5 Rahasia Penyakit Pemicu Bursitis yang Jarang Diketahui

waktu baca 2 menit
Kamis, 23 Mei 2024 16:45 0 9 Maira

5 Rahasia Penyakit Pemicu Bursitis yang Jarang Diketahui

Ligaponsel.com – 5 Penyakit Yang Bisa Memicu Terjadinya Bursitis

Bursitis adalah peradangan pada bursa, yaitu kantung berisi cairan yang berfungsi sebagai bantalan antara tulang, tendon, dan otot. Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri, bengkak, dan kesulitan bergerak. Ada beberapa penyakit yang dapat memicu terjadinya bursitis, di antaranya:

  1. Artritis reumatoid: Penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan pada sendi, termasuk bursa.
  2. Osteoartritis: Kondisi degeneratif yang menyebabkan kerusakan tulang rawan pada sendi, yang dapat menyebabkan penebalan bursa.
  3. Gout: Kondisi yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di dalam sendi, yang dapat menyebabkan peradangan pada bursa.
  4. Diabetes: Kadar gula darah yang tinggi dapat merusak saraf dan pembuluh darah, yang dapat menyebabkan peradangan pada bursa.
  5. Infeksi: Infeksi bakteri atau virus dapat menyebabkan peradangan pada bursa.

Jika Anda mengalami nyeri, bengkak, atau kesulitan bergerak pada sendi, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

5 Penyakit Yang Bisa Memicu Terjadinya Bursitis

Ketahui 5 penyakit yang dapat menjadi biang keladi bursitis, kondisi peradangan pada bursa sendi.

1. Artritis Reumatoid: Penyakit autoimun yang menyerang sendi.2. Osteoartritis: Kerusakan tulang rawan sendi akibat faktor usia.3. Gout: Penumpukan kristal asam urat yang memicu nyeri hebat.4. Diabetes: Kadar gula darah tinggi yang merusak saraf dan pembuluh darah.5. Infeksi: Bakteri atau virus yang menginfeksi bursa sendi.

Penyakit-penyakit ini dapat memicu peradangan dan penebalan pada bursa, sehingga menimbulkan rasa nyeri, bengkak, dan kaku pada sendi. Jika kamu mengalami gejala-gejala tersebut, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.