Menu

Mode Gelap
Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan? Rasakan Pengalaman Teknologi Terbaru di Samsung Experience Lounge Pondok Indah Golf! Bongkar Rahasia Samsung Galaxy A55, Wajib Tahu Sebelum Beli! Kamera Canggih, Samsung Galaxy A35 5G Bikin Food Photography Makin Kece!

Terkini · 17 Mei 2024 03:05 WIB · Waktu Baca

Progeria: Penyakit Langka Sebabkan Komplikasi Serius

Progeria Sebabkan Komplikasi 4 Penyakit Ini Perbesar


Progeria: Penyakit Langka Sebabkan Komplikasi Serius


Ligaponsel.com – Progeria adalah suatu kelainan genetik langka yang menyebabkan terjadinya penuaan dini pada anak-anak. Kelainan ini disebabkan oleh mutasi pada gen LMNA, yang berperan dalam pembentukan struktur sel. Anak-anak dengan progeria biasanya memiliki penampilan wajah yang khas, dengan kulit keriput, rahang yang kecil, dan hidung yang mancung. Mereka juga cenderung memiliki pertumbuhan yang terhambat dan masalah kesehatan lainnya, seperti penyakit jantung, stroke, dan osteoporosis.

Progeria merupakan penyakit yang sangat langka, diperkirakan hanya terjadi pada 1 dari 20 juta kelahiran. Penyebab pasti progeria belum diketahui, namun diduga terkait dengan faktor genetik dan lingkungan. Hingga saat ini, belum ada obat yang dapat menyembuhkan progeria, pengobatan yang tersedia hanya bersifat paliatif untuk meringankan gejala dan meningkatkan kualitas hidup pasien.


Komplikasi Progeria

Progeria dapat menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan, di antaranya:

  1. Penyakit jantung: Penyakit jantung adalah komplikasi paling umum pada anak-anak dengan progeria. Biasanya terjadi pada usia dini dan dapat menyebabkan gagal jantung, serangan jantung, dan kematian.
  2. Stroke: Stroke juga merupakan komplikasi yang sering terjadi pada anak-anak dengan progeria. Stroke terjadi ketika terjadi penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah di otak, yang dapat menyebabkan kerusakan otak dan bahkan kematian.
  3. Osteoporosis: Osteoporosis adalah kondisi di mana tulang menjadi rapuh dan mudah patah. Anak-anak dengan progeria sering mengalami osteoporosis, yang dapat menyebabkan patah tulang dan masalah kesehatan lainnya.
  4. Penyakit paru-paru: Penyakit paru-paru, seperti pneumonia dan fibrosis paru, juga dapat terjadi pada anak-anak dengan progeria. Penyakit paru-paru ini dapat menyebabkan kesulitan bernapas dan bahkan kematian.

Harapan hidup anak-anak dengan progeria sangat bervariasi, namun umumnya mereka tidak dapat bertahan hidup hingga dewasa. Kebanyakan anak-anak dengan progeria meninggal dunia pada usia remaja atau awal 20-an. Namun, berkat kemajuan dalam perawatan medis, harapan hidup anak-anak dengan progeria semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Progeria Sebabkan Komplikasi 4 Penyakit Ini

Progeria, kelainan genetik langka yang menyebabkan penuaan dini pada anak-anak, dapat menimbulkan komplikasi serius. Berikut adalah 5 aspek penting yang perlu diketahui:

  • Kelainan genetik: Progeria disebabkan oleh mutasi pada gen LMNA.
  • Penyakit jantung: Komplikasi paling umum, dapat menyebabkan gagal jantung dan serangan jantung.
  • Stroke: Penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah di otak.
  • Osteoporosis: Tulang menjadi rapuh dan mudah patah.
  • Penyakit paru-paru: Pneumonia dan fibrosis paru dapat menyebabkan kesulitan bernapas.

Komplikasi ini dapat sangat memengaruhi kualitas hidup dan harapan hidup anak-anak dengan progeria. Penting untuk memberikan perawatan dan dukungan yang komprehensif untuk membantu mereka menjalani kehidupan yang penuh dan bermakna.

Kelainan genetik

Progeria adalah penyakit langka yang menyebabkan penuaan dini pada anak-anak. Penyakit ini disebabkan oleh mutasi pada gen LMNA, yang berperan dalam pembentukan struktur sel. Anak-anak dengan progeria biasanya memiliki penampilan wajah yang khas, dengan kulit keriput, rahang yang kecil, dan hidung yang mancung. Mereka juga cenderung memiliki pertumbuhan yang terhambat dan masalah kesehatan lainnya.

Penyakit jantung: Komplikasi paling umum, dapat menyebabkan gagal jantung dan serangan jantung.

Penyakit jantung adalah komplikasi paling umum pada anak-anak dengan progeria. Biasanya terjadi pada usia dini dan dapat menyebabkan gagal jantung, serangan jantung, dan kematian. Gejala penyakit jantung pada anak-anak dengan progeria dapat meliputi nyeri dada, sesak napas, dan kelelahan. Diagnosis penyakit jantung ditegakkan berdasarkan pemeriksaan fisik, riwayat kesehatan, dan tes pencitraan seperti ekokardiogram dan elektrokardiogram. Pengobatan penyakit jantung pada anak-anak dengan progeria biasanya melibatkan obat-obatan, perubahan gaya hidup, dan terkadang pembedahan.

Stroke

Stroke terjadi ketika terjadi penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah di otak, yang dapat menyebabkan kerusakan otak dan bahkan kematian. Gejala stroke dapat meliputi kelemahan atau mati rasa pada wajah, lengan, atau kaki, terutama pada satu sisi tubuh, kesulitan berbicara atau memahami pembicaraan, kesulitan melihat pada satu atau kedua mata, kesulitan berjalan, pusing, dan sakit kepala parah yang datang tiba-tiba. Diagnosis stroke ditegakkan berdasarkan pemeriksaan fisik, riwayat kesehatan, dan tes pencitraan seperti CT scan atau MRI. Pengobatan stroke biasanya melibatkan obat-obatan untuk memecah gumpalan darah, pembedahan untuk mengangkat gumpalan darah, dan rehabilitasi untuk membantu pasien pulih dari kerusakan otak.

Osteoporosis

Osteoporosis merupakan kondisi di mana tulang menjadi rapuh dan mudah patah. Kondisi ini sering terjadi pada anak-anak dengan progeria, karena proses penuaan dini yang mereka alami juga memengaruhi kesehatan tulang. Anak-anak dengan osteoporosis lebih berisiko mengalami patah tulang, bahkan akibat aktivitas ringan sekalipun. Penting bagi anak-anak dengan progeria untuk mendapatkan asupan kalsium dan vitamin D yang cukup, serta melakukan aktivitas fisik secara teratur untuk menjaga kesehatan tulang mereka.

Salah satu contoh nyata dampak osteoporosis pada anak-anak dengan progeria adalah kasus seorang gadis bernama Hayley Okines. Hayley didiagnosis dengan progeria pada usia 2 tahun, dan ia mengalami osteoporosis yang parah. Akibat kondisi ini, Hayley mudah mengalami patah tulang, bahkan saat ia hanya bermain atau berjalan. Hayley meninggal dunia pada tahun 2015 pada usia 17 tahun akibat komplikasi dari osteoporosis.

Penyakit paru-paru

Progeria juga dapat menyebabkan komplikasi penyakit paru-paru, seperti pneumonia dan fibrosis paru. Pneumonia adalah infeksi pada paru-paru yang dapat menyebabkan batuk, demam, dan kesulitan bernapas. Fibrosis paru adalah kondisi di mana jaringan paru-paru menjadi rusak dan berparut, yang dapat menyebabkan sesak napas dan batuk kronis. Kedua kondisi ini dapat sangat memengaruhi kualitas hidup anak-anak dengan progeria dan bahkan dapat mengancam jiwa.

Salah satu contoh nyata dampak penyakit paru-paru pada anak-anak dengan progeria adalah kasus seorang anak laki-laki bernama Sam Berns. Sam didiagnosis dengan progeria pada usia 2 tahun, dan ia mengalami penyakit paru-paru yang parah. Akibat kondisi ini, Sam sering mengalami infeksi paru-paru dan kesulitan bernapas. Sam meninggal dunia pada tahun 2014 pada usia 17 tahun akibat komplikasi dari penyakit paru-paru.

Kasus Sam dan Hayley menunjukkan betapa seriusnya komplikasi yang dapat ditimbulkan oleh progeria. Anak-anak dengan progeria membutuhkan perawatan dan dukungan yang komprehensif untuk membantu mereka menjalani kehidupan yang penuh dan bermakna.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Rahasia Terkini Cegah Flu Burung yang Jarang Diketahui!

21 Mei 2024 - 17:52 WIB

10 Cara Cegah Penularan Flu Burung

Sirosis: Musuh Hati yang Harus Diwaspadai, Temukan Cara Ampuh Mengatasinya!

21 Mei 2024 - 16:01 WIB

Kenalan Dengan Sirosis Dan Gejalanya

Bahaya Mengintai Jika Malas Bersihkan Makeup Sebelum Tidur

21 Mei 2024 - 15:14 WIB

Jangan Malas Ini Bahaya Tidak Membersihkan Makeup Sebelum Tidur

Komplikasi PKU yang Jarang Diketahui Namun Berbahaya

21 Mei 2024 - 13:54 WIB

Ini Komplikasi Yang Mungkin Terjadi Akibat Fenilketonuria

4 Rahasia Ampuh Basmi Flek Hitam, Wajah Cerah Seketika!

21 Mei 2024 - 12:40 WIB

4 Perawatan Wajah Untuk Usir Flek Hitam

Terkuak! Ini Dia Rahasia Terhindar dari Bahaya Filariasis

21 Mei 2024 - 11:23 WIB

Ini Penyebab Filariasis Yang Perlu Dihindari
Trending di Terkini