Menu

Mode Gelap
Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan? Rasakan Pengalaman Teknologi Terbaru di Samsung Experience Lounge Pondok Indah Golf! Bongkar Rahasia Samsung Galaxy A55, Wajib Tahu Sebelum Beli! Kamera Canggih, Samsung Galaxy A35 5G Bikin Food Photography Makin Kece!

Terkini · 9 Mei 2024 22:40 WIB · Waktu Baca

Makan Telur Setiap Hari: Mitos atau Fakta? Temukan Jawabannya di Sini!

Meski Menyehatkan Bolehkah Makan Telur Setiap Hari Perbesar


Makan Telur Setiap Hari: Mitos atau Fakta? Temukan Jawabannya di Sini!

Ligaponsel.com – Meski Menyehatkan, Bolehkah Makan Telur Setiap Hari?

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan nutrisi. Dalam sebutir telur, terkandung protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral. Maka, tidak heran jika telur sering dijadikan sebagai pilihan makanan untuk memulai hari atau sebagai camilan sehat.

Namun, belakangan ini muncul pertanyaan, bolehkah makan telur setiap hari? Pasalnya, beberapa penelitian mengaitkan konsumsi telur yang berlebihan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke.

Menurut American Heart Association, konsumsi telur hingga satu butir per hari masih dianggap aman bagi kesehatan jantung. Namun, bagi orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi atau riwayat penyakit jantung, konsumsi telur sebaiknya dibatasi.

Selain itu, cara mengolah telur juga perlu diperhatikan. Menggoreng telur dengan banyak minyak dapat meningkatkan kadar lemak jenuh dan kolesterol dalam telur. Sebaiknya, telur diolah dengan cara direbus, dikukus, atau diorak-arik dengan sedikit minyak.

Jadi, bolehkah makan telur setiap hari? Jawabannya adalah ya, namun dengan catatan konsumsi tidak berlebihan dan cara pengolahannya sehat.

Meski Menyehatkan, Bolehkah Makan Telur Setiap Hari?

Makan telur banyak manfaatnya, tapi bolehkah makan telur setiap hari? Yuk, cari tahu jawabannya!

  • Kandungan Nutrisi: Telur mengandung banyak protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral.
  • Kadar Kolesterol: Konsumsi telur berlebihan bisa meningkatkan kadar kolesterol.
  • Cara Pengolahan: Menggoreng telur dengan banyak minyak meningkatkan kadar lemak jenuh dan kolesterol.
  • Konsumsi Aman: American Heart Association merekomendasikan konsumsi telur hingga satu butir per hari.
  • Alternatif Pengolahan: Rebus, kukus, atau orak-arik telur dengan sedikit minyak untuk pilihan lebih sehat.

Jadi, bolehkah makan telur setiap hari? Jawabannya ya, asalkan tidak berlebihan dan diolah dengan sehat. Makan telur bisa jadi pilihan makanan bergizi untuk memulai hari atau sebagai camilan sehat.

Kandungan Nutrisi

Telur memang juara gizinya! Dalam sebutir telur, terkandung protein yang bikin kenyang lebih lama, lemak sehat yang bagus untuk jantung, serta berbagai vitamin dan mineral penting. Nggak heran kalau telur sering jadi pilihan makanan sehat untuk sarapan atau camilan.

Tapi, meskipun bergizi, boleh nggak sih makan telur setiap hari? Jawabannya, boleh aja asal nggak berlebihan. American Heart Association merekomendasikan konsumsi telur hingga satu butir per hari. So, jangan kalap makan telur ya, secukupnya aja!

Kadar Kolesterol

Makan telur memang sehat, tapi jangan kebanyakan ya! Karena, konsumsi telur yang berlebihan bisa bikin kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah meningkat. Kolesterol jahat ini bisa menumpuk di pembuluh darah dan bikin aliran darah tersumbat. Akibatnya, risiko penyakit jantung dan stroke pun meningkat.

Jadi, kalau kamu punya kadar kolesterol tinggi atau punya riwayat penyakit jantung, sebaiknya batasi konsumsi telur. Jangan lupa juga untuk selalu mengolah telur dengan cara yang sehat, seperti direbus, dikukus, atau diorak-arik dengan sedikit minyak.

Cara Pengolahan

Makan telur boleh-boleh aja, tapi jangan digoreng pakai minyak banyak-banyak ya! Soalnya, menggoreng telur dengan minyak banyak bisa bikin kadar lemak jahat (LDL) dan kolesterol dalam darah meningkat. Lemak jahat ini bisa bikin pembuluh darah tersumbat, yang bikin risiko penyakit jantung dan stroke meningkat.

Jadi, kalau mau makan telur yang sehat, mending direbus, dikukus, atau diorak-arik pakai sedikit minyak aja.

Konsumsi Aman

Meski telur menyehatkan, tapi jangan kalap makannya ya! American Heart Association kasih lampu hijau buat konsumsi telur satu butir per hari. Lebih dari itu, kolesterol jahat (LDL) bisa naik dan bikin pembuluh darah tersumbat. Akibatnya, risiko penyakit jantung dan stroke mengintai.

Jadi, buat yang hobi makan telur, inget batasannya ya. Satu butir per hari udah cukup buat dapetin manfaat gizinya tanpa khawatir kolesterol naik.

Alternatif Pengolahan

Makan telur memang sehat, tapi pengolahannya juga perlu diperhatikan lho!

Jangan digoreng pakai minyak banyak-banyak, soalnya bisa bikin kolesterol jahat naik. Mending direbus, dikukus, atau diorak-arik aja pakai sedikit minyak. Lebih sehat dan tetap nikmat!

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Rahasia Terkini Cegah Flu Burung yang Jarang Diketahui!

21 Mei 2024 - 17:52 WIB

10 Cara Cegah Penularan Flu Burung

Sirosis: Musuh Hati yang Harus Diwaspadai, Temukan Cara Ampuh Mengatasinya!

21 Mei 2024 - 16:01 WIB

Kenalan Dengan Sirosis Dan Gejalanya

Bahaya Mengintai Jika Malas Bersihkan Makeup Sebelum Tidur

21 Mei 2024 - 15:14 WIB

Jangan Malas Ini Bahaya Tidak Membersihkan Makeup Sebelum Tidur

Komplikasi PKU yang Jarang Diketahui Namun Berbahaya

21 Mei 2024 - 13:54 WIB

Ini Komplikasi Yang Mungkin Terjadi Akibat Fenilketonuria

4 Rahasia Ampuh Basmi Flek Hitam, Wajah Cerah Seketika!

21 Mei 2024 - 12:40 WIB

4 Perawatan Wajah Untuk Usir Flek Hitam

Terkuak! Ini Dia Rahasia Terhindar dari Bahaya Filariasis

21 Mei 2024 - 11:23 WIB

Ini Penyebab Filariasis Yang Perlu Dihindari
Trending di Terkini