Menu

Mode Gelap
Samsung A35 5G Resmi Meluncur, Simak Harga dan Spesifikasi Gaharnya! Panduan Lengkap Setting Kamera Samsung S24 Ultra buat Rekam Konser Bruno Mars di Thailand Bocoran Samsung Galaxy Z Fold 6: Tipis, Kamera 200 MP, Bakal Hajar Pesaing! Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan?

News · 9 Mei 2024 19:18 WIB · Waktu Baca

Waspada! Kenali Gangguan Kecanduan Game yang Siap Mengintai

Kenalan Dengan Gaming Disorder Yang Siap Mengincar Perbesar


Waspada! Kenali Gangguan Kecanduan Game yang Siap Mengintai

Ligaponsel.com – Kenalan Dengan Gaming Disorder Yang Siap Mengincar

Gaming disorder adalah suatu kondisi di mana seseorang kecanduan bermain video game. Kondisi ini ditandai dengan penggunaan game yang berlebihan dan terus-menerus, meskipun hal tersebut berdampak negatif pada kehidupan pribadi, sosial, pekerjaan, atau sekolah seseorang.

Gejala gaming disorder antara lain:

  • Kurangnya kontrol terhadap penggunaan game
  • Meningkatnya prioritas bermain game di atas aktivitas lainnya
  • Berlanjutnya penggunaan game meskipun terjadi konsekuensi negatif
  • Meningkatnya toleransi terhadap game, sehingga perlu bermain lebih lama atau lebih intens untuk mendapatkan kepuasan yang sama
  • Gejala penarikan diri saat tidak bermain game, seperti gelisah, mudah tersinggung, atau kesulitan tidur

Gaming disorder dapat berdampak negatif pada kehidupan seseorang, termasuk:

  • Masalah kesehatan fisik, seperti sakit kepala, kelelahan mata, dan obesitas
  • Masalah kesehatan mental, seperti depresi, kecemasan, dan gangguan tidur
  • Masalah sosial, seperti isolasi sosial dan konflik dengan keluarga dan teman
  • Masalah akademis atau pekerjaan
  • Masalah keuangan

Jika Anda merasa kecanduan bermain video game, penting untuk mencari bantuan profesional. Ada beberapa jenis terapi yang dapat membantu mengatasi gaming disorder, seperti terapi perilaku kognitif dan terapi keluarga. Anda juga dapat bergabung dengan kelompok pendukung untuk mendapatkan dukungan dari orang lain yang mengalami masalah yang sama.

Gaming disorder adalah suatu kondisi serius yang dapat berdampak negatif pada kehidupan seseorang. Namun, dengan pengobatan yang tepat, orang yang mengalami gaming disorder dapat pulih dan menjalani kehidupan yang sehat dan produktif.

Kenalan Dengan Gaming Disorder Yang Siap Mengincar

Tahukah kamu bahwa kecanduan bermain game atau “gaming disorder” sudah diakui sebagai gangguan kesehatan mental oleh WHO? Yuk, kenalan lebih dalam dengan kondisi ini:

  • Gejala: Hilang kontrol, prioritaskan game, dampak negatif
  • Dampak: Kesehatan fisik-mental terganggu, sosial berantakan
  • Penyebab: Faktor psikologis, sosial, dan genetik
  • Dampak: Ganggu sekolah, pekerjaan, dan keuangan
  • Penanganan: Terapi perilaku, dukungan keluarga, dan kelompok pendukung

Jika kamu atau orang terdekat mengalami gejala-gejala ini, jangan ragu untuk mencari bantuan profesional. Gaming disorder dapat disembuhkan, sehingga kamu bisa kembali menjalani hidup sehat dan produktif.

Gejala

Pernahkah kamu merasa kehilangan kendali saat bermain game? Atau memprioritaskan game di atas hal-hal penting lainnya? Hati-hati, itu bisa jadi gejala gaming disorder!

Selain itu, gaming disorder juga bisa membawa dampak negatif pada hidup kamu, seperti gangguan kesehatan fisik dan mental, serta masalah sosial.

Dampak

Duh, kecanduan game itu nggak cuma bikin dompet jebol, tapi juga bisa ganggu kesehatan fisik dan mental kamu, lho!

Kalau kamu kebanyakan main game, siap-siap aja alami sakit kepala, mata lelah, bahkan obesitas. Nggak cuma itu, kamu juga bisa jadi lebih mudah stres, cemas, dan susah tidur.

Selain itu, kecanduan game juga bisa bikin kamu jadi anti sosial. Kamu lebih suka menghabiskan waktu di depan layar ketimbang ngobrol sama keluarga atau teman. Akibatnya, hubungan kamu dengan orang-orang sekitar bisa rusak deh.

Penyebab

Kenapa sih ada orang yang kecanduan game? Ternyata, penyebabnya bisa macem-macem, mulai dari faktor psikologis, sosial, sampai genetik.


Faktor psikologis, seperti stres, kecemasan, atau depresi, bisa bikin seseorang lari ke game sebagai pelarian. Faktor sosial, seperti kurangnya dukungan dari teman atau keluarga, juga bisa mendorong seseorang untuk mencari pelampiasan di dunia maya.

Selain itu, ada juga faktor genetik yang berperan. Orang yang memiliki riwayat keluarga dengan kecanduan game lebih berisiko mengalami kondisi yang sama.

Dampak

Kalau kamu kecanduan game, siap-siap aja nilai akademis atau pekerjaan kamu bakal jeblok. Soalnya, kamu jadi nggak fokus belajar atau kerja karena kebanyakan mikirin game.

Selain itu, kecanduan game juga bisa bikin kamu boros. Kamu jadi sering beli item-item dalam game atau bahkan game baru, padahal uang kamu pas-pasan. Akibatnya, keuangan kamu bisa berantakan deh.

Penanganan

Kalau kamu atau orang terdekat mengalami kecanduan game, jangan khawatir! Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, seperti:

  • Terapi perilaku kognitif: Terapi ini membantu mengubah pola pikir dan perilaku yang terkait dengan kecanduan game.
  • Dukungan keluarga: Dukungan dari keluarga sangat penting dalam membantu seseorang mengatasi kecanduan game. Keluarga dapat memberikan motivasi, pengertian, dan bantuan praktis.
  • Kelompok pendukung: Berbagi pengalaman dengan orang lain yang mengalami masalah yang sama dapat membantu seseorang merasa tidak sendirian dan termotivasi untuk sembuh.

Dengan penanganan yang tepat, kecanduan game dapat diatasi dan kamu bisa kembali menjalani hidup yang sehat dan produktif.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Cara Genius Atasi Lintah Saat Mendaki Gunung!

24 Mei 2024 - 17:42 WIB

Digigit Lintah Saat Naik Gunung Ini Cara Mengatasinya

Kolam Renang Menyegarkan? Hati-hati Bahaya Klorin Lur!

24 Mei 2024 - 15:59 WIB

Awas Inilah Dampak Klorin Di Kolam Renang Bagi Tubuh

Terkuak! Inilah Penyebab Katarak Mengintai Anak Muda

24 Mei 2024 - 15:22 WIB

Masih Muda Sudah Kena Katarak Ini Penyebabnya

Dampak Bermain Media Sosial Berlebihan, Kenali Sebelum Terlambat!

24 Mei 2024 - 14:30 WIB

Jangan Terlalu Lama Main Media Sosial Ini Alasannya

5 Rahasia Mencukur Kemaluan Tanpa Iritasi dan Luka

24 Mei 2024 - 12:53 WIB

Sebelum Cukur Bulu Kemaluan Perhatikan 5 Hal Ini

Adu Sehat Ikan Tuna Vs Salmon, Siapa Juaranya?

24 Mei 2024 - 11:59 WIB

Ikan Tuna Vs Ikan Salmon Mana Yang Lebih Sehat
Trending di News