Menu

Mode Gelap
Samsung A35 5G Resmi Meluncur, Simak Harga dan Spesifikasi Gaharnya! Panduan Lengkap Setting Kamera Samsung S24 Ultra buat Rekam Konser Bruno Mars di Thailand Bocoran Samsung Galaxy Z Fold 6: Tipis, Kamera 200 MP, Bakal Hajar Pesaing! Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan?

Lifestyle · 10 Mei 2024 06:30 WIB · Waktu Baca

Terungkap! Bahaya Menahan Pipis Saat Hamil, Bumil Wajib Tahu

Bahaya Menahan Pipis Untuk Ibu Hamil Perbesar


Terungkap! Bahaya Menahan Pipis Saat Hamil, Bumil Wajib Tahu

Bahaya Menahan Pipis Untuk Ibu Hamil

Menahan pipis saat hamil merupakan kebiasaan yang tidak dianjurkan. Sebab, kebiasaan ini dapat memicu berbagai masalah kesehatan bagi ibu dan janin. Berikut adalah beberapa bahaya menahan pipis untuk ibu hamil:

  1. Infeksi saluran kemih (ISK)

Menahan pipis dapat membuat urine mengendap di kandung kemih, sehingga bakteri dapat berkembang biak dan menyebabkan ISK. ISK pada ibu hamil dapat menyebabkan kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah pada bayi.

Pielonefritis

Pielonefritis adalah infeksi pada ginjal yang dapat terjadi akibat ISK yang tidak diobati. Kondisi ini dapat menyebabkan demam, nyeri pinggang, dan mual muntah. Pielonefritis pada ibu hamil dapat berbahaya bagi janin dan dapat menyebabkan kelahiran prematur.

Persalinan prematur

Menahan pipis dapat meningkatkan tekanan pada rahim, sehingga dapat memicu persalinan prematur. Persalinan prematur dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada bayi, seperti gangguan pernapasan, masalah pencernaan, dan keterlambatan perkembangan.

Berat badan lahir rendah

Menahan pipis dapat menyebabkan dehidrasi, yang dapat berdampak pada pertumbuhan janin. Dehidrasi dapat menyebabkan berat badan lahir rendah pada bayi.

Oleh karena itu, ibu hamil sangat disarankan untuk tidak menahan pipis. Jika ingin buang air kecil, segera lakukan. Jangan menunda-nunda buang air kecil hingga terasa sangat ingin buang air kecil.

Bahaya Menahan Pipis Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil, jangan suka menahan pipis ya! Bahayanya banyak, lho!

Berikut 5 bahaya menahan pipis untuk ibu hamil:

  1. Infeksi saluran kemih (ISK)
  2. Pielonefritis
  3. Persalinan prematur
  4. Berat badan lahir rendah
  5. Dehidrasi

Jadi, ibu hamil harus rajin buang air kecil. Jangan ditahan-tahan!

Infeksi saluran kemih (ISK)

Menahan pipis saat hamil dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih (ISK). ISK adalah infeksi pada saluran kemih, termasuk kandung kemih, ureter, ginjal, dan uretra. ISK dapat menyebabkan berbagai gejala, seperti nyeri saat buang air kecil, sering buang air kecil, dan urine keruh atau berdarah.

Pada ibu hamil, ISK dapat berbahaya karena dapat menyebabkan kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah pada bayi. Oleh karena itu, ibu hamil sangat disarankan untuk tidak menahan pipis dan segera buang air kecil jika terasa ingin buang air kecil.

Pielonefritis

Pielonefritis adalah infeksi pada ginjal yang dapat terjadi akibat infeksi saluran kemih (ISK) yang tidak diobati. Kondisi ini dapat menyebabkan demam, nyeri pinggang, dan mual muntah. Pielonefritis pada ibu hamil dapat berbahaya bagi janin dan dapat menyebabkan kelahiran prematur.

Oleh karena itu, ibu hamil sangat disarankan untuk tidak menahan pipis dan segera buang air kecil jika terasa ingin buang air kecil. Dengan membiasakan diri untuk tidak menahan pipis, ibu hamil dapat membantu mencegah ISK dan pielonefritis, sehingga dapat menjaga kesehatan kehamilan dan kesehatan janin.

Persalinan prematur

Menahan pipis saat hamil juga dapat meningkatkan risiko persalinan prematur. Persalinan prematur adalah kelahiran bayi sebelum usia kehamilan 37 minggu. Bayi yang lahir prematur berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan, seperti gangguan pernapasan, masalah pencernaan, dan keterlambatan perkembangan.

Oleh karena itu, ibu hamil sangat disarankan untuk tidak menahan pipis dan segera buang air kecil jika terasa ingin buang air kecil. Dengan membiasakan diri untuk tidak menahan pipis, ibu hamil dapat membantu mencegah persalinan prematur dan menjaga kesehatan kehamilan.

Berat badan lahir rendah

Menahan pipis saat hamil juga dapat menyebabkan berat badan lahir rendah pada bayi. Berat badan lahir rendah adalah kondisi dimana bayi lahir dengan berat badan kurang dari 2.500 gram.

Bayi dengan berat badan lahir rendah berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan, seperti gangguan pernapasan, masalah pencernaan, dan keterlambatan perkembangan.

Oleh karena itu, ibu hamil sangat disarankan untuk tidak menahan pipis dan segera buang air kecil jika terasa ingin buang air kecil. Dengan membiasakan diri untuk tidak menahan pipis, ibu hamil dapat membantu mencegah berat badan lahir rendah pada bayi dan menjaga kesehatan kehamilan.

Dehidrasi

Menahan pipis saat hamil juga dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi adalah kondisi dimana tubuh kekurangan cairan. Dehidrasi pada ibu hamil dapat berbahaya karena dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti pusing, mual, dan kram otot. Dalam kasus yang parah, dehidrasi dapat menyebabkan kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah pada bayi.

Oleh karena itu, ibu hamil sangat disarankan untuk tidak menahan pipis dan segera buang air kecil jika terasa ingin buang air kecil. Dengan membiasakan diri untuk tidak menahan pipis, ibu hamil dapat membantu mencegah dehidrasi dan menjaga kesehatan kehamilan.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Rahasia Menakjubkan: Kutu Bulu Mata Bisa Bikin Mata Rusak!

23 Mei 2024 - 18:24 WIB

Kutu Bulu Mata Bisa Sebabkan Blefaritis

Waspadai Cedera Tulang Kering yang Incar Atlet: Temukan Rahasia Pencegahannya!

23 Mei 2024 - 18:11 WIB

Cedera Bidai Tulang Kering Bisa Mengincar Atlet

5 Rahasia Penyakit Pemicu Bursitis yang Jarang Diketahui

23 Mei 2024 - 16:45 WIB

5 Penyakit Yang Bisa Memicu Terjadinya Bursitis

Rambut Rontok Parah? Waspada Masalah Kesehatan!

23 Mei 2024 - 15:51 WIB

Kebotakan Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatan

Terungkap! Bahaya Makanan Diolah Salah, Waspada Bakteri Mematikan Mengintai!

23 Mei 2024 - 13:45 WIB

Hati Hati Makanan Yang Diolah Tidak Benar Bisa Mengandung Bakteri Penyebab Botulisme

Waspada! Inilah Alasan Mengapa Denyut Jantung Menurun Bisa Bikin Pingsan

23 Mei 2024 - 12:33 WIB

Ini Alasan Orang Bisa Pingsan Karena Denyut Jantung Menurun
Trending di Lifestyle