Menu

Mode Gelap
Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan? Rasakan Pengalaman Teknologi Terbaru di Samsung Experience Lounge Pondok Indah Golf! Bongkar Rahasia Samsung Galaxy A55, Wajib Tahu Sebelum Beli! Kamera Canggih, Samsung Galaxy A35 5G Bikin Food Photography Makin Kece!

Lifestyle · 10 Mei 2024 12:56 WIB · Waktu Baca

Tanda Lahir Bayi Berbahaya? Kenali 5 Cirinya!

Ini 5 Ciri Tanda Lahir Bayi Yang Berbahaya Perbesar


Tanda Lahir Bayi Berbahaya? Kenali 5 Cirinya!

Ligaponsel.com – Tanda lahir adalah hal yang umum terjadi pada bayi, dan umumnya tidak berbahaya. Namun, ada beberapa tanda lahir yang bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan yang serius. Berikut adalah 5 ciri tanda lahir bayi yang berbahaya:

1. Tanda lahir yang besar atau bercabang. Tanda lahir yang berukuran besar atau bercabang bisa menjadi pertanda adanya masalah dengan perkembangan pembuluh darah atau limfatik.

2. Tanda lahir yang berubah warna atau bentuk. Tanda lahir yang berubah warna atau bentuk bisa menjadi pertanda adanya kanker kulit.

3. Tanda lahir yang berbulu. Tanda lahir yang berbulu bisa menjadi pertanda adanya sindrom yang disebut nevus sebaceous. Sindrom ini dapat menyebabkan masalah kulit, mata, dan perkembangan.

4. Tanda lahir yang nyeri. Tanda lahir yang nyeri bisa menjadi pertanda adanya infeksi atau masalah saraf.

5. Tanda lahir yang terletak di area yang tidak biasa. Tanda lahir yang terletak di area yang tidak biasa, seperti di wajah atau alat kelamin, bisa menjadi pertanda adanya masalah dengan perkembangan janin.

Jika Anda melihat ada tanda lahir pada bayi Anda yang memiliki salah satu dari ciri-ciri di atas, segera konsultasikan ke dokter. Dokter akan dapat menentukan apakah tanda lahir tersebut berbahaya dan memerlukan pengobatan.

Ini 5 Ciri Tanda Lahir Bayi Yang Berbahaya

Tanda lahir yang berbahaya pada bayi bisa jadi pertanda masalah kesehatan yang serius. Kenali 5 cirinya:

  1. Ukuran besar atau bercabang
  2. Warna atau bentuk berubah
  3. Berbulu
  4. Nyeri
  5. Letak tidak biasa

Jika menemukan tanda lahir dengan ciri tersebut, segera konsultasikan ke dokter untuk penanganan yang tepat.

Ukuran besar atau bercabang

Tanda lahir yang berukuran besar atau bercabang bisa jadi pertanda adanya masalah dengan perkembangan pembuluh darah atau limfatik. Bayangkan sebuah peta jalan di mana pembuluh darah dan pembuluh limfatik adalah jalanannya. Jika jalanan ini terlalu lebar atau bercabang-cabang, bisa jadi ada masalah pada sistem transportasi tubuh bayi.

Contohnya, tanda lahir yang disebut hemangioma biasanya berwarna merah dan bisa tumbuh dengan cepat. Jika hemangioma berukuran besar atau bercabang, bisa jadi pertanda adanya masalah dengan perkembangan pembuluh darah.

Warna atau bentuk berubah

Tanda lahir yang berubah warna atau bentuk bisa jadi pertanda adanya kanker kulit. Bayangkan tanda lahir seperti sebuah lukisan. Jika lukisan itu tiba-tiba berubah warna atau bentuk, bisa jadi ada sesuatu yang salah dengan kanvasnya, yaitu kulit bayi.

Contohnya, tanda lahir yang disebut melanoma biasanya berwarna cokelat atau hitam dan bisa berubah bentuk menjadi tidak beraturan. Jika melanoma berubah warna atau bentuk, bisa jadi pertanda adanya kanker kulit.

Berbulu

Tanda lahir yang berbulu bisa jadi pertanda adanya sindrom langka yang disebut nevus sebaceous. Bayangkan tanda lahir berbulu seperti semak belukar di wajah bayi. Semak belukar ini bisa tumbuh lebat dan menutupi sebagian wajah bayi.

Selain masalah kulit, sindrom nevus sebaceous juga bisa menyebabkan masalah mata dan perkembangan. Misalnya, bayi dengan sindrom ini bisa mengalami katarak atau keterlambatan perkembangan.

Nyeri

Tanda lahir yang nyeri bisa jadi pertanda adanya infeksi atau masalah saraf. Bayangkan tanda lahir seperti sebuah balon yang terisi udara. Jika balon itu ditekan atau tertusuk, bisa terasa sakit. Begitu juga dengan tanda lahir yang nyeri, bisa jadi ada sesuatu yang menekan atau mengiritasi saraf di bawahnya.

Letak tidak biasa

Tanda lahir yang terletak di area yang tidak biasa, seperti di wajah atau alat kelamin, bisa jadi pertanda adanya masalah dengan perkembangan janin. Bayangkan sebuah rumah yang dibangun di tempat yang aneh, seperti di tengah hutan atau di atas gunung. Rumah itu mungkin terlihat tidak biasa dan bisa jadi ada masalah dengan strukturnya.

Begitu juga dengan tanda lahir yang terletak di area yang tidak biasa. Tanda lahir tersebut bisa jadi merupakan tanda adanya masalah dengan perkembangan bayi saat masih di dalam kandungan.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Jujitsu: Rahasia Tubuh Sehat dan Bugar

21 Mei 2024 - 16:31 WIB

Inilah 5 Manfaat Jujitsu Bagi Kesehatan Tubuh

Waspada! 5 Golongan Ini Rentan Alami Gangguan Irama Jantung

21 Mei 2024 - 15:14 WIB

Inilah 5 Orang Yang Berpotensi Terkena Aritmia

Waspadai 4 Penyebab Cacingan pada Anak, yuk!

21 Mei 2024 - 13:58 WIB

4 Penyebab Cacingan Alias Ascariasis Pada Anak

Waspada! Anda Berisiko Tinggi Kena Anemia Jika…

21 Mei 2024 - 12:54 WIB

Orang Yang Berpotensi Terkena Anemia Defisiensi Zat Besi Dan Folat

Benturan Kepala Berbahaya, Bisa Sebabkan Amnesia!

21 Mei 2024 - 12:03 WIB

Kepala Terbentur Tembok Bisa Sebabkan Amnesia

Fakta Penting Seputar Anemia Sel Sabit yang Wajib Diketahui

21 Mei 2024 - 10:41 WIB

Karena Genetik Anemia Sel Sabit Tidak Bisa Sembuh
Trending di Lifestyle