Menu

Mode Gelap
Smartphone Canggih dengan Galaxy AI, Temukan Pilihan Terbaik! Kamera Samsung Galaxy A55 Mampu Ambil Foto Malam Hari yang Menakjubkan di SCBD! Samsung Galaxy A55 5G: Kejutan Spesifikasi dan Harga di Indonesia Samsung Galaxy S6 Lite 2024 Diam-diam Meluncur, Bawa Chipset Gahar! Samsung A35 5G Resmi Meluncur, Simak Harga dan Spesifikasi Gaharnya! Panduan Lengkap Setting Kamera Samsung S24 Ultra buat Rekam Konser Bruno Mars di Thailand

Terkini · 17 Mei 2024 08:47 WIB · Waktu Baca

Pterygium, Gangguan Mata yang Bikin Penampilanmu Terganggu

Pterygium Gangguan Mata Yang Bikin Penampilan Enggak Nyaman Perbesar


Pterygium, Gangguan Mata yang Bikin Penampilanmu Terganggu

Ligaponsel.com – Pterygium Gangguan Mata Yang Bikin Penampilan Enggak Nyaman

Pterygium adalah suatu kondisi dimana terjadi pertumbuhan selaput pada konjungtiva (selaput bening yang melapisi bagian putih mata dan kelopak mata bagian dalam). Selaput ini dapat tumbuh hingga menutupi kornea (selaput bening di bagian depan mata) dan mengganggu penglihatan. Pterygium dapat terjadi pada satu atau kedua mata dan biasanya lebih sering terjadi pada orang yang tinggal di daerah tropis atau subtropis.

Penyebab pasti pterygium tidak diketahui, namun diduga terkait dengan paparan sinar ultraviolet (UV) matahari, debu, dan angin. Faktor risiko lainnya termasuk usia lanjut, jenis kelamin laki-laki, dan pekerjaan yang banyak terpapar sinar UV matahari.

Gejala pterygium dapat bervariasi tergantung pada ukuran dan lokasi selaput. Beberapa orang mungkin tidak mengalami gejala apapun, sementara yang lain mungkin mengalami:

  • Mata merah
  • Gatal
  • Sensasi mengganjal
  • Penglihatan kabur
  • Mata berair
  • Penampilan yang tidak nyaman

Diagnosis pterygium dapat ditegakkan melalui pemeriksaan mata oleh dokter spesialis mata. Dokter akan memeriksa mata pasien dan menanyakan riwayat kesehatan mereka. Dalam beberapa kasus, dokter mungkin juga melakukan tes pencitraan untuk menilai ukuran dan lokasi selaput.

Pengobatan pterygium tergantung pada tingkat keparahan gejala. Jika gejala ringan, dokter mungkin akan menyarankan penggunaan obat tetes mata untuk mengurangi peradangan dan ketidaknyamanan. Jika gejala lebih berat atau selaput menutupi kornea dan mengganggu penglihatan, dokter mungkin akan merekomendasikan operasi untuk mengangkat selaput.

Pterygium yang tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti ulkus kornea, infeksi, dan bahkan kehilangan penglihatan. Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis mata jika Anda mengalami gejala pterygium.

Pterygium Gangguan Mata Yang Bikin Penampilan Enggak Nyaman

Pterygium adalah pertumbuhan selaput pada mata yang bisa bikin penampilan enggak nyaman. Yuk, kenali 6 aspek penting terkait pterygium:

  • Penyebab: Paparan sinar matahari, debu, angin
  • Gejala: Mata merah, gatal, pandangan kabur
  • Diagnosis: Pemeriksaan mata oleh dokter
  • Pengobatan: Obat tetes mata, operasi (jika parah)
  • Komplikasi: Ulkus kornea, infeksi, gangguan penglihatan
  • Pencegahan: Gunakan pelindung mata saat di luar ruangan

Pterygium yang tidak ditangani bisa menyebabkan masalah serius pada mata. Jadi, penting untuk periksa ke dokter jika kamu mengalami gejala-gejala pterygium. Dengan penanganan yang tepat, pterygium bisa dicegah dan diobati agar tidak mengganggu penampilan dan kesehatan mata kamu.

Penyebab: Paparan sinar matahari, debu, angin

Penyebab utama pterygium adalah paparan sinar matahari yang berlebihan, terutama sinar ultraviolet (UV). Sinar UV dapat merusak sel-sel pada konjungtiva, lapisan bening yang melapisi bagian putih mata dan kelopak mata bagian dalam. Paparan sinar matahari yang berkepanjangan dapat menyebabkan peradangan dan pertumbuhan selaput pada konjungtiva, yang akhirnya membentuk pterygium.

Selain sinar matahari, debu dan angin juga dapat memperburuk pterygium. Debu dan angin dapat mengiritasi mata dan menyebabkan peradangan, yang dapat mempercepat pertumbuhan selaput pterygium.

Gejala: Mata merah, gatal, pandangan kabur

Pterygium nggak cuma bikin penampilan nggak nyaman, tapi juga bisa bikin mata kamu terasa nggak enak. Gejala-gejala yang bisa muncul antara lain:

  • Mata merah: Pterygium bisa bikin mata kamu merah dan iritasi.
  • Gatal: Selaput pterygium yang tumbuh bisa bikin mata kamu gatal dan nggak nyaman.
  • Pandangan kabur: Kalau pterygium tumbuh sampai menutupi kornea, bisa bikin pandangan kamu jadi kabur.

Jangan anggap remeh gejala-gejala ini ya! Kalau kamu ngalamin gejala-gejala ini, langsung periksa ke dokter mata biar bisa dapet penanganan yang tepat.

Diagnosis: Pemeriksaan mata oleh dokter

Buat yang lagi ngalamin gangguan mata kayak mata merah, gatal, dan pandangan kabur, jangan panik dulu! Bisa jadi itu gejala pterygium, yaitu pertumbuhan selaput pada mata yang bikin penampilan nggak nyaman.

Nah, kalau kamu ngalamin gejala-gejala itu, langsung aja periksa ke dokter mata ya! Soalnya, cuma dokter mata yang bisa kasih diagnosis pasti apakah kamu kena pterygium atau bukan.

Pengobatan: Obat tetes mata, operasi (jika parah)

Kalau pterygium kamu masih kecil dan belum parah, dokter biasanya bakal kasih obat tetes mata buat ngurangin gejala-gejalanya, kayak mata merah dan gatal. Tapi, kalau pterygiumnya udah gede dan mengganggu penglihatan, dokter biasanya bakal saranin buat operasi.

Operasi pterygium biasanya dilakukan dengan cara mengangkat selaput pterygium yang tumbuh di mata. Operasi ini biasanya berjalan dengan cepat dan nggak butuh waktu lama. Setelah operasi, kamu mungkin bakal dikasih obat tetes mata atau salep mata buat ngurangin rasa sakit dan mempercepat penyembuhan.

Komplikasi: Ulkus kornea, infeksi, gangguan penglihatan

Pterygium yang nggak ditangani dengan baik bisa bikin komplikasi yang lebih parah, kayak:

  • Ulkus kornea: Luka pada kornea, lapisan bening di depan mata.
  • Infeksi: Pertumbuhan bakteri atau virus pada mata.
  • Gangguan penglihatan: Kalau pterygium udah gede banget, bisa nutupin kornea dan bikin penglihatan jadi kabur atau bahkan hilang.

Pencegahan: Gunakan pelindung mata saat di luar ruangan

Matahari memang baik, tapi kalau kebanyakan juga nggak baik. Apalagi buat kamu yang punya mata sensitif kayak pterygium, sinar matahari bisa bikin mata kamu tambah parah. Makanya, pakailah pelindung mata kayak kacamata hitam atau topi lebar setiap kali kamu keluar rumah. Pelindung mata ini bisa bantu ngelindungin mata kamu dari sinar matahari yang jahat.

Selain pakai pelindung mata, kamu juga bisa ngurangin risiko kena pterygium dengan cara:

  • Hindari berada di luar ruangan pada saat matahari lagi terik-teriknya.
  • Kalau terpaksa keluar rumah, carilah tempat yang teduh.
  • Makan makanan yang sehat dan bergizi, terutama yang mengandung vitamin A, C, dan E.
  • Istirahat yang cukup.
  • Kelola stres dengan baik.

Dengan ngelakuin tips-tips di atas, kamu bisa ngurangin risiko kena pterygium dan menjaga kesehatan mata kamu tetap prima.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Awas, Sindrom Langka Ini Bisa Bikin Penglihatan Terganggu!

27 Mei 2024 - 13:00 WIB

Awas Sindrom Horner Dapat Memengaruhi Penglihatan

Terungkap! Masalah Protein Sebabkan Penyakit Ginjal Kronis

27 Mei 2024 - 11:35 WIB

Masalah Protein Dalam Tubuh Bisa Sebabkan Sindrom Nefrotik

Terungkap! Perbedaan Mencengangkan Serangan Jantung dan Panik

27 Mei 2024 - 10:20 WIB

Ini Bedanya Serangan Jantung Dan Serangan Panik

Fakta Skizofrenia Paranoid yang Bikin Merinding!

27 Mei 2024 - 09:19 WIB

Gejala Skizofrenia Paranoid Yang Perlu Diwaspadai

Terungkap! Alasan Penting Mengapa Kepala Pingsan Harus Lebih Rendah

27 Mei 2024 - 07:41 WIB

Orang Pingsan Posisi Kepala Harus Lebih Rendah Ini Alasannya

Terbongkar! 3 Rahasia Penyebab Sindrom Cinderella Complex

27 Mei 2024 - 07:02 WIB

3 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Sindrom Cinderella Complex
Trending di Terkini