Menu

Mode Gelap
Samsung A35 5G Resmi Meluncur, Simak Harga dan Spesifikasi Gaharnya! Panduan Lengkap Setting Kamera Samsung S24 Ultra buat Rekam Konser Bruno Mars di Thailand Bocoran Samsung Galaxy Z Fold 6: Tipis, Kamera 200 MP, Bakal Hajar Pesaing! Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan?

Lifestyle · 10 Mei 2024 16:02 WIB · Waktu Baca

Hamil Sehat: 6 Kebiasaan Sepele yang Ternyata Berbahaya

6 Kebiasaan Yang Harus Dihentikan Saat Hamil Perbesar


Hamil Sehat: 6 Kebiasaan Sepele yang Ternyata Berbahaya


Ligaponsel.com – Hamil adalah momen yang membahagiakan sekaligus menegangkan. Ada banyak hal yang harus diperhatikan dan diubah, termasuk kebiasaan sehari-hari. Berikut adalah 6 kebiasaan yang harus dihentikan saat hamil:


1. Merokok

Rokok mengandung banyak zat berbahaya yang dapat membahayakan janin, seperti nikotin, tar, dan karbon monoksida. Nikotin dapat mempersempit pembuluh darah sehingga aliran darah ke janin berkurang. Tar dapat menumpuk di paru-paru janin dan mengganggu perkembangannya. Karbon monoksida dapat menyebabkan kekurangan oksigen pada janin.


2. Minum Alkohol

Alkohol dapat dengan mudah masuk ke plasenta dan mencapai janin. Alkohol dapat menyebabkan gangguan perkembangan janin, seperti cacat lahir, keterlambatan pertumbuhan, dan masalah perilaku.


3. Mengonsumsi Kafein Berlebihan

Kafein dapat masuk ke plasenta dan mencapai janin. Kafein dapat mempercepat detak jantung janin dan menyebabkan masalah tidur. Konsumsi kafein yang berlebihan juga dapat meningkatkan risiko keguguran dan kelahiran prematur.


4. Makan Makanan Mentah

Makanan mentah dapat mengandung bakteri dan parasit yang dapat menyebabkan infeksi pada ibu hamil dan janin. Beberapa jenis makanan mentah yang harus dihindari saat hamil, antara lain: daging mentah, telur mentah, susu mentah, dan ikan mentah.


5. Olahraga Berlebihan

Olahraga memang baik untuk ibu hamil, tetapi olahraga berlebihan dapat membahayakan janin. Olahraga berlebihan dapat menyebabkan dehidrasi, peningkatan suhu tubuh, dan tekanan pada janin.


6. Menggunakan Obat-obatan Terlarang

Obat-obatan terlarang dapat sangat membahayakan janin. Obat-obatan terlarang dapat menyebabkan cacat lahir, keterlambatan pertumbuhan, dan masalah perilaku. Beberapa jenis obat-obatan terlarang yang harus dihindari saat hamil, antara lain: heroin, kokain, dan ganja.

6 Kebiasaan Yang Harus Dihentikan Saat Hamil

Saat hamil, ada beberapa kebiasaan yang harus dihentikan demi kesehatan ibu dan janin. Berikut adalah 6 kebiasaan yang harus dihindari:

  1. Merokok: Berbahaya bagi janin
  2. Minum Alkohol: Dapat menyebabkan cacat lahir
  3. Konsumsi Kafein Berlebihan: Meningkatkan risiko keguguran
  4. Makan Makanan Mentah: Dapat mengandung bakteri dan parasit
  5. Olahraga Berlebihan: Dapat membahayakan janin
  6. Menggunakan Obat-obatan Terlarang: Sangat berbahaya bagi janin

Dengan menghentikan kebiasaan-kebiasaan ini, ibu hamil dapat membantu memastikan kesehatan dan perkembangan janin yang optimal.

Merokok: Berbahaya bagi janin

Bagi ibu hamil, merokok adalah kebiasaan yang harus segera dihentikan. Zat-zat berbahaya dalam rokok, seperti nikotin, tar, dan karbon monoksida, dapat dengan mudah masuk ke plasenta dan membahayakan janin. Nikotin dapat mempersempit pembuluh darah sehingga aliran darah ke janin berkurang. Tar dapat menumpuk di paru-paru janin dan mengganggu perkembangannya. Karbon monoksida dapat menyebabkan kekurangan oksigen pada janin, yang berisiko menyebabkan kelahiran prematur dan gangguan kesehatan lainnya.

Minum Alkohol: Dapat menyebabkan cacat lahir

Bagi ibu hamil, minum alkohol adalah kebiasaan yang harus dihindari sama sekali. Alkohol dapat dengan mudah masuk ke plasenta dan mencapai janin. Alkohol dapat menyebabkan gangguan perkembangan janin, seperti cacat lahir, keterlambatan pertumbuhan, dan masalah perilaku. Bahkan konsumsi alkohol dalam jumlah sedikit pun dapat membahayakan janin.

Konsumsi Kafein Berlebihan

Buat bumil yang suka ngopi atau ngeteh, harap berhati-hati ya! Kafein yang berlebihan ternyata bisa meningkatkan risiko keguguran. Kafein dapat masuk ke plasenta dan mencapai janin, menyebabkan detak jantung janin menjadi lebih cepat dan masalah tidur. Duh, ngga mau kan hal itu terjadi?

Makan Makanan Mentah

Buat bumil yang hobi makan sushi atau salad, harap berhati-hati ya! Makanan mentah, seperti daging mentah, telur mentah, susu mentah, dan ikan mentah, bisa mengandung bakteri dan parasit yang berbahaya bagi bumil dan janin. Bakteri ini dapat menyebabkan infeksi yang membahayakan kesehatan ibu dan janin.

Selain itu, makanan mentah juga bisa mengandung parasit, seperti toksoplasma dan cacing pita. Parasit ini dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, atau cacat lahir. Jadi, bumil sebaiknya hindari makanan mentah selama kehamilan untuk menjaga kesehatan diri dan calon buah hati.

Olahraga Berlebihan: Dapat membahayakan janin

Buat bumil yang hobi olahraga, jangan sampai kebablasan ya! Olahraga yang berlebihan ternyata bisa membahayakan janin. Hal ini karena olahraga berlebihan dapat menyebabkan dehidrasi, peningkatan suhu tubuh, dan tekanan pada janin. Jadi, bumil sebaiknya berolahraga dengan intensitas sedang dan tidak terlalu lama, ya.

Menggunakan Obat-obatan Terlarang

Bagi ibu hamil, menggunakan obat-obatan terlarang adalah kebiasaan yang harus dihindari. Obat-obatan terlarang dapat sangat membahayakan janin, menyebabkan cacat lahir, keterlambatan pertumbuhan, dan masalah perilaku. Beberapa jenis obat-obatan terlarang yang harus dihindari saat hamil, antara lain: heroin, kokain, dan ganja.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Respirasi Bayi Terganggu, Kenali 2 Penyakit Ini!

22 Mei 2024 - 21:19 WIB

2 Penyakit Pernapasan Yang Biasa Diidap Bayi

Bradikardia: Gangguan Jantung yang Wajib Diketahui Lansia

22 Mei 2024 - 20:25 WIB

Bradikardia Gangguan Kesehatan Di Usia Senja

Waspadai, 3 Masalah Kesehatan Ini Mengintai Akibat Gangguan Citra Tubuh!

22 Mei 2024 - 18:31 WIB

3 Gangguan Kesehatan Gara Gara Body Image

Bayi Tanpa ASI: Waspadai Risiko Bronkiolitis!

22 Mei 2024 - 18:11 WIB

Bayi Tanpa Asi Berpotensi Terkena Bronkiolitis

Merokok Bikin Paru-paru Berlendir, Mitos atau Fakta?

22 Mei 2024 - 15:58 WIB

Sering Merokok Buat Produksi Lendir Meningkat

Gangguan Kepribadian Ambang: Rahasia Dibalik Naik Turunnya Suasana Hati

22 Mei 2024 - 15:10 WIB

Borderline Personality Disorder Bisa Sebabkan Mood Naik Turun
Trending di Lifestyle