Menu

Mode Gelap
Kamera Canggih, Samsung Galaxy A35 5G Bikin Food Photography Makin Kece! Kamera Samsung Galaxy A35: Rahasia Fotografi Kuliner yang Lezat Terungkap! Adu Canggih Samsung Galaxy A54 Vs A55, Mana yang Terbaik? Duel Sengit Samsung Galaxy S23 Plus vs S23 Ultra: Mana yang Terbaik? Adu Spesifikasi: Duel Sengit Samsung Galaxy A54 vs A55, Mana yang Lebih Unggul? Daftar HP Samsung yang Tak Kebagian Update One UI 6.1, Bersabarlah, Ini Cobaan!

Lifestyle · 11 Mei 2024 09:50 WIB · Waktu Baca

Tanda Stres pada Anak: Pelajari 6 Gejala yang Tak Terlihat!

6 Tanda Stres Pada Anak Perbesar


Tanda Stres pada Anak: Pelajari 6 Gejala yang Tak Terlihat!

Ligaponsel.com – 6 Tanda Stres Pada Anak

Stres pada anak merupakan hal yang wajar terjadi. Namun, sebagai orang tua, kita perlu mewaspadai tanda-tanda stres pada anak agar dapat memberikan penanganan yang tepat. Berikut adalah 6 tanda stres pada anak yang perlu diperhatikan:

  1. Perubahan perilaku – Anak yang biasanya ceria dan aktif tiba-tiba menjadi pendiam dan menyendiri.
  2. Gangguan tidur – Anak sulit tidur, sering terbangun di malam hari, atau mengalami mimpi buruk.
  3. Gangguan makan – Anak kehilangan nafsu makan atau justru makan berlebihan.
  4. Sakit fisik – Anak sering mengeluhkan sakit perut, sakit kepala, atau kelelahan tanpa sebab yang jelas.
  5. Regresi – Anak yang sudah bisa melakukan sesuatu dengan baik tiba-tiba kembali ke perilaku yang lebih kekanak-kanakan, seperti mengompol atau mengisap jempol.
  6. Masalah konsentrasi – Anak sulit fokus, mudah teralihkan, dan nilai akademisnya menurun.

Jika anak menunjukkan beberapa tanda stres di atas, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter atau psikolog anak untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Penanganan stres pada anak yang tepat dapat membantu anak mengatasi stres dan menjalani hidup yang sehat dan bahagia.

6 Tanda Stres Pada Anak

Stres pada anak memang umum terjadi, namun kita perlu mewaspadai tanda-tandanya ini ya, Ayah Bunda!

Yuk, kenali 6 tanda stres pada anak:

  1. Perubahan Perilaku
  2. Gangguan Tidur
  3. Gangguan Makan
  4. Sakit Fisik
  5. Regresi
  6. Masalah Konsentrasi

Jika anak menunjukkan beberapa tanda di atas, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau psikolog anak. Dengan penanganan yang tepat, anak bisa mengatasi stres dan kembali ceria!

Perubahan Perilaku

Anak yang biasanya periang tiba-tiba jadi pendiam? Atau yang biasanya aktif malah jadi malas-malasan? Hati-hati, itu bisa jadi tanda stres pada anak!

Perubahan perilaku yang mendadak pada anak bisa jadi merupakan cara mereka mengekspresikan perasaan tertekan atau tidak nyaman. Jadi, penting banget buat kita sebagai orang tua untuk peka dan memperhatikan perubahan perilaku anak.

Gangguan Tidur

Anak yang susah tidur, sering kebangun malam, atau mimpi buruk bisa jadi pertanda stres. Soalnya, ketika anak stres, hormon kortisol dalam tubuhnya meningkat, yang bikin anak susah tidur nyenyak.

Gangguan tidur pada anak juga bisa disebabkan oleh faktor lain, seperti terlalu banyak minum kafein atau kurang olahraga. Tapi, kalau anak tiba-tiba mengalami gangguan tidur tanpa sebab yang jelas, sebaiknya orang tua waspada dan mencari tahu penyebabnya.

Gangguan Makan

Anak yang tiba-tiba kehilangan nafsu makan atau malah makan berlebihan bisa jadi pertanda stres. Soalnya, stres bisa mempengaruhi hormon yang mengatur nafsu makan.

Gangguan makan pada anak juga bisa disebabkan oleh faktor lain, seperti masalah pencernaan atau gangguan makan. Tapi, kalau anak tiba-tiba mengalami gangguan makan tanpa sebab yang jelas, sebaiknya orang tua waspada dan mencari tahu penyebabnya.

Sakit Fisik

Si Kecil sering mengeluh sakit perut, sakit kepala, atau capek padahal nggak ada penyebab yang jelas? Wah, bisa jadi itu tanda stres pada anak!

Soalnya, saat anak stres, hormon kortisol dalam tubuhnya meningkat. Hormon ini bisa bikin sistem kekebalan tubuh melemah, sehingga anak jadi lebih mudah sakit.

Regresi

Anak yang sudah bisa melakukan sesuatu dengan baik, tiba-tiba balik lagi ke perilaku yang lebih kekanak-kanakan? Misalnya, mengompol atau ngempeng jempol lagi? Hati-hati, itu bisa jadi tanda stres pada anak!

Regresi pada anak bisa terjadi karena mereka merasa tertekan atau tidak nyaman dengan suatu situasi. Misalnya, anak yang stres karena masuk sekolah baru atau karena orang tuanya bercerai, bisa jadi menunjukkan perilaku regresi sebagai cara untuk mengatasi stresnya.

Masalah Konsentrasi

Anak yang biasanya fokus dan mudah belajar, tiba-tiba jadi susah konsentrasi dan nilai akademisnya menurun? Duh, bisa jadi itu tanda stres pada anak!

Soalnya, saat anak stres, hormon kortisol dalam tubuhnya meningkat. Hormon ini bisa bikin anak sulit fokus dan susah mengingat sesuatu.

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Misteri Rambut Kusut Abadi: Kenalan Sama Sindrom Langka!

18 Mei 2024 - 14:10 WIB

Mengenal Sindrom Langka Uncombable Hair Syndrome

Bahaya Virus Keystone pada Anak: Gejala, Pencegahan, dan Penanganan

18 Mei 2024 - 12:28 WIB

Hati Hati Keystone Virus Yang Menyerang Anak Anak

Selain Bikin Tenang, Ini Manfaat Meditasi yang Bikin Tubuh Makin Sehat

18 Mei 2024 - 11:29 WIB

Bukan Hanya Bikin Tenang Ini Manfaat Meditasi Untuk Tubuh

Rahasia Kulit Glowing di Usia 20-an: Double Toning Wajib Coba!

18 Mei 2024 - 10:57 WIB

Memakai Double Toning Di Usia 20 Perlukah

Rahasia Makeup Natural Flawless, Anti Kusam Seharian!

18 Mei 2024 - 09:49 WIB

Step By Step Makeup Yang Tepat Untuk Riasan Natural

Rambut Bayi: 3 Rahasia yang Wajib Diketahui Orang Tua

18 Mei 2024 - 08:04 WIB

3 Faktor Yang Memengaruhi Jenis Rambut Bayi
Trending di Lifestyle