Inilah Dua Tipe Orang yang Berisiko Tinggi Terkena Gondongan

waktu baca 2 menit
Jumat, 24 Mei 2024 01:03 0 12 Olivia

Inilah Dua Tipe Orang yang Berisiko Tinggi Terkena Gondongan

Ligaponsel.com – 2 Orang Ini Punya Risiko Terkena Gondongan

Gondongan adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Virus ini menyebar melalui percikan air liur yang keluar saat penderita batuk atau bersin. Gondongan ditandai dengan pembengkakan pada kelenjar parotis, yaitu kelenjar yang terletak di bawah telinga.

Ada dua orang yang mempunyai risiko tinggi terkena gondongan, yaitu:

  1. Orang yang tidak pernah divaksin gondongan.
  2. Orang yang sistem kekebalan tubuhnya lemah.

Vaksin gondongan sangat efektif untuk mencegah penyakit ini. Vaksin ini biasanya diberikan bersamaan dengan vaksin campak dan rubella (MMR). Vaksin MMR sangat aman dan efektif, serta dapat melindungi anak dari ketiga penyakit tersebut.

Jika Anda belum pernah divaksin gondongan, sebaiknya segera lakukan vaksinasi. Vaksinasi gondongan dapat dilakukan di puskesmas atau rumah sakit terdekat.

2 Orang Ini Punya Risiko Terkena Gondongan

Siapa sajakah mereka? Yuk, cari tahu!


1. Belum vaksin
2. Kekebalan tubuh lemah
3. Kontak dengan penderita
4. Lingkungan kotor
5. Sanitasi buruk
6. Gizi kurang

Keenam aspek tersebut saling terkait dan dapat meningkatkan risiko seseorang terkena gondongan. Vaksinasi adalah cara paling efektif untuk mencegah gondongan, terutama bagi mereka yang belum pernah terinfeksi virus gondongan sebelumnya. Menjaga kebersihan lingkungan dan sanitasi yang baik juga penting untuk mencegah penyebaran virus gondongan. Selain itu, menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi dan cukup istirahat dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi risiko terkena gondongan.