Menu

Mode Gelap
Samsung A35 5G Resmi Meluncur, Simak Harga dan Spesifikasi Gaharnya! Panduan Lengkap Setting Kamera Samsung S24 Ultra buat Rekam Konser Bruno Mars di Thailand Bocoran Samsung Galaxy Z Fold 6: Tipis, Kamera 200 MP, Bakal Hajar Pesaing! Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan?

Hiburan · 11 Mei 2024 04:50 WIB · Waktu Baca

Terungkap! 5 Rahasia Pemicu Gondok yang Jarang Diketahui

5 Faktor Risiko Yang Memicu Gondok Perbesar


Terungkap! 5 Rahasia Pemicu Gondok yang Jarang Diketahui

Ligaponsel.com – Faktor Risiko Gondok

Gondok adalah pembengkakan kelenjar tiroid yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Berikut adalah 5 faktor risiko yang dapat memicu gondok:

  1. Kekurangan yodium: Yodium adalah mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi hormon tiroid. Kekurangan yodium dapat menyebabkan kelenjar tiroid membesar untuk mencoba mengimbangi kekurangan yodium.
  2. Penyakit autoimun: Penyakit autoimun seperti penyakit Hashimoto dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang kelenjar tiroid, yang menyebabkan peradangan dan pembengkakan.
  3. Genetika: Beberapa orang memiliki kecenderungan genetik untuk mengembangkan gondok.
  4. Jenis kelamin: Wanita lebih mungkin mengembangkan gondok dibandingkan pria.
  5. Usia: Risiko gondok meningkat seiring bertambahnya usia.

Jika Anda mengalami pembengkakan pada leher, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan penyebabnya dan mendapatkan perawatan yang tepat.

5 Faktor Risiko Yang Memicu Gondok

Gondok, pembengkakan kelenjar tiroid, punya 5 faktor risiko:

  • Kekurangan yodium
  • Penyakit autoimun
  • Genetika
  • Jenis kelamin (wanita)
  • Usia (bertambah tua)

Faktor-faktor ini saling terkait dan dapat meningkatkan risiko gondok secara signifikan. Misalnya, wanita dengan riwayat keluarga gondok dan kekurangan yodium berisiko lebih tinggi terkena gondok.

Mencegah gondok bisa dilakukan dengan menjaga asupan yodium yang cukup, mengendalikan penyakit autoimun, dan menjalani gaya hidup sehat. Jika Anda mengalami pembengkakan pada leher, segera konsultasikan ke dokter untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Kekurangan yodium

Kekurangan yodium itu kayak lagi nyetir mobil tanpa bensin, tiroid lo bakal ngadat!

Yodium itu kayak bahan bakar buat tiroid lo, jadi kalo kurang, tiroid lo bakal kerja ekstra keras buat ngejar kekurangan itu. Nah, kerja ekstra inilah yang bikin tiroid lo membengkak jadi gondok.

Penyakit autoimun

Penyakit autoimun itu kayak tim sepakbola yang salah serang, malah nyerang gawang sendiri!

Pada penyakit autoimun, sistem kekebalan tubuh lo kayak pemain bola yang bingung, malah nyerang kelenjar tiroid lo sendiri. Akibatnya, tiroid lo jadi meradang dan bengkak, kayak habis ditendang bola berkali-kali. Nah, pembengkakan inilah yang bikin gondok.

Genetika

Genetika itu kayak mewarisi resep rahasia bikin kue, tapi kadang resepnya ada yang kurang lengkap atau salah takar.

Nah, kalo soal gondok, ada orang yang punya resep genetik yang bikin mereka lebih gampang kena gondok. Kayak misalnya, kalo orang tuanya punya gondok, anaknya juga berisiko lebih tinggi buat ngalamin hal yang sama. Itu karena mereka mewarisi resep genetik yang kurang lengkap atau salah takar tadi.

Jenis kelamin (wanita)

Kenapa sih wanita lebih sering kena gondok dibanding pria? Ini bukan karena wanita lebih lemah atau gimana-gimana ya, tapi karena ada perbedaan hormon.

Hormon wanita, seperti estrogen, bisa bikin kelenjar tiroid lebih aktif. Nah, kalau kelenjar tiroid terlalu aktif, bisa terjadi pembengkakan dan jadilah gondok.

Usia (bertambah tua)

Seiring bertambahnya usia, fungsi tiroid kita bisa menurun. Ini karena seiring waktu, sel-sel di kelenjar tiroid kita bisa rusak dan nggak bisa bekerja dengan baik lagi.

Nah, kalau fungsi tiroid menurun, bisa terjadi pembesaran kelenjar tiroid atau gondok. Soalnya, kelenjar tiroid berusaha bekerja lebih keras untuk memenuhi kebutuhan hormon tiroid tubuh kita.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Mantan Presiden AS Meninggal: Fakta Mengejutkan Dibaliknya

22 Mei 2024 - 22:12 WIB

George Bush Mantan Presiden Ke 41 As Meninggal Karena Parkinson

Cegah Glaukoma dengan Sayuran Hijau, Rahasia yang Terungkap!

22 Mei 2024 - 21:27 WIB

Cegah Glaukoma Dengan Konsumsi Sayuran Hijau

Sindrom Sotos: Raksasa yang Menggemaskan

22 Mei 2024 - 20:37 WIB

Sindrom Sotos Bisa Sebabkan Gigantisme

Perut Kembung? Awas, Bisa Jadi Gejala Gastritis!

22 Mei 2024 - 18:28 WIB

Perut Sering Kembung Hati Hati Gastritis

Yuk, Hentikan Stigma Pada ODHA! Ini Alasannya

22 Mei 2024 - 17:37 WIB

Hentikan Stigma Pada Odha Atau Pengidap Hiv Aids Ini Alasannya

Terungkap! 4 Cara Flu Burung Menyebar: Awas, Bahaya Mengintai!

22 Mei 2024 - 16:13 WIB

4 Faktor Penyebaran Flu Burung
Trending di Hiburan