Menu

Mode Gelap
Samsung A35 5G Resmi Meluncur, Simak Harga dan Spesifikasi Gaharnya! Panduan Lengkap Setting Kamera Samsung S24 Ultra buat Rekam Konser Bruno Mars di Thailand Bocoran Samsung Galaxy Z Fold 6: Tipis, Kamera 200 MP, Bakal Hajar Pesaing! Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan?

News · 10 Mei 2024 18:35 WIB · Waktu Baca

7 Penyebab Mengejutkan Memar Tiba-tiba yang Jarang Diketahui

Ini 7 Penyebab Memar Tiba Tiba Perbesar


7 Penyebab Mengejutkan Memar Tiba-tiba yang Jarang Diketahui

Ligaponsel.com – Memar tiba-tiba dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Berikut 7 penyebab yang paling umum:

1. Benturan: Memar biasanya terjadi akibat benturan dengan benda keras, seperti saat terjatuh atau terbentur sesuatu.

2. Tekanan: Tekanan yang berkepanjangan pada suatu area tubuh, seperti duduk atau berbaring dalam posisi yang sama untuk waktu yang lama, juga dapat menyebabkan memar.

3. Cedera olahraga: Aktivitas olahraga yang melibatkan kontak fisik, seperti sepak bola atau basket, dapat menyebabkan memar akibat benturan atau jatuh.

4. Gangguan pembekuan darah: Orang dengan gangguan pembekuan darah, seperti hemofilia, lebih rentan mengalami memar karena darah mereka tidak dapat menggumpal dengan baik.

5. Obat-obatan tertentu: Beberapa obat, seperti aspirin dan ibuprofen, dapat meningkatkan risiko memar dengan menghambat pembekuan darah.

6. Kekurangan vitamin: Kekurangan vitamin C dan K dapat menyebabkan memar karena vitamin ini penting untuk pembentukan kolagen dan pembekuan darah.

7. Infeksi: Infeksi tertentu, seperti meningitis dan sepsis, dapat menyebabkan memar karena peradangan dan kerusakan pembuluh darah.

Jika Anda mengalami memar yang tidak kunjung hilang atau disertai dengan gejala lain, seperti demam, nyeri yang hebat, atau perubahan warna kulit, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Ini 7 Penyebab Memar Tiba Tiba

Memar tiba-tiba bisa jadi pertanda masalah kesehatan yang serius. Berikut 7 penyebab yang wajib kamu tahu:

  • Benturan: Jatuh atau terbentur benda keras.
  • Tekanan: Duduk atau berbaring dalam posisi sama terlalu lama.
  • Cedera olahraga: Kontak fisik saat berolahraga.
  • Gangguan pembekuan darah: Hemofilia atau masalah pembekuan darah lainnya.
  • Obat-obatan: Aspirin dan ibuprofen bisa bikin darah susah membeku.
  • Kekurangan vitamin: Vitamin C dan K penting untuk pembekuan darah.

Jika memarmu tidak kunjung hilang atau disertai gejala lain seperti demam atau perubahan warna kulit, segera periksa ke dokter ya!

Benturan

Siapa yang suka jatuh atau kejedot? Pasti nggak ada, dong! Tapi, kalau sudah terlanjur kejadian, ya mau gimana lagi. Memar akibat benturan memang menyebalkan, tapi biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Nah, kalau memarmu nggak kunjung hilang atau malah tambah parah, jangan anggap enteng ya! Segera periksa ke dokter untuk memastikan tidak ada masalah kesehatan yang lebih serius.

Tekanan

Siapa yang suka duduk atau tiduran kelamaan di posisi yang sama? Duh, jangan dibiasakan ya! Soalnya, tekanan yang terus-menerus pada suatu area tubuh bisa bikin pembuluh darah pecah dan timbullah memar. Nggak nyaman banget, kan?

Jadi, kalau kamu lagi kerja atau belajar, usahakan untuk ganti posisi sesekali. Jangan lupa juga buat jalan-jalan atau olahraga ringan biar peredaran darah lancar dan terhindar dari memar.

Cedera olahraga

Buat yang hobi olahraga, kudu hati-hati ya! Soalnya, benturan atau jatuh saat berolahraga bisa bikin memar. Tapi tenang, biasanya memar akibat cedera olahraga bakal hilang sendiri dalam beberapa hari.

Tapi inget, kalau memarmu nggak kunjung ilang atau malah makin parah, mending langsung periksa ke dokter. Siapa tahu ada masalah kesehatan lain yang lebih serius.

Gangguan pembekuan darah

Punya masalah pembekuan darah? Hati-hati, kamu lebih gampang memar! Soalnya, darahmu susah beku kalau pembuluh darah pecah.

Kalau kamu punya riwayat keluarga dengan gangguan pembekuan darah atau sering banget memar tanpa sebab yang jelas, mending langsung periksa ke dokter. Siapa tahu kamu punya masalah kesehatan yang lebih serius.

Obat-obatan

Minum obat memang bisa bikin kita sembuh dari penyakit. Tapi, ada juga obat yang bisa bikin kita gampang memar, lho! Soalnya, obat-obatan ini bisa bikin darah kita susah beku. Jadi, kalau kamu lagi minum obat ini, hati-hati ya jangan sampai jatuh atau kejedot.

Kekurangan vitamin

Kekurangan vitamin C dan K bisa bikin kamu gampang memar. Soalnya, vitamin ini penting banget buat pembekuan darah. Kalau kamu sering banget memar tanpa sebab yang jelas, coba deh periksa kadar vitamin C dan K kamu. Siapa tahu kamu kekurangan salah satu vitamin ini.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Jalan Kaki 30 Menit Sehari: Rahasia Umur Panjang dan Sehat!

22 Mei 2024 - 20:51 WIB

Ini 6 Manfaat Jalan Kaki Setiap 30 Menit Setiap Hari

Rahasia Terungkap: Mana Lebih Unggul, Ayam atau Ikan?

22 Mei 2024 - 19:44 WIB

Ayam Vs Ikan Mana Yang Lebih Baik

Rahasia Makan Sebelum Olahraga, Bikin Semangat Maksimal!

22 Mei 2024 - 19:24 WIB

Menurut Ahli Begini Aturan Makan Sebelum Berolahraga Yang Tepat

Rahasia Memilih antara Isap Jempol dan Empeng: Temukan Jawabannya!

22 Mei 2024 - 18:00 WIB

Isap Jempol Atau Empeng Lebih Baik Mana

Rahasia Menakjubkan di Balik Tubuh Tinggi Pemain Basket di Asian Games

22 Mei 2024 - 16:12 WIB

Dilombakan Di Asian Games In Alasan Pemain Basket Punya Tubuh Tinggi

Rahasia Tubuh Sehat Atlet: 5 Makanan Ajaib untuk Dikonsumsi Setiap Hari

22 Mei 2024 - 15:22 WIB

Sehat Seperti Atlet Ini 5 Makanan Yang Perlu Dikonsumsi Setiap Hari
Trending di News