Jangan Asal Minum Obat Saat Demam, Ketahui Faktanya!

waktu baca 1 menit
Sabtu, 25 Mei 2024 03:03 0 11 Maira

Jangan Asal Minum Obat Saat Demam, Ketahui Faktanya!

Ligaponsel.com – Langsung minum obat saat demam, bolehkah? Jawabannya adalah tidak. Demam merupakan respons alami tubuh terhadap infeksi atau penyakit. Dengan menaikkan suhu tubuh, sistem kekebalan tubuh dapat bekerja lebih efektif untuk melawan penyebab demam. Oleh karena itu, meminum obat penurun demam justru dapat menghambat proses penyembuhan.

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk minum obat penurun demam? Obat penurun demam baru boleh diminum jika demam sudah mencapai 38,5 derajat Celsius atau lebih. Pada suhu tersebut, demam dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang signifikan, seperti sakit kepala, nyeri otot, dan mual.

Jika Anda mengalami demam, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meredakan gejalanya tanpa harus minum obat, yaitu:

  • Istirahat yang cukup
  • Minum banyak cairan
  • Kompres dengan air hangat
  • Mandi air hangat

Jika demam tidak kunjung turun setelah melakukan cara-cara di atas, atau jika demam disertai dengan gejala lain seperti sakit kepala parah, nyeri otot, atau mual, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Langsung Minum Obat Saat Demam Bolehkah

Saat demam, tubuh sedang melawan infeksi. Jangan langsung minum obat, karena dapat menghambat penyembuhan.

Kapan boleh minum obat? Jika demam tinggi (38,5 derajat Celsius atau lebih) dan tidak turun dengan cara alami (istirahat, minum banyak cairan, kompres air hangat).