Menu

Mode Gelap
Kamera Canggih, Samsung Galaxy A35 5G Bikin Food Photography Makin Kece! Kamera Samsung Galaxy A35: Rahasia Fotografi Kuliner yang Lezat Terungkap! Adu Canggih Samsung Galaxy A54 Vs A55, Mana yang Terbaik? Duel Sengit Samsung Galaxy S23 Plus vs S23 Ultra: Mana yang Terbaik? Adu Spesifikasi: Duel Sengit Samsung Galaxy A54 vs A55, Mana yang Lebih Unggul? Daftar HP Samsung yang Tak Kebagian Update One UI 6.1, Bersabarlah, Ini Cobaan!

News · 10 Mei 2024 13:43 WIB · Waktu Baca

Rahasia Mengejutkan: Ini Dampak Tak Terduga Makan Udang dan Es Jeruk!

Ini Yang Terjadi Bila Makan Udang Sambil Minum Es Jeruk Perbesar


Rahasia Mengejutkan: Ini Dampak Tak Terduga Makan Udang dan Es Jeruk!

Ligaponsel.com – Makan udang sambil minum es jeruk memang merupakan perpaduan yang nikmat. Namun, tahukah kamu apa yang terjadi pada tubuhmu ketika mengonsumsi kedua makanan ini secara bersamaan?

Menurut dr. Luciana Margaretha, Sp.GK, mengonsumsi udang dan es jeruk secara bersamaan dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, di antaranya:

  1. Alergi

Udang dan jeruk sama-sama merupakan makanan yang berpotensi menyebabkan alergi. Jika kamu memiliki alergi terhadap salah satu atau kedua makanan ini, mengonsumsinya secara bersamaan dapat memperparah reaksi alergi.

Gangguan pencernaan

Jeruk mengandung asam sitrat, yang dapat mengiritasi saluran pencernaan. Jika kamu memiliki riwayat gangguan pencernaan, mengonsumsi udang dan es jeruk secara bersamaan dapat memperburuk gejala seperti mual, muntah, dan diare.

Penyerapan zat besi terhambat

Udang merupakan sumber zat besi yang baik. Namun, mengonsumsi jeruk bersamaan dengan udang dapat menghambat penyerapan zat besi. Hal ini karena vitamin C dalam jeruk dapat berikatan dengan zat besi dan membentuk senyawa yang tidak dapat diserap oleh tubuh.

Oleh karena itu, disarankan untuk tidak mengonsumsi udang dan es jeruk secara bersamaan. Jika kamu ingin menikmati kedua makanan ini, sebaiknya beri jeda waktu beberapa jam di antara keduanya.

Ini Yang Terjadi Bila Makan Udang Sambil Minum Es Jeruk

Makan udang sambil minum es jeruk, siapa yang tidak suka? Tapi, tahukah kamu apa yang terjadi pada tubuhmu saat mengonsumsi dua makanan ini bersamaan? Berikut enam aspek penting yang perlu kamu ketahui:

  1. Alergi: Udang dan jeruk berpotensi menyebabkan alergi.
  2. Gangguan pencernaan: Jeruk dapat mengiritasi saluran pencernaan.
  3. Penyerapan zat besi terhambat: Vitamin C dalam jeruk dapat menghambat penyerapan zat besi dari udang.
  4. Asam urat: Udang mengandung purin yang dapat meningkatkan kadar asam urat.
  5. Kolesterol: Udang mengandung kolesterol yang tinggi.
  6. Interaksi obat: Jeruk dapat berinteraksi dengan beberapa jenis obat.

Jadi, meskipun udang dan es jeruk merupakan perpaduan yang nikmat, namun sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan. Jika ingin menikmati keduanya, beri jeda waktu beberapa jam di antara keduanya. Konsumsi kedua makanan ini secara berlebihan juga dapat menimbulkan masalah kesehatan, seperti peningkatan kadar asam urat dan kolesterol.

Alergi

Makan udang sambil minum es jeruk memang nikmat, tapi awas buat yang punya alergi! Udang dan jeruk sama-sama mengandung zat yang bisa memicu reaksi alergi, seperti histamin dan asam sitrat. Gejala alerginya bisa macam-macam, mulai dari gatal-gatal, ruam, sampai sesak napas. Jadi, kalau kamu punya riwayat alergi terhadap udang atau jeruk, sebaiknya hindari konsumsi keduanya secara bersamaan ya!

Selain itu, mengonsumsi udang dan jeruk bersamaan juga bisa memperparah gejala alergi yang sudah ada. Misalnya, kalau kamu alergi udang, mengonsumsi jeruk setelah makan udang bisa membuat gatal-gatal dan ruam semakin parah. Oleh karena itu, penting untuk berhati-hati dan menghindari konsumsi udang dan jeruk bersamaan jika kamu memiliki alergi terhadap salah satu makanan tersebut.

Gangguan pencernaan

Siapa sangka, di balik kesegaran es jeruk, ternyata tersimpan potensi gangguan pencernaan jika dikonsumsi bersama udang. Jeruk mengandung asam sitrat, yang bisa mengiritasi lapisan saluran pencernaan. Akibatnya, perut bisa terasa perih, mual, bahkan diare. Wah, jadi nggak nyaman dong habis makan udang sambil minum es jeruk?

Bagi yang punya masalah pencernaan, seperti maag atau GERD, konsumsi udang dan es jeruk bersamaan bisa memperparah gejala. Asam sitrat dalam jeruk dapat meningkatkan produksi asam lambung, sehingga memicu rasa perih dan nyeri pada lambung. Jadi, buat yang punya masalah pencernaan, lebih baik hindari dulu deh kombinasi udang dan es jeruk ini.

Penyerapan zat besi terhambat

Siapa sangka, makan udang sambil minum es jeruk bisa mengganggu penyerapan zat besi dalam udang? Ternyata, vitamin C dalam jeruk dapat berikatan dengan zat besi dan membentuk senyawa yang tidak dapat diserap oleh tubuh. Padahal, zat besi merupakan mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel darah merah.

Jadi, bagi yang ingin mendapatkan manfaat zat besi dari udang, sebaiknya jangan langsung minum es jeruk setelah makan udang. Beri jeda waktu beberapa jam agar zat besi dapat diserap dengan baik oleh tubuh.

Asam urat

Bagi yang punya masalah asam urat, makan udang sambil minum es jeruk bisa jadi kombinasi yang kurang baik. Udang mengandung purin, zat yang dapat diubah menjadi asam urat dalam tubuh. Jika kadar asam urat terlalu tinggi, bisa terbentuk kristal-kristal yang menumpuk di persendian dan menyebabkan nyeri yang luar biasa.

Kolesterol

Bagi yang punya kolesterol tinggi, makan udang sambil minum es jeruk juga perlu diwaspadai. Udang mengandung kolesterol yang cukup tinggi, sehingga jika dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyumbat pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Jadi, bagi yang punya kolesterol tinggi, sebaiknya batasi konsumsi udang dan hindari minum es jeruk setelah makan udang. Lebih baik pilih makanan lain yang lebih sehat untuk menjaga kadar kolesterol tetap terkontrol.

Interaksi obat

Siapa sangka, minum es jeruk setelah makan udang bisa memengaruhi kerja obat-obatan tertentu. Jeruk mengandung senyawa yang dapat berinteraksi dengan beberapa jenis obat, seperti obat pengencer darah, obat tekanan darah tinggi, dan obat penurun kolesterol.

Jika kamu sedang mengonsumsi obat-obatan tersebut, sebaiknya hindari minum es jeruk setelah makan udang. Konsumsi jeruk bersamaan dengan obat-obatan ini dapat mengurangi efektivitas obat atau bahkan menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Rahasia Hilangkan Bekas Nyamuk Bandel, Ampuh Banget!

18 Mei 2024 - 14:14 WIB

Begini Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

Siapa Sangka? Minyak Samin Punya 3 Khasiat Ini!

18 Mei 2024 - 13:05 WIB

Ini 3 Manfaat Minyak Samin Untuk Kesehatan

5 Manfaat Dahsyat Kacang Hijau, Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil!

18 Mei 2024 - 12:18 WIB

5 Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil Dan Janin

5 Gerakan Pemanasan Ajaib Untuk Si Kecil, Dijamin Aman Saat Berolahraga!

18 Mei 2024 - 11:05 WIB

5 Gerakan Pemanasan Olahraga Untuk Si Kecil

4 Rahasia Penting Probiotik untuk Tumbuh Kembang Si Kecil yang Sehat!

18 Mei 2024 - 09:36 WIB

4 Manfaat Probiotik Untuk Di Masa Pertumbuhan Si Kecil

Terungkap! Plus Minus Olahraga Tanpa Alat, Ini Temuan yang Mencengangkan

18 Mei 2024 - 07:58 WIB

Inilah Plus Minus Olahraga Tanpa Alat
Trending di News