Waspada Mimisan! 10 Tanda Bahaya yang Wajib Diketahui

waktu baca 4 menit
Kamis, 16 Mei 2024 21:53 0 8 Maira

Waspada Mimisan! 10 Tanda Bahaya yang Wajib Diketahui

Ligaponsel.com – Mimisan merupakan kondisi umum yang dapat terjadi pada siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Meskipun umumnya tidak berbahaya, ada beberapa tanda mimisan yang perlu diwaspadai karena bisa mengindikasikan kondisi medis yang lebih serius.

Berikut 10 tanda mimisan yang perlu diwaspadai:

  1. Mimisan yang terjadi berulang kali atau berkepanjangan (lebih dari 20 menit)
  2. Mimisan yang disertai dengan keluarnya darah yang banyak atau menggumpal
  3. Mimisan yang disertai dengan sakit kepala, demam, atau nyeri pada wajah
  4. Mimisan yang terjadi setelah cedera kepala atau wajah
  5. Mimisan yang terjadi pada orang yang sedang mengonsumsi obat pengencer darah
  6. Mimisan yang terjadi pada orang yang memiliki riwayat gangguan pembekuan darah
  7. Mimisan yang disertai dengan pucat, lemas, atau pingsan
  8. Mimisan yang terjadi pada anak-anak di bawah usia 2 tahun
  9. Mimisan yang terjadi pada orang yang sedang hamil
  10. Mimisan yang disertai dengan keluarnya cairan bening atau berbau busuk

Jika Anda mengalami salah satu dari tanda-tanda mimisan di atas, segera cari pertolongan medis. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab mimisan dan memberikan pengobatan yang tepat.

10 Tanda Mimisan Yang Perlu Diwaspadai

Mimisan merupakan kondisi umum yang dapat terjadi pada siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Meskipun umumnya tidak berbahaya, ada beberapa tanda mimisan yang perlu diwaspadai karena bisa mengindikasikan kondisi medis yang lebih serius.

Berikut 5 tanda mimisan yang perlu diwaspadai:

  1. Mimisan berulang
  2. Mimisan banyak
  3. Mimisan disertai gejala lain (sakit kepala, demam, nyeri wajah)
  4. Mimisan setelah cedera
  5. Mimisan pada orang berisiko (mengonsumsi obat pengencer darah, gangguan pembekuan darah)

Jika Anda mengalami salah satu tanda-tanda mimisan di atas, segera cari pertolongan medis. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab mimisan dan memberikan pengobatan yang tepat.

Mimisan berulang

Mimisan yang terjadi berulang kali atau berkepanjangan (lebih dari 20 menit) bisa jadi tanda adanya gangguan pembekuan darah atau masalah kesehatan lainnya. Segera cari pertolongan medis jika Anda mengalami mimisan berulang.

Mimisan banyak

Mimisan yang disertai dengan keluarnya darah yang banyak atau menggumpal juga perlu diwaspadai. Mimisan seperti ini bisa menyebabkan anemia dan syok jika tidak segera ditangani.

Mimisan disertai gejala lain

Jika mimisan disertai dengan gejala lain seperti sakit kepala, demam, atau nyeri pada wajah, bisa jadi itu merupakan tanda dari kondisi medis yang lebih serius, seperti infeksi sinus atau tumor. Segera cari pertolongan medis jika Anda mengalami mimisan disertai gejala lain.

Mimisan setelah cedera

Mimisan yang terjadi setelah cedera kepala atau wajah bisa jadi tanda adanya cedera serius. Segera cari pertolongan medis jika Anda mengalami mimisan setelah cedera.

Mimisan pada orang berisiko

Orang yang sedang mengonsumsi obat pengencer darah atau memiliki riwayat gangguan pembekuan darah lebih berisiko mengalami mimisan. Jika Anda termasuk dalam kategori ini dan mengalami mimisan, segera cari pertolongan medis.

Mimisan banyak

Siapa yang pernah mengalami mimisan sampai darahnya mengucur deras kayak air terjun? Pasti panik banget, ya! Nah, kalau kamu mengalami mimisan yang banyak dan menggumpal, jangan anggap remeh. Bisa jadi itu pertanda ada masalah kesehatan yang lebih serius, seperti anemia atau syok. Makanya, kalau mimisanmu banyak, langsung cari pertolongan medis, ya!

Mimisan disertai gejala lain (sakit kepala, demam, nyeri wajah)

Mimisan yang disertai gejala lain seperti sakit kepala, demam, atau nyeri pada wajah bisa jadi tanda dari kondisi medis yang lebih serius, seperti infeksi sinus atau tumor. Segera cari pertolongan medis jika Anda mengalami mimisan disertai gejala lain.

Mimisan setelah cedera

Siapa yang suka olahraga atau aktivitas fisik? Pasti pernah dong mengalami mimisan setelah jatuh atau terbentur? Nah, kalau mimisanmu terjadi setelah cedera, terutama di bagian kepala atau wajah, jangan sepelekan ya! Bisa jadi itu pertanda adanya cedera serius, seperti patah tulang atau gegar otak. Makanya, kalau habis cedera terus mimisan, langsung periksakan ke dokter aja!

Selain itu, mimisan juga bisa menjadi tanda adanya gangguan pembekuan darah. Kalau kamu punya riwayat gangguan pembekuan darah atau sedang mengonsumsi obat pengencer darah, risiko mimisanmu akan lebih tinggi. Jadi, kalau kamu mengalami mimisan dan kamu termasuk dalam kategori ini, segera cari pertolongan medis ya!

Mimisan pada orang berisiko (mengonsumsi obat pengencer darah, gangguan pembekuan darah)

Buat yang suka minum obat pengencer darah atau punya masalah pembekuan darah, hati-hati ya! Kalian lebih berisiko mimisan. So, kalau mimisan melanda, jangan panik, tapi langsung cus ke dokter. Soalnya, bisa jadi pertanda ada yang nggak beres sama kesehatan kalian.