Menu

Mode Gelap
Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan? Rasakan Pengalaman Teknologi Terbaru di Samsung Experience Lounge Pondok Indah Golf! Bongkar Rahasia Samsung Galaxy A55, Wajib Tahu Sebelum Beli! Kamera Canggih, Samsung Galaxy A35 5G Bikin Food Photography Makin Kece!

News · 9 Mei 2024 20:26 WIB · Waktu Baca

Waspada! 5 Penyakit yang Mengintai di Usia Senja

5 Risiko Penyakit Seiring Bertambahnya Usia Perbesar


Waspada! 5 Penyakit yang Mengintai di Usia Senja


Ligaponsel.com – Penyakit merupakan hal yang menakutkan bagi semua orang, terlebih lagi ketika usia terus bertambah. Ada banyak risiko penyakit yang mengintai seiring bertambahnya usia. Berikut ini adalah lima risiko penyakit yang paling umum terjadi pada orang lanjut usia:

1. Penyakit jantung: Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian pada orang lanjut usia. Risiko penyakit jantung meningkat seiring bertambahnya usia karena faktor-faktor seperti penumpukan plak di arteri, tekanan darah tinggi, dan kadar kolesterol tinggi.

2. Kanker: Risiko kanker juga meningkat seiring bertambahnya usia. Beberapa jenis kanker yang paling umum terjadi pada orang lanjut usia antara lain kanker paru-paru, kanker payudara, dan kanker prostat.

3. Osteoporosis: Osteoporosis adalah suatu kondisi di mana tulang menjadi lemah dan rapuh. Kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita lanjut usia dan dapat meningkatkan risiko patah tulang.

4. Demensia: Demensia adalah suatu kondisi yang menyebabkan penurunan fungsi kognitif, seperti memori, berpikir, dan penalaran. Risiko demensia meningkat seiring bertambahnya usia, dan penyakit Alzheimer merupakan jenis demensia yang paling umum.

5. Infeksi: Orang lanjut usia lebih rentan terhadap infeksi karena sistem kekebalan tubuh mereka yang melemah. Beberapa infeksi yang paling umum terjadi pada orang lanjut usia antara lain pneumonia, infeksi saluran kemih, dan infeksi kulit.

Penting untuk menjaga kesehatan yang baik seiring bertambahnya usia untuk mengurangi risiko penyakit-penyakit ini. Langkah-langkah yang dapat diambil antara lain makan makanan sehat, berolahraga secara teratur, tidak merokok, dan mengelola stres.

5 Risiko Penyakit Seiring Bertambahnya Usia

Seiring bertambahnya usia, tubuh kita mengalami perubahan yang dapat meningkatkan risiko kita terkena penyakit tertentu. Berikut adalah lima risiko penyakit yang paling umum terjadi pada orang lanjut usia:

  1. Penyakit jantung
  2. Kanker
  3. Osteoporosis
  4. Demensia
  5. Infeksi

Penting untuk menjaga kesehatan yang baik seiring bertambahnya usia untuk mengurangi risiko penyakit-penyakit ini. Langkah-langkah yang dapat diambil antara lain makan makanan sehat, berolahraga secara teratur, tidak merokok, dan mengelola stres.

Penyakit-penyakit ini dapat berdampak signifikan pada kualitas hidup kita, sehingga penting untuk memahaminya dan mengambil langkah-langkah untuk mencegah atau mengobatinya. Dengan menjaga kesehatan yang baik, kita dapat mengurangi risiko penyakit-penyakit ini dan menikmati hidup yang panjang dan sehat.

Penyakit jantung

Penyakit jantung adalah momok menakutkan yang mengancam para lanjut usia. Seiring bertambahnya usia, jantung kita bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Akibatnya, pembuluh darah kita bisa menyempit dan mengeras, yang menyebabkan peningkatan tekanan darah dan risiko serangan jantung atau stroke.

Tapi jangan khawatir! Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan jantung seiring bertambahnya usia. Makan makanan sehat, berolahraga secara teratur, dan mengelola stres adalah beberapa cara ampuh untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Kanker

Siapa sangka sel-sel nakal bisa berpesta di dalam tubuh kita seiring bertambahnya usia? Ya, kanker adalah penyakit yang menakutkan yang bisa menyerang siapa saja, terutama para lanjut usia. Sel-sel nakal ini tumbuh tidak terkendali dan bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Tapi tenang saja, kita bisa melawan sel-sel nakal ini dengan gaya hidup sehat! Makan makanan bergizi, olahraga teratur, dan istirahat cukup adalah senjata ampuh untuk mengurangi risiko kanker.

Osteoporosis

Siapa sangka tulang kita bisa jadi rapuh seiring bertambahnya usia? Osteoporosis mengintai para lanjut usia, membuat tulang keropos dan mudah patah. Tapi jangan khawatir, kita bisa lawan osteoporosis dengan gaya hidup sehat! Konsumsi makanan kaya kalsium dan vitamin D, serta olahraga teratur, adalah kunci untuk menjaga tulang tetap kuat.

Demensia

Pikun itu biasa terjadi seiring bertambahnya usia. Tapi kalau pikunnya udah parah, hati-hati, bisa jadi demensia! Penyakit ini bikin ingatan kita kabur, susah berpikir, dan nggak bisa ngapa-ngapain sendiri.

Tapi tenang aja, kita bisa jaga otak kita tetap sehat dengan cara:

  • Rajin olahraga
  • Makan makanan sehat
  • Latih terus otak kita

Infeksi

Seiring bertambahnya usia, tubuh kita tidak sekuat dulu. Sistem kekebalan tubuh kita melemah, membuat kita lebih mudah terserang infeksi. Infeksi ini bisa berupa pilek, flu, pneumonia, atau infeksi saluran kemih.

Penting untuk menjaga kesehatan yang baik seiring bertambahnya usia untuk mengurangi risiko infeksi. Makan makanan sehat, berolahraga secara teratur, dan istirahat cukup adalah beberapa cara ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Terungkap! Fakta Baru Tentang Manfaat Payung Saat Cuaca Panas

21 Mei 2024 - 17:25 WIB

Perlukah Pakai Payung Saat Cuaca Panas

Olahraga Air Rahasia Untuk Otot Lengan Kekar Ala Asian Games

21 Mei 2024 - 16:39 WIB

Ini Olahraga Air Ala Asian Games Untuk Latih Otot Lengan

Temukan Rahasia Olahraga yang Bikin Otot Tangan Kekar dan Jago!

21 Mei 2024 - 15:13 WIB

Menembak Dan Memanah Mana Yang Paling Tepat Untuk Otot Tangan

5 Duel Sengit Olahraga Fisik Pamungkas di Asian Games

21 Mei 2024 - 14:27 WIB

Ini 5 Olahraga Adu Fisik Di Ajang Asian Games

Modern Pentathlon: Olahraga Serba Bisa yang Menantang di Asian Games

21 Mei 2024 - 13:18 WIB

Modern Pentathlon Ajang Olahraga Serba Bisa Di Asian Games

Rahasia Kulit Glowing: Urutan Skincare yang Tepat, Dijamin Ampuh!

21 Mei 2024 - 11:36 WIB

8 Urutan Penggunaan Skincare Yang Benar
Trending di News