Rahasia Tersembunyi: Kebiasaan yang Tak Terduga dan Berbahaya untuk Bayi Baru Lahir

waktu baca 2 menit
Rabu, 29 Mei 2024 06:29 0 7 Nindi

Rahasia Tersembunyi: Kebiasaan yang Tak Terduga dan Berbahaya untuk Bayi Baru Lahir

Ligaponsel.com – Kebiasaan Ini Bisa Menyebabkan Bayi Yang Baru Lahir Tertular Penyakit Berbahaya

Sebagai orang tua baru, tentu Anda ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati Anda. Salah satunya adalah dengan menjaga kesehatannya. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan bayi baru lahir tertular penyakit berbahaya? Berikut ini penjelasannya.

1. Tidak Mencuci Tangan

Tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang paling banyak bersentuhan dengan benda-benda di sekitar. Oleh karena itu, tangan bisa menjadi tempat berkumpulnya kuman dan bakteri. Jika Anda tidak mencuci tangan sebelum menyentuh bayi, kuman dan bakteri tersebut bisa berpindah ke bayi dan menyebabkan penyakit.

2. Tidak Membersihkan Botol Susu dan Dot

Botol susu dan dot merupakan tempat yang ideal bagi kuman dan bakteri untuk berkembang biak. Jika tidak dibersihkan dengan benar, kuman dan bakteri tersebut bisa masuk ke dalam tubuh bayi dan menyebabkan penyakit seperti diare, muntah, dan kembung.

3. Memberikan ASI yang Tidak Sehat

ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi. Namun, jika ibu memiliki infeksi, ASI yang diberikan bisa menjadi sumber penularan penyakit bagi bayi. Oleh karena itu, ibu yang sedang sakit sebaiknya memerah ASI dan memberikannya kepada bayi melalui botol.

4. Tidak Menjaga Kebersihan Lingkungan

Lingkungan yang kotor bisa menjadi tempat berkembang biaknya kuman dan bakteri. Jika bayi berada di lingkungan yang kotor, ia bisa menghirup kuman dan bakteri tersebut dan terkena penyakit seperti infeksi saluran pernapasan, diare, dan muntah.

5. Tidak Melakukan Imunisasi

Imunisasi merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah penyakit pada bayi. Vaksin yang diberikan saat imunisasi akan memberikan perlindungan terhadap penyakit tertentu. Jika bayi tidak diimunisasi, ia berisiko tinggi terkena penyakit-penyakit tersebut.

Itulah beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan bayi baru lahir tertular penyakit berbahaya. Dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan tersebut, Anda bisa membantu menjaga kesehatan bayi Anda dan memberikannya masa depan yang lebih cerah.

Kebiasaan Ini Bisa Menyebabkan Bayi Yang Baru Lahir Tertular Penyakit Berbahaya

Sebagai orang tua baru, tentu Anda ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati Anda. Salah satunya adalah dengan menjaga kesehatannya. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan bayi baru lahir tertular penyakit berbahaya? Berikut ini 6 aspek penting yang perlu Anda ketahui:

– Mencuci tangan- Membersihkan botol susu- Memberikan ASI sehat- Menjaga kebersihan lingkungan- Melakukan imunisasi- Menghindari asap rokok

Dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan tersebut, Anda bisa membantu menjaga kesehatan bayi Anda dan memberikannya masa depan yang lebih cerah.