Menu

Mode Gelap
Samsung A55 5G Turun Harga! Spesifikasi Gadis, Kamera Saingi iPhone 13? Bocoran Samsung S24: AI Canggih, Harga Terjangkau? Mata Anti Lelah? Samsung A Series AMOLED Cuma 2 Jutaan! Samsung M15 5G: Benarkah HP 2 Jutaan Terbaik? [Review Jujur] Harga Galaxy A33 5G Anjlok! Masih Worth It di 2023? Samsung Tumbang? Raja Ponsel Lipat Baru Berkuasa!

Terkini · 9 Mei 2024 07:12 WIB · Waktu Baca

5 Rahasia Supaya Tubuh Rileks Setelah Olahraga

5 Relaksasi Paling Jitu Sehabis Olahraga Perbesar

5 Relaksasi Paling Jitu Sehabis Olahraga

5 Rahasia Supaya Tubuh Rileks Setelah Olahraga

Ligaponsel.com – Olahraga memang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun, setelah berolahraga, tubuh kita biasanya akan terasa lelah dan pegal-pegal. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa teknik relaksasi yang bisa kamu lakukan. Berikut 5 relaksasi paling jitu sehabis olahraga:

1. Stretching

Stretching adalah cara yang paling mudah dan efektif untuk meredakan pegal-pegal setelah berolahraga. Lakukan stretching pada semua otot yang terasa pegal, tahan selama 10-15 detik, dan ulangi 2-3 kali.

2. Pijat

Pijat dapat membantu melancarkan peredaran darah dan meredakan ketegangan otot. Kamu bisa meminta bantuan orang lain untuk memijatmu, atau menggunakan alat pijat sendiri.

3. Kompres dingin

Kompres dingin dapat membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri otot. Tempelkan kompres dingin pada area yang terasa sakit selama 15-20 menit, dan ulangi beberapa kali sepanjang hari.

4. Mandi air hangat

Mandi air hangat dapat membantu merelaksasi otot-otot yang tegang. Tambahkan sedikit garam epsom ke dalam air mandi untuk membantu mengurangi peradangan.

5. Tidur

Tidur adalah cara terbaik untuk memulihkan tenaga setelah berolahraga. Cobalah untuk tidur selama 7-8 jam setiap malam agar tubuhmu bisa beristirahat dengan baik.

Itulah 5 relaksasi paling jitu sehabis olahraga. Lakukan secara rutin untuk membantu tubuhmu pulih lebih cepat dan mencegah cedera.

5 Relaksasi Paling Jitu Sehabis Olahraga

Setelah berolahraga, tubuh kita pasti terasa lelah dan pegal-pegal. Untuk mengatasinya, ada beberapa teknik relaksasi yang bisa kita lakukan. Berikut 5 relaksasi paling jitu sehabis olahraga:

  • Stretching: Meredakan pegal-pegal
  • Pijat: Melancarkan peredaran darah
  • Kompres dingin: Mengurangi nyeri otot
  • Mandi air hangat: Merelaksasi otot
  • Tidur: Memulihkan tenaga

Keenam aspek tersebut sangat penting untuk dilakukan setelah berolahraga. Dengan melakukan relaksasi, tubuh kita akan lebih cepat pulih dan terhindar dari cedera.

Stretching

Siapa yang tidak kenal stretching? Relaksasi yang satu ini memang paling mudah dan efektif untuk meredakan pegal-pegal setelah berolahraga. Gerakan-gerakan peregangan dapat membantu meningkatkan fleksibilitas otot dan mengurangi ketegangan. Selain itu, stretching juga dapat melancarkan aliran darah dan mengurangi risiko cedera.

Cara melakukan stretching sangatlah mudah. Kamu bisa memulainya dengan meregangkan otot-otot leher, bahu, punggung, pinggang, dan kaki. Tahan setiap gerakan selama 10-15 detik, dan ulangi 2-3 kali. Lakukan stretching secara rutin setelah berolahraga untuk merasakan manfaatnya.

Pijat

Siapa yang tidak suka dipijat? Relaksasi yang satu ini memang sangat efektif untuk melancarkan peredaran darah, terutama setelah berolahraga.

Saat dipijat, otot-otot yang tegang akan menjadi lebih rileks. Hal ini dapat membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, sehingga tubuh bisa lebih cepat pulih dari kelelahan.

Kamu bisa meminta bantuan orang lain untuk memijatmu, atau menggunakan alat pijat sendiri. Pijatlah seluruh tubuhmu, terutama pada bagian-bagian yang terasa pegal.

Kompres dingin

Kompres dingin adalah salah satu cara paling efektif untuk mengurangi nyeri otot setelah berolahraga. Kompres dingin dapat membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan, sehingga nyeri otot pun berkurang.

Cara menggunakan kompres dingin sangatlah mudah. Kamu bisa menggunakan es batu yang dibungkus handuk, atau menggunakan kompres dingin yang dijual di apotek. Tempelkan kompres dingin pada area yang terasa sakit selama 15-20 menit, dan ulangi beberapa kali sepanjang hari.

Mandi air hangat

Setelah berolahraga, mandi air hangat dapat menjadi salah satu cara paling menyenangkan untuk merelaksasi otot-otot yang tegang.

Air hangat dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otot-otot, sehingga dapat mengurangi ketegangan dan nyeri. Selain itu, mandi air hangat juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, sehingga tubuh dapat lebih cepat pulih dari kelelahan.

Tidur

Tidur adalah cara terbaik untuk memulihkan tenaga setelah berolahraga. Saat kita tidur, tubuh kita akan memproduksi hormon pertumbuhan yang membantu memperbaiki jaringan otot dan mengurangi peradangan.

Usahakan untuk tidur selama 7-8 jam setiap malam setelah berolahraga. Dengan tidur yang cukup, tubuh kita bisa beristirahat dengan baik dan siap untuk aktivitas keesokan harinya.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Terkini: Andika Perkasa Cagub DKI? Keputusan Mengejutkan PDIP!

1 Juli 2024 - 20:23 WIB

Heboh! Bos Oplos Gas Elpiji Diduga "Bebas" Usai "Tombok" Rp 50 Juta?

1 Juli 2024 - 20:18 WIB

Wasiat Misterius: Pria di Cimindi Bandung Tutup Usia

1 Juli 2024 - 20:13 WIB

BPJS Wajib Bikin SIM? 7 Daerah Ini Berlaku, Ada Sumsel!

1 Juli 2024 - 20:10 WIB

Diciduk! Penculik Balita di Jakarta, Faktanya Bikin Syok!

1 Juli 2024 - 20:03 WIB

Tragedi Longsor Kandang Ayam Blitar: 2 Tewas, Pemilik Tertimbun

1 Juli 2024 - 19:59 WIB

Trending di Terkini