Awas! Jangan Makan Tiram Mentah, Bisa Berujung Fatal

waktu baca 2 menit
Senin, 13 Mei 2024 22:52 0 6 Nindi

Awas! Jangan Makan Tiram Mentah, Bisa Berujung Fatal


Ligaponsel.com – Alasan Tiram Enggak Boleh Dimakan Mentah

Tiram merupakan salah satu makanan laut yang banyak digemari orang. Namun, banyak yang belum tahu bahwa tiram tidak boleh dimakan mentah. Ada beberapa alasan mengapa tiram tidak boleh dimakan mentah, di antaranya:

  1. Adanya bakteri dan virus. Tiram hidup di lingkungan yang banyak mengandung bakteri dan virus. Jika tiram dimakan mentah, bakteri dan virus tersebut dapat masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit, seperti diare, muntah, dan kram perut.
  2. Kandungan logam berat. Tiram juga dapat mengandung logam berat, seperti merkuri dan timbal. Logam berat ini dapat menumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti gangguan saraf, kerusakan ginjal, dan kanker.
  3. Alergi. Beberapa orang alergi terhadap tiram. Jika seseorang yang alergi terhadap tiram mengonsumsi tiram mentah, dapat terjadi reaksi alergi yang parah, bahkan mengancam jiwa.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memasak tiram sebelum dimakan. Dengan memasak tiram, bakteri dan virus yang ada di dalamnya akan mati. Selain itu, memasak tiram juga dapat mengurangi kandungan logam berat di dalamnya.

Jadi, jika Anda ingin menikmati tiram, pastikan untuk memasaknya terlebih dahulu. Jangan makan tiram mentah, karena dapat berbahaya bagi kesehatan Anda.

Alasan Tiram Enggak Boleh Dimakan Mentah

Makan tiram mentah memang menggoda, tapi tahan dulu! Ada beberapa alasan penting kenapa kamu nggak boleh ngelakuin itu.

Pertama, tiram bisa jadi sarang bakteri dan virus berbahaya. Kalo kamu makan tiram mentah, bakteri dan virus ini bisa masuk ke tubuh kamu dan bikin kamu sakit perut, muntah, atau bahkan lebih parah.

Kedua, tiram juga bisa mengandung logam berat, seperti merkuri dan timbal. Logam berat ini bisa menumpuk di tubuh kamu dan menyebabkan masalah kesehatan yang serius, seperti gangguan saraf, kerusakan ginjal, dan kanker.

Ketiga, ada orang yang alergi terhadap tiram. Kalo kamu alergi tiram, makan tiram mentah bisa memicu reaksi alergi yang parah, bahkan mengancam jiwa.

Jadi, demi kesehatan kamu, masak dulu tiram sebelum dimakan. Dengan memasak tiram, bakteri dan virus yang ada di dalamnya akan mati. Selain itu, memasak tiram juga bisa mengurangi kandungan logam berat di dalamnya.