Menu

Mode Gelap
Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan? Rasakan Pengalaman Teknologi Terbaru di Samsung Experience Lounge Pondok Indah Golf! Bongkar Rahasia Samsung Galaxy A55, Wajib Tahu Sebelum Beli! Kamera Canggih, Samsung Galaxy A35 5G Bikin Food Photography Makin Kece!

Terkini · 17 Mei 2024 00:13 WIB · Waktu Baca

Terungkap! 4 Penyebab Radang Usus yang Jarang Diketahui

Inilah 4 Penyebab Radang Usus Perbesar


Terungkap! 4 Penyebab Radang Usus yang Jarang Diketahui

Ligaponsel.com – Inilah 4 Penyebab Radang Usus

Radang usus adalah kondisi peradangan yang terjadi pada saluran pencernaan. Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai gejala, seperti diare, nyeri perut, dan kembung. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan radang usus, di antaranya:

1. Infeksi

Infeksi oleh bakteri, virus, atau parasit dapat menyebabkan radang usus. Beberapa jenis infeksi yang dapat menyebabkan radang usus antara lain:

  • Infeksi bakteri, seperti Salmonella, E. coli, dan Shigella
  • Infeksi virus, seperti norovirus dan rotavirus
  • Infeksi parasit, seperti Giardia dan Cryptosporidium

2. Penyakit radang usus (IBD)

IBD adalah kondisi peradangan kronis yang terjadi pada saluran pencernaan. Ada dua jenis utama IBD, yaitu:

  • Penyakit Crohn: Penyakit ini dapat menyebabkan peradangan pada bagian mana pun dari saluran pencernaan, dari mulut hingga anus.
  • Kolitis ulserativa: Penyakit ini hanya menyebabkan peradangan pada usus besar.

3. Divertikulitis

Divertikulitis adalah kondisi yang terjadi ketika kantung kecil (divertikel) yang terbentuk di dinding usus besar menjadi meradang atau terinfeksi. Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri perut, sembelit, dan diare.

4. Iskemia mesenterika

Iskemia mesenterika adalah kondisi yang terjadi ketika suplai darah ke usus berkurang. Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri perut, mual, dan muntah.

Jika Anda mengalami gejala radang usus, seperti diare, nyeri perut, atau kembung, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Inilah 4 Penyebab Radang Usus

Tahukah kamu apa saja penyebab radang usus? Yuk, simak 4 penyebab utamanya di bawah ini!

  1. Infeksi: Bakteri, virus, atau parasit.
  2. IBD: Penyakit radang usus kronis.
  3. Divertikulitis: Peradangan kantung di usus besar.
  4. Iskemia mesenterika: Kurangnya suplai darah ke usus.

Penyebab-penyebab ini dapat menimbulkan gejala yang mengganggu, seperti diare, nyeri perut, dan kembung. Jika kamu mengalami gejala-gejala tersebut, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Infeksi

Penyebab radang usus yang pertama adalah infeksi. Infeksi ini bisa disebabkan oleh bakteri, virus, atau parasit. Beberapa contoh bakteri yang dapat menyebabkan radang usus antara lain Salmonella, E. coli, dan Shigella. Sementara itu, contoh virus yang dapat menyebabkan radang usus adalah norovirus dan rotavirus. Infeksi parasit yang dapat menyebabkan radang usus antara lain Giardia dan Cryptosporidium.

IBD

Penyebab radang usus yang kedua adalah penyakit radang usus (IBD). IBD adalah kondisi peradangan kronis yang terjadi pada saluran pencernaan. Ada dua jenis utama IBD, yaitu penyakit Crohn dan kolitis ulserativa.

Penyakit Crohn dapat menyebabkan peradangan pada bagian mana pun dari saluran pencernaan, dari mulut hingga anus. Sementara itu, kolitis ulserativa hanya menyebabkan peradangan pada usus besar.

Divertikulitis

Divertikulitis terjadi ketika kantung-kantung kecil yang terbentuk di dinding usus besar, yang disebut divertikula, menjadi meradang atau terinfeksi. Kantung-kantung ini dapat terbentuk akibat tekanan pada dinding usus besar, misalnya karena sembelit kronis.

Gejala divertikulitis dapat meliputi nyeri perut, terutama di sisi kiri perut, sembelit, diare, dan demam. Dalam kasus yang parah, divertikulitis dapat menyebabkan komplikasi seperti peritonitis (radang selaput yang melapisi rongga perut) atau pembentukan abses.

Iskemia mesenterika

Penyebab radang usus yang keempat adalah iskemia mesenterika. Kondisi ini terjadi ketika suplai darah ke usus berkurang. Kurangnya suplai darah ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah yang memasok darah ke usus.

Iskemia mesenterika dapat menyebabkan gejala seperti nyeri perut yang hebat, mual, muntah, dan diare. Dalam kasus yang parah, iskemia mesenterika dapat menyebabkan kerusakan usus yang permanen dan bahkan kematian.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Terkini: Penanganan Cepat Kunci Selamat dari Flu Burung yang Mematikan

22 Mei 2024 - 04:38 WIB

Penanganan Flu Burung Mesti Cepat Atau Bisa Berakibat Fatal

Bahaya Flu Babi: Ancaman Tersembunyi bagi Penderita Penyakit Kronis

22 Mei 2024 - 02:47 WIB

Bahaya Flu Babi Memperparah Penyakit Kronis

Waspada! Flu Burung Mematikan Mengintai, Ketahui Fakta Pentingnya

22 Mei 2024 - 01:40 WIB

Ditularkan Lewat Unggas Flu Burung Berbahaya

Bahaya Tersembunyi Bagi Ibu Hamil: Dampak Minum Alkohol

22 Mei 2024 - 00:55 WIB

Terjadi Bila Ibu Hamil Minum Minuman Beralkohol

Terbongkar! Fakta Mengejutkan Dibalik Mitos Rambut Bayi Dicukur Jadi Lebat

21 Mei 2024 - 23:39 WIB

Cukur Rambut Bayi Bikin Lebat Mitos Atau Fakta

Eksim Atopik: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan yang Wajib Diketahui

21 Mei 2024 - 21:59 WIB

Gejala Yang Muncul Di Kulit Akibat Eksim Atopik
Trending di Terkini