Menu

Mode Gelap
Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan? Rasakan Pengalaman Teknologi Terbaru di Samsung Experience Lounge Pondok Indah Golf! Bongkar Rahasia Samsung Galaxy A55, Wajib Tahu Sebelum Beli! Kamera Canggih, Samsung Galaxy A35 5G Bikin Food Photography Makin Kece!

Terkini · 11 Mei 2024 10:52 WIB · Waktu Baca

Fakta Mengejutkan: Sunblock Tak Selalu Melindungi Kulit Anda!

Faktanya Sunblock Tidak Selalu Melindungi Kulit Perbesar


Fakta Mengejutkan: Sunblock Tak Selalu Melindungi Kulit Anda!

Ligaponsel.com – Faktanya, Sunblock Tidak Selalu Melindungi Kulit Anda!

Siapa sangka, ternyata sunblock yang selama ini kita pakai belum tentu bisa melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Ada beberapa faktor yang bisa membuat sunblock tidak efektif, seperti:

1. SPF yang Tidak Cukup

SPF atau Sun Protection Factor menunjukkan kemampuan sunblock untuk melindungi kulit dari sinar UVB yang menyebabkan kulit terbakar. Semakin tinggi SPF, semakin lama kulit terlindungi. Untuk perlindungan yang optimal, gunakan sunblock dengan SPF minimal 30.

2. Pemakaian yang Tidak Benar

Sunblock harus dioleskan secara merata ke seluruh kulit yang terpapar sinar matahari. Jangan lupa juga untuk mengoleskan kembali setiap 2 jam sekali, terutama setelah berenang atau berkeringat.

3. Formula yang Tidak Cocok

Beberapa jenis sunblock mungkin tidak cocok untuk semua jenis kulit. Jika kulit Anda sensitif, pilih sunblock dengan formula hypoallergenic. Untuk kulit berminyak, gunakan sunblock dengan formula oil-free.

4. Kadaluarsa

Sunblock juga bisa kadaluarsa, lho! Biasanya, sunblock memiliki masa pakai sekitar 2-3 tahun. Setelah itu, efektivitasnya akan berkurang.

Jadi, jangan asal pakai sunblock ya! Perhatikan faktor-faktor di atas agar kulit Anda tetap terlindungi dari sinar matahari.

Faktanya Sunblock Tidak Selalu Melindungi Kulit

Siapa sangka, ternyata sunblock yang selama ini kita pakai belum tentu bisa melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Ada beberapa faktor yang bisa membuat sunblock tidak efektif, seperti:

  • SPF Tidak Cukup
  • Pemakaian Tidak Benar
  • Formula Tidak Cocok
  • Kadaluarsa
  • Kandungan Kimia Berbahaya
  • Tidak Melindungi dari Sinar UVA

Jadi, jangan asal pakai sunblock ya! Perhatikan faktor-faktor di atas agar kulit Anda tetap terlindungi dari sinar matahari.

SPF Tidak Cukup

Siapa sangka, ternyata SPF yang tinggi belum tentu bisa melindungi kulit dari sinar matahari secara maksimal. SPF atau Sun Protection Factor hanya menunjukkan kemampuan sunblock untuk melindungi kulit dari sinar UVB yang menyebabkan kulit terbakar, bukan sinar UVA yang menyebabkan penuaan dini dan kanker kulit.

Untuk perlindungan yang optimal, pilih sunblock dengan SPF minimal 30 dan pastikan juga sunblock tersebut melindungi dari sinar UVA.

Pemakaian Tidak Benar

Selain memilih sunblock dengan SPF yang tepat, cara pemakaian juga sangat penting. Sunblock harus dioleskan secara merata ke seluruh kulit yang terpapar sinar matahari, termasuk wajah, leher, tangan, dan kaki.

Jangan lupa juga untuk mengoleskan kembali sunblock setiap 2 jam sekali, terutama setelah berenang atau berkeringat. Soalnya, sunblock bisa luntur atau hilang karena aktivitas tersebut.

Formula Tidak Cocok

Pemilihan sunblock yang tepat juga perlu disesuaikan dengan jenis kulit. Kulit sensitif membutuhkan sunblock dengan formula hypoallergenic, sementara kulit berminyak membutuhkan sunblock dengan formula oil-free. Pemilihan formula yang tepat akan membuat sunblock lebih efektif melindungi kulit tanpa menimbulkan iritasi atau masalah kulit lainnya.

Kadaluarsa

Sama seperti produk perawatan kulit lainnya, sunblock juga punya masa kadaluarsa. Biasanya, sunblock bisa bertahan selama 2-3 tahun. Setelah itu, kandungan SPF di dalamnya akan menurun dan tidak lagi efektif melindungi kulit dari sinar matahari.

Jadi, pastikan selalu cek tanggal kadaluarsa sunblock sebelum memakainya. Jangan gunakan sunblock yang sudah kadaluarsa, karena tidak akan memberikan perlindungan yang optimal untuk kulit Anda.

Kandungan Kimia Berbahaya

Tahukah kamu kalau beberapa sunblock mengandung bahan kimia berbahaya yang bisa menyerap ke dalam kulit dan menimbulkan masalah kesehatan? Contohnya, oxybenzone dan octinoxate yang bisa mengganggu hormon dan menyebabkan alergi.

Makanya, penting banget buat pilih sunblock yang bebas bahan kimia berbahaya. Cari sunblock yang mengandung bahan alami seperti zinc oxide atau titanium dioxide yang lebih aman untuk kulit.

Tidak Melindungi dari Sinar UVA

Selain sinar UVB yang menyebabkan kulit terbakar, ada juga sinar UVA yang tidak kalah berbahayanya. Sinar UVA bisa menembus lapisan kulit lebih dalam dan menyebabkan penuaan dini, kerutan, dan bahkan kanker kulit.

Sayangnya, tidak semua sunblock melindungi dari sinar UVA. Pastikan kamu memilih sunblock yang bertuliskan “broad spectrum” atau “melindungi dari sinar UVA/UVB” pada kemasannya.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Sirosis: Musuh Hati yang Harus Diwaspadai, Temukan Cara Ampuh Mengatasinya!

21 Mei 2024 - 16:01 WIB

Kenalan Dengan Sirosis Dan Gejalanya

Bahaya Mengintai Jika Malas Bersihkan Makeup Sebelum Tidur

21 Mei 2024 - 15:14 WIB

Jangan Malas Ini Bahaya Tidak Membersihkan Makeup Sebelum Tidur

Komplikasi PKU yang Jarang Diketahui Namun Berbahaya

21 Mei 2024 - 13:54 WIB

Ini Komplikasi Yang Mungkin Terjadi Akibat Fenilketonuria

4 Rahasia Ampuh Basmi Flek Hitam, Wajah Cerah Seketika!

21 Mei 2024 - 12:40 WIB

4 Perawatan Wajah Untuk Usir Flek Hitam

Terkuak! Ini Dia Rahasia Terhindar dari Bahaya Filariasis

21 Mei 2024 - 11:23 WIB

Ini Penyebab Filariasis Yang Perlu Dihindari

Terungkap! Bahaya Tersembunyi Diabetes, Bisa Sebabkan Bahu Beku

21 Mei 2024 - 10:59 WIB

Diabetes Juga Bisa Sebabkan Frozen Shoulder
Trending di Terkini