Menu

Mode Gelap
Samsung A35 5G Resmi Meluncur, Simak Harga dan Spesifikasi Gaharnya! Panduan Lengkap Setting Kamera Samsung S24 Ultra buat Rekam Konser Bruno Mars di Thailand Bocoran Samsung Galaxy Z Fold 6: Tipis, Kamera 200 MP, Bakal Hajar Pesaing! Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan?

Lifestyle · 10 Mei 2024 22:34 WIB · Waktu Baca

6 Alternatif Daging Lezat yang Bikin Vegetarian Makin Sehat

6 Makanan Pengganti Daging Bagi Vegetarian Perbesar


6 Alternatif Daging Lezat yang Bikin Vegetarian Makin Sehat

Ligaponsel.com – Makanan sebagai sumber energi berperan penting dalam menunjang aktivitas sehari-hari. Namun, bagi sebagian orang, mengonsumsi makanan berbahan dasar hewani menjadi sebuah pantangan. Nah, buat kamu yang vegetarian atau ingin mengurangi konsumsi daging, berikut adalah 6 makanan pengganti daging yang bisa kamu coba:

1. Tempe

Tempe merupakan makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi. Makanan ini kaya akan protein, serat, dan zat besi, sehingga bisa menjadi pengganti daging yang baik bagi para vegetarian.

2. Tahu

Tahu juga terbuat dari kacang kedelai, namun proses pembuatannya berbeda dengan tempe. Tahu memiliki tekstur yang lebih lembut dan halus, serta mengandung protein dan kalsium yang tinggi.

3. Edamame

Edamame adalah kacang kedelai yang masih muda dan biasanya direbus atau dikukus. Makanan ini kaya akan protein, serat, dan vitamin K, sehingga cocok dikonsumsi sebagai pengganti daging.

4. Seitan

Seitan merupakan makanan yang terbuat dari protein gandum. Teksturnya yang kenyal menyerupai daging, sehingga sering digunakan sebagai pengganti daging dalam berbagai masakan.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hitam, dan kacang lentil merupakan sumber protein nabati yang baik. Makanan ini juga kaya akan serat, zat besi, dan vitamin.

6. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan brokoli mengandung protein dan zat besi yang cukup tinggi. Meskipun kandungan proteinnya tidak sebanyak kacang-kacangan atau kedelai, sayuran hijau tetap bisa menjadi penambah protein bagi para vegetarian.

6 Makanan Pengganti Daging Bagi Vegetarian

Buat kamu yang vegetarian atau ingin mengurangi konsumsi daging, berikut adalah 6 makanan pengganti daging yang bisa kamu coba:

  • Tempe: Kaya protein, serat, zat besi
  • Tahu: Protein, kalsium tinggi
  • Edamame: Protein, serat, vitamin K
  • Seitan: Tekstur kenyal seperti daging
  • Kacang-kacangan: Sumber protein nabati
  • Sayuran Hijau: Protein, zat besi

Keenam makanan ini memiliki kandungan nutrisi yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan protein bagi para vegetarian. Selain itu, makanan ini juga mudah diolah dan dapat diolah menjadi berbagai masakan yang lezat.

Tempe

Tempe, makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi, menjadi pilihan tepat bagi para vegetarian karena kandungan proteinnya yang tinggi. Dalam 100 gram tempe, terdapat sekitar 18 gram protein, bahkan lebih tinggi dari telur! Selain itu, tempe juga kaya akan serat dan zat besi, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah anemia.

Tekstur tempe yang kenyal dan rasanya yang gurih membuatnya mudah diolah menjadi berbagai masakan. Tempe dapat digoreng, dikukus, atau direbus sesuai selera. Kamu bisa mengolah tempe menjadi tempe orek, tempe mendoan, atau capcay tempe yang lezat.

Tahu

Selain tempe, tahu juga menjadi pilihan tepat bagi para vegetarian karena kandungan proteinnya yang tinggi. Dalam 100 gram tahu, terdapat sekitar 8 gram protein, serta kalsium yang tinggi untuk menjaga kesehatan tulang.

Tekstur tahu yang lembut dan rasanya yang netral membuatnya mudah diolah menjadi berbagai masakan. Tahu dapat digoreng, dikukus, atau direbus sesuai selera. Kamu bisa mengolah tahu menjadi tahu goreng, tahu gejrot, atau tahu sutra yang lezat.

Edamame

Edamame, kacang kedelai muda yang masih dalam polong, menjadi camilan sehat sekaligus pengganti daging yang baik bagi para vegetarian. Dalam 100 gram edamame, terdapat sekitar 11 gram protein, serta serat dan vitamin K yang tinggi. Kandungan nutrisi ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, tulang, dan sistem pencernaan.

Edamame dapat diolah dengan cara direbus atau dikukus. Kamu bisa menikmatinya sebagai camilan atau menambahkannya ke dalam masakan seperti salad, tumisan, atau sup.

Seitan

Buat kamu yang kangen makan daging tapi lagi pengen makan sehat, seitan bisa jadi pilihan tepat. Makanan yang terbuat dari protein gandum ini punya tekstur yang kenyal banget, mirip kayak daging. Jadi, kamu bisa olah seitan jadi berbagai masakan yang biasanya pakai daging, kayak rendang, semur, atau sate.

Kacang-kacangan

Buat kamu yang vegetarian, kacang-kacangan adalah sumber protein nabati yang juara banget. Ada banyak jenis kacang-kacangan yang bisa kamu pilih, seperti kacang merah, kacang hitam, kacang lentil, dan kacang tanah. Kacang-kacangan ini nggak cuma tinggi protein, tapi juga kaya serat, zat besi, dan vitamin. Jadi, selain bikin kenyang, kacang-kacangan juga bagus buat kesehatan kamu.

Kamu bisa olah kacang-kacangan jadi berbagai masakan yang lezat. Misalnya, kamu bisa bikin sup kacang merah, kari kacang hitam, atau salad kacang lentil. Kacang-kacangan juga bisa kamu tambahkan ke dalam tumisan atau dijadikan isian roti.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kenali Gejala dan Waspadai Penularan Infeksi Chlamydia

24 Mei 2024 - 16:03 WIB

Begini Penularan Infeksi Chlamydia Dari Tubuh Ke Tubuh

Rahasia di Balik Gigitan Nyamuk Chikungunya yang Menakutkan

24 Mei 2024 - 15:04 WIB

Yang Terjadi Jika Kena Gigitan Nyamuk Chikungunya

Waspadai! 5 Gejala Penyakit Crohn yang Tak Boleh Disepelekan

24 Mei 2024 - 13:53 WIB

Lebih Sehat Waspadai 5 Tanda Crohns Disease Ini

Waspada! Kolangitis: 5 Komplikasi Berbahaya yang Mengintai

24 Mei 2024 - 13:23 WIB

Inilah 5 Penyakit Komplikasi Akibat Cholangitis

5 Penyakit Berbahaya yang Mengintai Akibat Lingkungan Tidak Steril

24 Mei 2024 - 11:28 WIB

Enggak Steril Ini 5 Penyakit Akibat Bakteri

Geger! Penyakit Crohn Ternyata Picu Kanker Usus Besar, Waspadalah!

24 Mei 2024 - 10:24 WIB

Waspadai Crohn Penyakit Yang Bisa Meningkatkan Komplikasi Berbahaya
Trending di Lifestyle