Menu

Mode Gelap
Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan? Rasakan Pengalaman Teknologi Terbaru di Samsung Experience Lounge Pondok Indah Golf! Bongkar Rahasia Samsung Galaxy A55, Wajib Tahu Sebelum Beli! Kamera Canggih, Samsung Galaxy A35 5G Bikin Food Photography Makin Kece!

Lifestyle · 10 Mei 2024 04:55 WIB · Waktu Baca

Rahasia Wajah Mulus: 5 Kebiasaan yang Bikin Pori-pori Besar dan Cara Mengatasinya

5 Kebiasaan Yang Bikin Pori Pori Besar Dan Cara Mengatasinya Perbesar


Rahasia Wajah Mulus: 5 Kebiasaan yang Bikin Pori-pori Besar dan Cara Mengatasinya

Ligaponsel.com – 5 Kebiasaan Yang Bikin Pori-pori Besar dan Cara Mengatasinya

Halo, para pembaca setia Ligaponsel! Kali ini, kita akan membahas masalah kulit yang cukup mengganggu, yaitu pori-pori besar. Pori-pori besar dapat membuat wajah terlihat kusam dan tidak mulus. Nah, tahukah kamu bahwa ada beberapa kebiasaan yang bisa memperbesar pori-pori wajah? Yuk, simak ulasan berikut ini!

5 Kebiasaan yang Bikin Pori-pori Besar

  1. Tidak Membersihkan Wajah Secara Teratur

Membersihkan wajah secara teratur adalah kunci untuk menjaga kesehatan kulit. Jika kamu tidak membersihkan wajah dengan baik, kotoran, minyak, dan sel kulit mati akan menumpuk di pori-pori dan membuatnya terlihat lebih besar.

Menggunakan Produk Perawatan Kulit yang Tidak Sesuai

Setiap jenis kulit membutuhkan produk perawatan kulit yang berbeda. Jika kamu menggunakan produk yang tidak sesuai dengan jenis kulitmu, dapat menyebabkan iritasi dan peradangan, yang pada akhirnya dapat memperbesar pori-pori.

Terlalu Sering Mengeksfoliasi Kulit

Eksfoliasi memang penting untuk mengangkat sel kulit mati. Namun, terlalu sering mengeksfoliasi kulit dapat merusak lapisan pelindung kulit dan membuat pori-pori terlihat lebih besar.

Memencet Jerawat

Memencet jerawat dapat menyebabkan peradangan dan jaringan parut. Jaringan parut tersebut dapat membuat permukaan kulit tidak rata dan pori-pori terlihat lebih besar.

Merokok

Merokok dapat merusak kolagen dan elastin di kulit, sehingga membuat kulit kehilangan elastisitas dan pori-pori terlihat lebih besar.

Cara Mengatasi Pori-pori Besar

  1. Membersihkan Wajah Secara Teratur

Bersihkan wajah dua kali sehari dengan pembersih yang sesuai dengan jenis kulitmu. Gunakan air hangat dan pijat wajah dengan gerakan memutar.

Menggunakan Produk Perawatan Kulit yang Sesuai

Konsultasikan dengan dokter kulit untuk menentukan jenis kulitmu dan produk perawatan kulit yang tepat. Pilih produk yang mengandung bahan-bahan yang dapat mengecilkan pori-pori, seperti asam salisilat atau retinol.

Mengeksfoliasi Kulit Secara Teratur

Eksfoliasi kulit 1-2 kali seminggu untuk mengangkat sel kulit mati. Gunakan scrub yang lembut dan hindari menggosok kulit terlalu keras.

Hindari Memencet Jerawat

Jika kamu memiliki jerawat, jangan memencetnya. Gunakan obat jerawat yang dijual bebas atau konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Berhenti Merokok

Berhenti merokok adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan kulit dan mengecilkan pori-pori.

Dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan yang dapat memperbesar pori-pori dan melakukan cara-cara untuk mengatasinya, kamu bisa mendapatkan kulit yang lebih halus dan mulus. Selamat mencoba!

5 Kebiasaan Bikin Pori Besar dan Cara Atasinya

Untuk wajah mulus bebas pori besar, hindari kebiasaan berikut:

  1. Cuci Muka Teratur
  2. Pakai Produk Sesuai Kulit
  3. Jangan Eksfoliasi Berlebihan
  4. Hindari Pencet Jerawat
  5. Jauhi Rokok

Lakukan juga cara ini untuk mengecilkan pori:

  1. Bersihkan Wajah Rutin
  2. Pakai Produk yang Tepat
  3. Eksfoliasi Secukupnya
  4. Jangan Pencet Jerawat
  5. Berhenti Merokok

Dengan menghindari kebiasaan buruk dan melakukan perawatan yang tepat, pori-pori besar dapat diatasi, wajah pun jadi lebih halus dan bebas kusam.

Cuci Muka Teratur

Rajin cuci muka itu wajib hukumnya buat yang pengen wajah mulus bebas pori besar. Kotoran, minyak, dan sel kulit mati yang menumpuk di wajah bisa bikin pori-pori tersumbat dan kelihatan makin gede. Makanya, cuci muka dua kali sehari pakai pembersih yang cocok sama jenis kulitmu, ya!

Pakai Produk Sesuai Kulit

Jangan asal pilih produk perawatan kulit, ya! Soalnya, setiap jenis kulit punya kebutuhan yang beda-beda. Kalo kamu salah pilih produk, bukannya pori-pori mengecil, yang ada malah kulitmu jadi iritasi dan pori-pori makin gede. Makanya, kenali dulu jenis kulitmu dan pilih produk yang diformulasikan khusus buat jenis kulitmu. Misalnya, buat kulit berminyak, pilih produk yang mengandung asam salisilat atau retinol. Buat kulit kering, pilih produk yang mengandung hyaluronic acid atau ceramides.

Jangan Eksfoliasi Berlebihan

Eksfoliasi itu penting buat mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di wajah. Tapi, jangan kebanyakan eksfoliasi, ya! Soalnya, eksfoliasi yang berlebihan bisa bikin lapisan pelindung kulit rusak dan pori-pori jadi makin kelihatan besar. Cukup eksfoliasi 1-2 kali seminggu aja pakai scrub yang lembut dan jangan digosok terlalu keras.

Hindari Pencet Jerawat

Jerawat memang menggoda untuk dipencet, tapi tahan dulu ya! Memencet jerawat bisa bikin kulit jadi meradang dan meninggalkan bekas luka. Bekas luka ini bisa bikin permukaan kulit jadi nggak rata dan pori-pori terlihat lebih besar. Jadi, kalau kamu punya jerawat, lebih baik diobati aja pakai obat jerawat yang dijual bebas atau konsultasi ke dokter kulit biar dapat perawatan yang tepat.

Jauhi Rokok

Buat yang masih merokok, yuk mulai kurangi atau bahkan berhenti sama sekali! Asap rokok mengandung zat-zat berbahaya yang bisa merusak kolagen dan elastin di kulit. Kolagen dan elastin ini penting banget buat menjaga kekenyalan kulit. Kalau rusak, kulit jadi kehilangan elastisitasnya dan pori-pori pun terlihat lebih gede.

Bersihkan Wajah Rutin

Rajin cuci muka tuh wajib banget buat yang pengen wajah mulus bebas pori-pori besar! Kotoran, minyak, dan sel kulit mati yang menumpuk di wajah bisa bikin pori-pori tersumbat dan keliatan makin gede. Makanya, cuci muka dua kali sehari pakai sabun cuci muka yang cocok sama jenis kulitmu, ya!

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Enggak Punya Puting? Jangan Panik, Ini Rahasianya!

22 Mei 2024 - 03:58 WIB

Enggak Memiliki Puting Alias Athelia Berbahayakah

Pengungkap Baru: Sakit Pinggang Bisa Jadi Alarm Batu Kandung Kemih

22 Mei 2024 - 03:34 WIB

Sakit Pinggang Tanda Sakit Batu Kandung Kemih

Ascaris alias Cacing Gelang, Waspada Infeksi Usus yang Membahayakan!

22 Mei 2024 - 02:23 WIB

Ini Penyebab Ascariasis Alias Infeksi Cacing Gelang

Rahasia Dibalik Kulit Sensitif Bayi: Penyebab Biang Keringat yang Wajib Diketahui

22 Mei 2024 - 00:33 WIB

Ini Alasan Anak Mudah Kena Biang Keringat

Batuk Berkepanjangan? Waspada Tanda Penyakit Serius!

21 Mei 2024 - 23:39 WIB

Batuk Rejan Bisa Tanda 4 Penyakit Serius

Terungkap! 11 Rahasia Penyebab Jantung Berdebar Tak Terduga

21 Mei 2024 - 22:57 WIB

11 Hal Yang Bisa Menyebabkan Aritmia
Trending di Lifestyle