurna, sehingga cahaya yang masuk ke mata tidak terfokus dengan baik pada retina.

Ada beberapa faktor eksternal yang dapat menjadi penyebab mata silinder, di antaranya:

  • Keturunan
  • Trauma/Cedera Mata
  • Paparan Sinar Matahari Berlebih
  • Penggunaan Gadget Berlebihan
  • Kondisi Medis Tertentu

Keenam faktor eksternal ini dapat memicu terjadinya mata silinder dengan cara yang berbeda-beda. Misalnya, paparan sinar matahari berlebih dapat merusak kornea dan lensa mata, sementara penggunaan gadget berlebihan dapat membuat mata bekerja terlalu keras dan mengalami kelelahan.

Jika Anda mengalami gangguan penglihatan yang tidak kunjung membaik, segera periksakan diri ke dokter mata untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat. Dengan mengetahui faktor-faktor penyebab mata silinder, kita dapat mengambil langkah-langkah pencegahan untuk menjaga kesehatan mata kita.

Keturunan

Mata silinder bisa jadi titipan dari orang tua ke anaknya. Kalau salah satu orang tua punya mata silinder, anaknya berisiko tinggi mengalami hal yang sama. Gimana nggak, gen dari orang tua ikut menentukan bentuk kornea dan lensa mata kita. Jadi, kalau bentuknya nggak bulat sempurna, siap-siap aja pandangan jadi kabur atau terdistorsi.

Jadi, buat yang punya orang tua mata silinder, jangan lupa rajin periksa mata ke dokter. Siapa tahu, keturunan mata silindernya ikut numpang juga.

Trauma/Cedera Mata

Mata itu organ yang sensitif banget. Kalau kena benturan atau tusukan, bisa berabe. Kornea atau lensa matanya bisa berubah bentuk, yang bikin cahaya susah fokus di retina. Akibatnya, pandangan jadi buram atau terdistorsi deh. Makanya, hati-hati ya kalau lagi beraktivitas yang berisiko bikin mata cedera. Pakai pelindung mata kalau perlu, biar mata tetap sehat.

Paparan Sinar Matahari Berlebih

Matahari memang sumber vitamin D, tapi kalau kebanyakan malah bisa bikin mata rusak. Paparan sinar matahari berlebih tanpa pelindung mata bisa merusak kornea dan lensa mata, bikin pandangan jadi kabur atau terdistorsi. Jadi, jangan lupa pakai sunglasses atau topi kalau lagi beraktivitas di luar ruangan ya!

Penggunaan Gadget Berlebihan

Siapa nih yang suka mantengin gadget berjam-jam? Hati-hati, kebiasaan ini bisa bikin mata capek dan memicu mata silinder lho!

Iya, beneran! Kalau mata dipaksa kerja keras terus-menerus, lama-lama bentuknya bisa berubah. Jadinya, cahaya yang masuk ke mata nggak bisa fokus dengan baik di retina. Akibatnya, pandangan jadi buram atau terdistorsi deh.

Jadi, buat yang hobi main gadget, jangan lupa kasih waktu istirahat buat mata ya. Sesekali, alihkan pandangan ke jauh atau tutup mata sebentar. Biar mata tetap sehat dan nggak bermasalah.

Kondisi Medis Tertentu

Beberapa kondisi medis tertentu juga bisa bikin mata silinder, lho. Misalnya, diabetes dan glaukoma. Penyakit-penyakit ini bisa bikin bentuk kornea atau lensa mata berubah, sehingga cahaya susah fokus dengan baik di retina. Akibatnya, pandangan jadi buram atau terdistorsi deh.

Jadi, buat yang punya penyakit diabetes atau glaukoma, jangan lupa periksa mata secara rutin ya. Soalnya, mata silinder bisa jadi salah satu komplikasinya. Makanya, penting banget buat jaga kesehatan mata kita dengan baik-baik.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Terungkap! Penyebab Misterius dan Cara Ampuh Atasi Polisitemia Vera

24 Mei 2024 - 16:20 WIB

Kenali Penyebab Dan Cara Penanganan Polisitemia Vera

4 Penyebab Rabun Jauh pada Anak yang Tak Terduga!

24 Mei 2024 - 15:36 WIB

4 Penyebab Rabun Jauh Pada Anak Anak

Perut Kembung Ganggu Aktivitas? Ini Cara Ampuh Mengatasinya

24 Mei 2024 - 14:06 WIB

Kenali Perut Kembung Dan Solusi Mengatasinya

Waspada! 5 Faktor Ini Tingkatkan Risiko Anda Terkena Peritonitis

24 Mei 2024 - 12:49 WIB

Inilah Faktor Risiko Penyakit Peritonitis

Porfiria, Penyakit Vampir yang Bikin Geger!

24 Mei 2024 - 11:58 WIB

Inilah Yang Terjadi Jika Seorang Terkena Porfiria Alias Penyakit Vampir

Catcalling: Ketika Pujian Jadi Pelecehan

24 Mei 2024 - 10:57 WIB

Catcalling Bukan Pujian Atau Candaan Tetapi Pelecehan
Trending di Hiburan