Bintik Mengganggu di Mata? Hati-hati Floaters!

waktu baca 4 menit
Senin, 13 Mei 2024 06:41 0 16 Olivia

Bintik Mengganggu di Mata? Hati-hati Floaters!


Ligaponsel.com – Bintik Melayang Layang Pada Penglihatan Waspada Floaters

Apakah kamu pernah melihat bintik-bintik atau serat kecil melayang-layang di depan matamu? Jika ya, itu adalah yang disebut dengan floaters. Floaters adalah gumpalan kecil dari zat seperti jeli yang melayang di dalam cairan bening yang mengisi bagian belakang mata kita, yang disebut vitreous.

Floaters biasanya tidak berbahaya dan tidak memengaruhi penglihatan kita. Namun, terkadang floaters bisa menjadi tanda adanya masalah mata yang lebih serius, seperti ablasi retina atau perdarahan vitreous. Oleh karena itu, penting untuk segera memeriksakan mata ke dokter jika kamu melihat floaters yang tiba-tiba muncul atau disertai gejala lain, seperti kilatan cahaya atau penurunan penglihatan.

Jika floaters yang kamu alami tidak berbahaya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuatnya tidak terlalu mengganggu penglihatanmu, seperti:

  • Menggerakkan mata ke atas dan ke bawah atau dari sisi ke sisi
  • Menutup satu mata dan melihat ke arah terang
  • Memakai kacamata hitam

Jika floaters yang kamu alami sangat mengganggu penglihatanmu, dokter mungkin akan menyarankan untuk dilakukan operasi laser untuk menghilangkannya. Namun, operasi ini hanya boleh dilakukan jika benar-benar diperlukan, karena memiliki risiko komplikasi.

Jadi, jika kamu melihat bintik-bintik melayang di depan matamu, jangan panik. Kemungkinan besar itu adalah floaters yang tidak berbahaya. Namun, jika floaters yang kamu alami tiba-tiba muncul atau disertai gejala lain, segera periksakan mata ke dokter untuk memastikan tidak ada masalah mata yang lebih serius.

Bintik Melayang Layang Pada Penglihatan Waspada Floaters

Floaters, bintik-bintik kecil yang melayang di penglihatan, bisa jadi pertanda masalah mata serius. Kenali 5 aspek pentingnya:

  • Jenis: Titik, garis, atau jaring laba-laba
  • Penyebab: Penuaan, cedera mata, atau masalah kesehatan lain
  • Gejala: Mengganggu penglihatan, terutama saat melihat latar belakang terang
  • Bahaya: Umumnya tidak berbahaya, tapi bisa mengindikasikan masalah serius
  • Tindakan: Periksa mata jika tiba-tiba muncul atau mengganggu

Ingat, floaters mungkin tidak berbahaya, tapi jangan abaikan. Jika muncul tiba-tiba atau disertai gejala lain, segera periksakan mata untuk memastikan kesehatan mata Anda.

Jenis

Floaters, bintik-bintik melayang yang mengganggu penglihatan, bisa bermacam-macam bentuknya. Ada yang berbentuk titik kecil, garis lurus, atau bahkan jaring laba-laba. Bentuk-bentuk ini tergantung pada jenis dan ukuran gumpalan zat seperti jeli yang melayang di dalam cairan vitreous mata.

Floaters yang berbentuk titik biasanya disebabkan oleh sel-sel mati atau serpihan kecil dari dinding vitreous. Sedangkan floaters yang berbentuk garis atau jaring laba-laba biasanya disebabkan oleh robekan pada vitreous yang diakibatkan oleh penuaan atau cedera mata.

Penyebab

Tahukah kamu apa yang menyebabkan bintik-bintik melayang itu muncul di matamu? Ternyata, ada beberapa penyebabnya, lho!

Penyebab paling umum dari floaters adalah penuaan. Seiring bertambahnya usia, cairan vitreous di dalam mata kita menjadi lebih cair dan mulai menyusut. Hal ini dapat menyebabkan terbentuknya gumpalan-gumpalan kecil dari zat seperti jeli yang kita sebut floaters.

Selain penuaan, floaters juga bisa disebabkan oleh cedera mata. Jika mata kita mengalami benturan atau trauma, vitreous bisa robek dan membentuk floaters. Cedera mata yang dapat menyebabkan floaters antara lain:

Gejala

Bintik melayang di mata alias floaters memang nggak selalu bahaya. Tapi, kalau kamu mengalaminya, jangan cuekin aja! Soalnya, floaters bisa jadi pertanda adanya masalah mata yang lebih serius.

Gejala floaters yang paling umum adalah bintik-bintik atau serat kecil yang melayang-layang di depan mata. Bintik-bintik ini biasanya terlihat jelas saat kamu melihat ke arah latar belakang yang terang, seperti langit atau tembok putih.

Bahaya

Meskipun umumnya tidak berbahaya, floaters bisa jadi pertanda masalah mata yang lebih serius, seperti ablasi retina atau perdarahan di dalam mata. Segera periksakan mata ke dokter jika kamu melihat floaters yang tiba-tiba muncul atau disertai gejala lain, seperti:

  • Kilatan cahaya
  • Penurunan penglihatan
  • Tirai atau bayangan yang menutupi sebagian penglihatan

Tindakan

Kalau kamu tiba-tiba melihat banyak bintik melayang di mata, jangan anggap remeh! Segera periksakan mata ke dokter, apalagi kalau bintik-bintik itu disertai gejala lain, seperti kilatan cahaya atau penurunan penglihatan. Soalnya, bisa jadi itu pertanda masalah mata yang lebih serius, seperti ablasi retina atau perdarahan di dalam mata.

Floaters yang muncul tiba-tiba bisa jadi tanda adanya robekan atau lubang pada retina. Kalau tidak segera ditangani, bisa menyebabkan ablasi retina, yaitu lepasnya retina dari dinding mata. Akibatnya, penglihatan bisa terganggu bahkan hilang secara permanen.