Menu

Mode Gelap
Smartphone Canggih dengan Galaxy AI, Temukan Pilihan Terbaik! Kamera Samsung Galaxy A55 Mampu Ambil Foto Malam Hari yang Menakjubkan di SCBD! Samsung Galaxy A55 5G: Kejutan Spesifikasi dan Harga di Indonesia Samsung Galaxy S6 Lite 2024 Diam-diam Meluncur, Bawa Chipset Gahar! Samsung A35 5G Resmi Meluncur, Simak Harga dan Spesifikasi Gaharnya! Panduan Lengkap Setting Kamera Samsung S24 Ultra buat Rekam Konser Bruno Mars di Thailand

Lifestyle · 10 Mei 2024 19:25 WIB · Waktu Baca

Bahaya Tersembunyi MPASI Sebelum 6 Bulan yang Wajib Diketahui Orang Tua

Bahaya Mpasi Sebelum Usia 6 Bulan Perbesar


Bahaya Tersembunyi MPASI Sebelum 6 Bulan yang Wajib Diketahui Orang Tua

Ligaponsel.com – Bahaya Pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) Sebelum Usia 6 Bulan

Pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) sebelum usia 6 bulan dapat membahayakan kesehatan bayi. Berikut beberapa bahaya yang perlu diwaspadai:

  1. Alergi dan intoleransi makanan. Sistem pencernaan bayi belum sepenuhnya berkembang sebelum usia 6 bulan, sehingga pemberian MPASI dapat memicu alergi atau intoleransi makanan.
  2. Gangguan pencernaan. MPASI yang diberikan sebelum usia 6 bulan dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti sembelit, diare, dan kembung.
  3. Kekurangan nutrisi. MPASI yang diberikan sebelum usia 6 bulan belum dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bayi secara optimal. Hal ini dapat menyebabkan kekurangan nutrisi yang berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan bayi.
  4. Peningkatan risiko infeksi. Sistem kekebalan tubuh bayi belum sepenuhnya berkembang sebelum usia 6 bulan, sehingga pemberian MPASI dapat meningkatkan risiko infeksi.
  5. Penurunan produksi ASI. Pemberian MPASI sebelum usia 6 bulan dapat menurunkan produksi ASI, karena bayi akan lebih kenyang dan tidak menyusu sesering sebelumnya.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memberikan MPASI sesuai dengan anjuran dokter atau ahli gizi. Pemberian MPASI sebelum usia 6 bulan hanya boleh dilakukan jika ada indikasi medis tertentu.

Sumber:

  • Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
  • World Health Organization (WHO)
  • National Library of Medicine (NLM)

Bahaya Pemberian MPASI Sebelum Usia 6 Bulan

Pemberian MPASI sebelum usia 6 bulan dapat membahayakan kesehatan bayi. Berikut 5 aspek penting yang perlu diperhatikan:

  1. Alergi dan intoleransi makanan
  2. Gangguan pencernaan
  3. Kekurangan nutrisi
  4. Peningkatan risiko infeksi
  5. Penurunan produksi ASI

Kelima aspek ini saling berkaitan dan dapat berdampak negatif pada kesehatan bayi. Misalnya, pemberian MPASI sebelum usia 6 bulan dapat meningkatkan risiko alergi makanan, yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan kekurangan nutrisi. Selain itu, penurunan produksi ASI akibat pemberian MPASI sebelum usia 6 bulan dapat memperburuk risiko infeksi pada bayi.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memberikan MPASI sesuai dengan anjuran dokter atau ahli gizi. Pemberian MPASI sebelum usia 6 bulan hanya boleh dilakukan jika ada indikasi medis tertentu.

Alergi dan intoleransi makanan

Siapa sangka, pemberian MPASI dini bisa bikin si kecil alergi sama makanan tertentu? Soalnya, sistem pencernaan bayi masih belum siap menerima makanan selain ASI. Jadinya, kalau dikasih MPASI terlalu cepat, zat-zat asing dalam makanan bisa masuk ke aliran darah dan micu alergi. Ngeri, kan?

Selain alergi, intoleransi makanan juga mengintai bayi yang dikasih MPASI dini. Intoleransi itu artinya tubuh bayi nggak bisa mencerna makanan tertentu dengan baik. Akibatnya, si kecil bisa mengalami masalah pencernaan, seperti kembung, sembelit, atau diare. Duh, kasian banget, ya?

Gangguan pencernaan

Si kecil dikasih MPASI sebelum usia 6 bulan? Awas, gangguan pencernaan mengintai! Soalnya, sistem pencernaan bayi yang masih belum matang belum siap menerima makanan padat. Akibatnya, MPASI yang masuk bisa memicu masalah pencernaan, seperti sembelit, diare, atau kembung. Nggak tega lihat si kecil rewel karena perutnya nggak nyaman, kan?

Kekurangan nutrisi

Siapa sangka, ngasih MPASI ke bayi sebelum usia 6 bulan bisa bikin si kecil kekurangan nutrisi? Soalnya, ASI aja udah cukup memenuhi semua kebutuhan nutrisi bayi sampai usianya 6 bulan. Kalau dikasih MPASI terlalu cepat, justru bisa ngganggu penyerapan nutrisi dari ASI. Akibatnya, si kecil bisa tumbuh kembangnya terhambat. Nggak mau kan, si kecil stunting?

Peningkatan risiko infeksi

Bayi yang dikasih MPASI sebelum usia 6 bulan rentan terkena infeksi. Soalnya, sistem kekebalan tubuh mereka belum kuat buat ngelawan kuman penyakit. MPASI yang masuk bisa jadi sarang kuman yang bikin bayi gampang sakit. Nggak mau kan, si kecil bolak-balik ke dokter karena sakit?

Penurunan produksi ASI

Selain bahaya-bahaya yang udah disebutkan sebelumnya, ngasih MPASI ke bayi sebelum usia 6 bulan juga bisa ngurangin produksi ASI. Soalnya, kalau bayi udah dikasih MPASI, mereka jadi lebih kenyang dan nggak mau nyusu senya lagi. Akibatnya, produksi ASI bisa menurun drastis. Padahal, ASI itu penting banget buat tumbuh kembang bayi.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Rahasia Mengatasi Selaput Mata yang Mengganggu, Bye Penglihatan Kabur!

27 Mei 2024 - 14:37 WIB

Perlu Tahu Cara Atasi Selaput Yang Tumbuh Di Mata

Rahasia Kulit Bebas Minyak, Yuk Konsumsi 6 Makanan Ini!

27 Mei 2024 - 13:04 WIB

Inilah 6 Makanan Yang Ampuh Cegah Kulit Berminyak

Bahaya Asap Rokok! Risiko Bronkitis Mengintai di Tempat Umum

27 Mei 2024 - 11:28 WIB

Menghirup Asap Rokok Di Tempat Umum Tingkatkan Risiko Bronkitis

Terbongkar! Ini 7 Alasan Bayi dan Anak Lebih Rentan Bronkiolitis

27 Mei 2024 - 11:03 WIB

7 Alasan Anak Anak Lebih Rentan Terkena Bronkiolitis

Panduan Lengkap: Mengapa Wanita Lebih Sering Baper Saat Jatuh Cinta

27 Mei 2024 - 08:59 WIB

Kenapa Wanita Lebih Sering Baper Saat Jatuh Cinta

Rahasia Kulit Sehat Remaja: 4 Produk Kecantikan Aman yang Bikin Kamu Glowing!

27 Mei 2024 - 08:42 WIB

Ini 4 Produk Kecantikan Yang Aman Untuk Remaja
Trending di Lifestyle