Menu

Mode Gelap
Smartphone Canggih dengan Galaxy AI, Temukan Pilihan Terbaik! Kamera Samsung Galaxy A55 Mampu Ambil Foto Malam Hari yang Menakjubkan di SCBD! Samsung Galaxy A55 5G: Kejutan Spesifikasi dan Harga di Indonesia Samsung Galaxy S6 Lite 2024 Diam-diam Meluncur, Bawa Chipset Gahar! Samsung A35 5G Resmi Meluncur, Simak Harga dan Spesifikasi Gaharnya! Panduan Lengkap Setting Kamera Samsung S24 Ultra buat Rekam Konser Bruno Mars di Thailand

News · 11 Mei 2024 12:59 WIB · Waktu Baca

Temukan Rahasia Lancarkan BAB dengan 5 Makanan Super

Susah Bab Segera Konsumsi 5 Makanan Ini Perbesar


Temukan Rahasia Lancarkan BAB dengan 5 Makanan Super

Ligaponsel.com – Susah BAB? Segera Konsumsi 5 Makanan Ini!

Susah BAB atau sembelit adalah kondisi ketika seseorang mengalami kesulitan buang air besar. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kurangnya asupan serat, kurang minum air putih, atau stres. Sembelit dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, seperti sakit perut, perut kembung, dan wasir.

Jika Anda mengalami susah BAB, ada beberapa makanan yang dapat membantu melancarkan buang air besar. Berikut 5 makanan yang bisa Anda konsumsi:

  1. Pepaya. Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu memecah protein dan melancarkan pencernaan.
  2. Pisang. Pisang mengandung serat yang dapat membantu menambah volume tinja dan melancarkan buang air besar.
  3. Apel. Apel mengandung pektin, serat larut yang dapat membantu menyerap air dan membentuk tinja yang lebih lunak.
  4. Oatmeal. Oatmeal mengandung serat beta-glukan yang dapat membantu meningkatkan frekuensi buang air besar.
  5. Kubis. Kubis mengandung serat dan air yang dapat membantu melancarkan buang air besar.

Selain mengonsumsi makanan tersebut, Anda juga perlu memperbanyak minum air putih dan berolahraga secara teratur. Jika susah BAB yang Anda alami tidak kunjung membaik, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Susah BAB? Segera Konsumsi 5 Makanan Ini!

Susah BAB atau sembelit adalah kondisi yang tidak mengenakkan dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasi susah BAB, ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi. Berikut 5 makanan yang dapat membantu melancarkan buang air besar:

  1. Pepaya: Kaya enzim papain yang membantu memecah protein.
  2. Pisang: Mengandung serat yang menambah volume tinja.
  3. Apel: Pektinnya menyerap air dan membentuk tinja yang lebih lunak.
  4. Oatmeal: Serat beta-glukannya meningkatkan frekuensi BAB.
  5. Kubis: Mengandung serat dan air yang melancarkan BAB.

Selain makanan tersebut, perbanyak minum air putih dan berolahraga secara teratur juga dapat membantu mengatasi susah BAB. Jika susah BAB tidak kunjung membaik, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Pepaya

Pepaya adalah buah yang sudah lama dikenal akan khasiatnya untuk melancarkan pencernaan. Buah ini mengandung enzim papain, yang dapat membantu memecah protein dan mempercepat proses pencernaan. Selain itu, pepaya juga mengandung serat yang dapat membantu menambah volume tinja dan melancarkan buang air besar.

Jika Anda mengalami susah BAB, cobalah untuk mengonsumsi pepaya secara teratur. Anda bisa mengonsumsi pepaya langsung, atau mengolahnya menjadi jus atau smoothie. Pepaya juga dapat ditambahkan ke dalam salad atau oatmeal untuk menambah rasa dan manfaat kesehatannya.

Pisang

Buah pisang memang identik dengan warnanya yang kuning cerah dan rasanya yang manis. Namun, siapa sangka buah ini juga punya manfaat yang luar biasa untuk mengatasi susah BAB. Pisang mengandung serat yang dapat membantu menambah volume tinja, sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.

Selain itu, pisang juga mengandung prebiotik, yaitu makanan untuk bakteri baik di dalam usus. Bakteri baik ini dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan melancarkan buang air besar.

Apel

Siapa sangka buah yang renyah dan segar ini punya manfaat luar biasa untuk mengatasi susah BAB? Apel mengandung pektin, yaitu serat larut yang dapat menyerap air dan membentuk tinja yang lebih lunak. Dengan begitu, tinja menjadi lebih mudah untuk dikeluarkan.

Selain itu, apel juga mengandung sorbitol, yaitu gula alami yang dapat menarik air ke dalam usus besar. Hal ini juga dapat membantu melancarkan buang air besar.

Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan yang sudah dikenal akan manfaatnya untuk melancarkan pencernaan. Oatmeal mengandung serat beta-glukan, yang dapat membantu meningkatkan frekuensi buang air besar.

Selain itu, oatmeal juga mengandung karbohidrat kompleks yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Oatmeal juga merupakan sumber zat besi, magnesium, dan vitamin B yang baik.

Kubis

Siapa sangka sayuran yang biasa diolah menjadi sayur sop ini punya manfaat luar biasa untuk mengatasi susah BAB? Kubis mengandung serat dan air yang dapat membantu melancarkan buang air besar.

Serat dalam kubis dapat membantu menambah volume tinja, sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Sedangkan air dalam kubis dapat membantu melunakkan tinja, sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Manfaat Dahsyat Makan Bersama Keluarga, Rahasia Anak Tumbuh Bahagia dan Pintar

27 Mei 2024 - 12:47 WIB

Kenali Manfaat Makan Bersama Keluarga Bagi Si Kecil

Rahasia Transplantasi Jantung: Menyelamatkan Nyawa, Mengubah Takdir

27 Mei 2024 - 11:50 WIB

Perlu Tahu Inilah Proses Dan Risiko Transplantasi Jantung

Rahasia Ampuh Hilangkan Double Chin, Dijamin PD Kembali!

27 Mei 2024 - 10:03 WIB

Tidak Percaya Diri Ini Cara Hilangkan Double Chin

Rahasia Gula: Temukan Perbedaan yang Mencengangkan!

27 Mei 2024 - 09:54 WIB

Kenali Perbedaan Gula Sederhana Dan Gula Kompleks

Rahasia Kulit Sehat Saat Olahraga: Pakai Make Up atau Tidak?

27 Mei 2024 - 08:12 WIB

Saat Berolahraga Sebaiknya Pakai Make Up Atau Tidak

Fakta Mengejutkan: Teh dan Kehamilan, Temuan Penting yang Wajib Diketahui

27 Mei 2024 - 07:11 WIB

Konsumsi Teh Saat Hamil Apakah Berbahaya
Trending di News