Menu

Mode Gelap
Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan? Rasakan Pengalaman Teknologi Terbaru di Samsung Experience Lounge Pondok Indah Golf! Bongkar Rahasia Samsung Galaxy A55, Wajib Tahu Sebelum Beli! Kamera Canggih, Samsung Galaxy A35 5G Bikin Food Photography Makin Kece!

Hiburan · 9 Mei 2024 14:18 WIB · Waktu Baca

Alergi Dingin Kambuh? Kenali 5 Reaksi Umum Tubuh Ini!

Ini Reaksi Umum Tubuh Saat Alergi Dingin Kambuh Perbesar


Alergi Dingin Kambuh? Kenali 5 Reaksi Umum Tubuh Ini!

Ligaponsel.com – Alergi dingin adalah reaksi umum tubuh saat terpapar suhu dingin. Reaksi ini dapat berupa bersin, pilek, mata berair, dan gatal-gatal. Pada beberapa kasus, alergi dingin juga dapat menyebabkan pembengkakan pada wajah, bibir, dan tenggorokan.

Artikel ini akan membahas secara lengkap tentang reaksi umum tubuh saat alergi dingin kambuh. Kami akan membahas gejala-gejala alergi dingin, penyebabnya, cara mengatasinya, dan cara mencegahnya.

Jadi, bagi kamu yang sering mengalami alergi dingin, wajib banget baca artikel ini sampai habis. Yuk, langsung aja kita bahas!

Ini Reaksi Umum Tubuh Saat Alergi Dingin Kambuh

Alergi dingin adalah reaksi umum tubuh saat terpapar suhu dingin. Reaksi ini dapat berupa bersin, pilek, mata berair, dan gatal-gatal. Pada beberapa kasus, alergi dingin juga dapat menyebabkan pembengkakan pada wajah, bibir, dan tenggorokan.

Berikut adalah 5 reaksi umum tubuh saat alergi dingin kambuh:

  • Bersin
  • Pilek
  • Mata berair
  • Gatal-gatal
  • Pembengkakan

Reaksi-reaksi ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan terhadap suhu dingin. Sistem kekebalan tubuh melepaskan histamin dan zat kimia lainnya yang menyebabkan peradangan dan gejala alergi.

Alergi dingin dapat diobati dengan obat antihistamin dan dekongestan. Obat-obatan ini dapat membantu meredakan gejala alergi. Selain itu, menghindari suhu dingin juga dapat membantu mencegah alergi dingin kambuh.

Bersin

Siapa yang tidak kenal bersin? Reaksi tubuh yang satu ini pasti pernah kamu alami, kan? Bersin adalah cara tubuh mengeluarkan benda asing atau iritan dari hidung. Saat kamu kedinginan, pembuluh darah di hidung akan menyempit. Hal ini menyebabkan hidung menjadi kering dan iritasi. Akibatnya, tubuh akan melepaskan histamin yang memicu bersin.

Pilek

Pilek adalah reaksi tubuh yang umum terjadi saat alergi dingin kambuh. Pilek terjadi ketika saluran hidung meradang dan menghasilkan lendir berlebih. Lendir ini dapat berwarna bening, putih, atau kekuningan.

Pilek saat alergi dingin biasanya disertai dengan gejala lain, seperti bersin, hidung tersumbat, dan mata berair. Gejala-gejala ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan membuat penderitanya merasa tidak nyaman.

Mata berair

Siapa yang tidak pernah mengalami mata berair? Reaksi tubuh yang satu ini pasti pernah kamu alami, kan? Mata berair adalah cara tubuh mengeluarkan benda asing atau iritan dari mata. Saat kamu kedinginan, pembuluh darah di mata akan menyempit. Hal ini menyebabkan mata menjadi kering dan iritasi. Akibatnya, tubuh akan melepaskan histamin yang memicu mata berair.

Gatal-gatal

Gatal-gatal adalah reaksi tubuh yang umum terjadi saat alergi dingin kambuh. Gatal-gatal terjadi ketika kulit mengalami iritasi dan meradang. Iritasi ini dapat disebabkan oleh histamin yang dilepaskan oleh tubuh saat alergi dingin kambuh.

Gatal-gatal saat alergi dingin biasanya disertai dengan gejala lain, seperti kemerahan, bengkak, dan nyeri. Gejala-gejala ini dapat sangat mengganggu dan membuat penderitanya merasa tidak nyaman.

Pembengkakan

Pembengkakan adalah reaksi tubuh yang umum terjadi saat alergi dingin kambuh. Pembengkakan terjadi ketika jaringan tubuh mengalami penumpukan cairan. Penumpukan cairan ini dapat disebabkan oleh histamin yang dilepaskan oleh tubuh saat alergi dingin kambuh.

Pembengkakan saat alergi dingin biasanya disertai dengan gejala lain, seperti kemerahan, nyeri, dan gangguan fungsi. Gejala-gejala ini dapat sangat mengganggu dan membuat penderitanya merasa tidak nyaman.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Terungkap! Cara Mencegah Telinga Berdenging yang Jarang Diketahui

21 Mei 2024 - 17:21 WIB

Cara Pencegahan Tinnitus Yang Wajib Dipahami

Takut Mandiri: Gejala Sindrom Cinderella atau Tanda Kekuatan?

21 Mei 2024 - 16:10 WIB

Takut Menjadi Mandiri Benarkah Jadi Gejala Sindrom Cinderella Complex

Kenali Tanda Serangan Panik dari Perubahan Suasana Hati

21 Mei 2024 - 14:54 WIB

Temperamen Mudah Berubah Mungkin Gejala Serangan Panik

Rahasia Sembuh Cepat dari Sepsis: Makanan Ajaib yang Tak Terduga!

21 Mei 2024 - 14:27 WIB

Makanan Yang Harus Dikonsumsi Saat Alami Penyakit Sepsis

Bayi Baru Lahir Bisa Kena Sindrom Horner? Ternyata…

21 Mei 2024 - 12:40 WIB

Bayi Baru Lahir Dapat Terserang Sindrom Horner Benarkah

Terungkap! Cara Penularan Trakoma yang Bikin Mata Rusak

21 Mei 2024 - 12:12 WIB

Cara Penularan Penyakit Trakhoma Yang Perlu Diwaspadai
Trending di Hiburan