Menu

Mode Gelap
Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan? Rasakan Pengalaman Teknologi Terbaru di Samsung Experience Lounge Pondok Indah Golf! Bongkar Rahasia Samsung Galaxy A55, Wajib Tahu Sebelum Beli! Kamera Canggih, Samsung Galaxy A35 5G Bikin Food Photography Makin Kece!

Terkini · 11 Mei 2024 05:55 WIB · Waktu Baca

Rahasia Gigi Putih Terungkap! 7 Penyebab Gigi Kekuningan

7 Penyebab Yang Membuat Gigi Tampak Menguning Perbesar


Rahasia Gigi Putih Terungkap! 7 Penyebab Gigi Kekuningan

Ligaponsel.com – Gigi kuning merupakan masalah yang sering dialami banyak orang. Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan gigi tampak menguning, mulai dari faktor internal hingga faktor eksternal. Berikut ini adalah 7 penyebab yang membuat gigi tampak menguning:

  1. Merokok: Nikotin dan tar dalam rokok dapat menempel pada gigi dan menyebabkan perubahan warna.
  2. Minuman Berwarna Gelap: Minuman seperti kopi, teh, dan anggur merah mengandung tanin yang dapat menodai gigi.
  3. Makanan Asam: Makanan asam seperti jeruk dan cuka dapat mengikis enamel gigi, sehingga membuat gigi lebih rentan terhadap perubahan warna.
  4. Penuaan: Seiring bertambahnya usia, enamel gigi akan menipis dan lapisan dentin di bawahnya akan terlihat. Dentin berwarna kekuningan, sehingga dapat membuat gigi tampak menguning.
  5. Genetika: Beberapa orang memiliki gen yang membuat mereka lebih rentan terhadap gigi kuning.
  6. Higiene Mulut yang Buruk: Tidak menyikat gigi secara teratur dan tidak menggunakan benang gigi dapat menyebabkan penumpukan plak dan karang gigi, yang dapat membuat gigi tampak kuning.
  7. Obat-obatan Tertentu: Beberapa obat-obatan, seperti tetrasiklin dan doksisiklin, dapat menyebabkan gigi berubah warna.

Jika Anda mengalami gigi kuning, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memutihkan gigi, seperti:

  • Menggunakan pasta gigi pemutih
  • Melakukan bleaching gigi di dokter gigi
  • Menggunakan produk pemutih gigi yang dijual bebas

Namun, sebelum melakukan pemutihan gigi, penting untuk berkonsultasi dengan dokter gigi terlebih dahulu untuk mengetahui penyebab gigi kuning dan menentukan metode pemutihan yang tepat.

Dengan menjaga kebersihan mulut yang baik dan menghindari faktor-faktor yang dapat menyebabkan gigi kuning, Anda dapat menjaga gigi tetap putih dan sehat.

7 Penyebab Yang Membuat Gigi Tampak Menguning

Gigi kuning memang menyebalkan! Tapi tenang, kita bahas dulu yuk 7 penyebabnya:

  1. Rokok: Asapnya bikin gigi kuning.
  2. Minuman Gelap: Kopi, teh, anggur merah bikin gigi kusam.
  3. Makanan Asam: Jeruk, cuka bikin enamel gigi rusak.
  4. Penuaan: Gigi makin tua, makin kuning.
  5. Keturunan: Ada yang memang giginya gampang kuning.
  6. Gigi Kotor: Plak dan karang gigi bikin gigi kuning.
  7. Obat Tertentu: Tetrasiklin dan doksisiklin bikin gigi berubah warna.

Nah, sekarang kamu tahu kan penyebab gigi kuning? Yuk, jaga kesehatan gigi biar nggak makin kuning!

Rokok

Siapa yang suka ngerokok? Pasti tahu dong kalau asap rokok itu nggak baik buat gigi. Nikotin dan tar dalam asap rokok bisa nempel di gigi dan bikin warnanya jadi kuning. Makin banyak ngerokok, makin kuning deh gigi kamu.

Jadi, buat yang pengen punya gigi putih bersih, mending kurangi ngerokoknya ya. Atau, kalau bisa, berhenti aja sekalian. Selain bikin gigi kuning, ngerokok juga nggak bagus buat kesehatan paru-paru dan jantung kamu lho.

Minuman Gelap

Siapa yang suka ngopi, ngeteh, atau minum anggur merah? Hati-hati, minuman-minuman ini bisa bikin gigi kamu kusam lho!

Minuman gelap mengandung zat warna yang disebut tanin. Tanin ini bisa nempel di gigi dan bikin warnanya jadi kuning atau kecoklatan. Makin sering kamu minum minuman gelap, makin kusam deh gigi kamu.

Jadi, kalau kamu pengen punya gigi putih bersih, mending kurangi minum minuman gelap ya. Atau, kalau bisa, hindari aja sekalian. Ganti aja sama air putih atau jus buah yang nggak berwarna gelap.

Makanan Asam

Makanan asam itu banyak banget di sekitar kita. Mulai dari buah-buahan seperti jeruk, lemon, dan nanas, sampai makanan olahan seperti acar dan cuka. Makanan-makanan ini memang enak, tapi sayangnya bisa bikin enamel gigi kita rusak lho!

Enamel gigi itu lapisan terluar gigi yang melindungi bagian dalam gigi dari kerusakan. Nah, makanan asam itu mengandung zat yang bisa mengikis enamel gigi. Kalau enamel gigi rusak, gigi kita jadi lebih rentan terhadap perubahan warna dan kerusakan lainnya.

Jadi, kalau kamu pengen punya gigi yang sehat dan putih, mending kurangi makan makanan asam ya. Atau, kalau bisa, hindari aja sekalian. Ganti aja sama makanan yang lebih sehat, seperti buah-buahan dan sayuran yang nggak terlalu asam.

Penuaan

Seiring bertambahnya usia, gigi kita akan mengalami perubahan warna secara alami. Hal ini disebabkan oleh menipisnya lapisan enamel gigi, sehingga lapisan dentin di bawahnya yang berwarna kekuningan akan lebih terlihat.

Proses penuaan tidak dapat dihindari, tetapi kita dapat memperlambat perubahan warna gigi dengan menjaga kesehatan gigi dan menghindari faktor-faktor yang dapat memperparah perubahan warna, seperti merokok, mengonsumsi minuman berwarna gelap, dan makanan asam.

Keturunan

Pernah nggak sih kamu ngelihat orang yang giginya putih banget, tapi ada juga yang giginya kuning? Nah, ternyata warna gigi itu bisa dipengaruhi sama keturunan lho!

Ada orang yang memang terlahir dengan gigi yang lebih putih, ada juga yang giginya lebih kuning. Hal ini disebabkan oleh perbedaan kadar mineral dan protein dalam enamel gigi. Enamel gigi itu lapisan terluar gigi yang melindungi bagian dalam gigi dari kerusakan.

Jadi, kalau kamu punya gigi yang kuning, jangan berkecil hati. Bisa jadi itu karena keturunan kamu. Tapi, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan gigi ya, biar gigimu tetap sehat dan kuat.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Dampak Cerdas Berlebih: Awas Gangguan Mental Mengintai!

22 Mei 2024 - 05:47 WIB

Semakin Cerdas Seseorang Rentan Kena Gangguan Mental

Terkini: Penanganan Cepat Kunci Selamat dari Flu Burung yang Mematikan

22 Mei 2024 - 04:38 WIB

Penanganan Flu Burung Mesti Cepat Atau Bisa Berakibat Fatal

Bahaya Flu Babi: Ancaman Tersembunyi bagi Penderita Penyakit Kronis

22 Mei 2024 - 02:47 WIB

Bahaya Flu Babi Memperparah Penyakit Kronis

Waspada! Flu Burung Mematikan Mengintai, Ketahui Fakta Pentingnya

22 Mei 2024 - 01:40 WIB

Ditularkan Lewat Unggas Flu Burung Berbahaya

Bahaya Tersembunyi Bagi Ibu Hamil: Dampak Minum Alkohol

22 Mei 2024 - 00:55 WIB

Terjadi Bila Ibu Hamil Minum Minuman Beralkohol

Terbongkar! Fakta Mengejutkan Dibalik Mitos Rambut Bayi Dicukur Jadi Lebat

21 Mei 2024 - 23:39 WIB

Cukur Rambut Bayi Bikin Lebat Mitos Atau Fakta
Trending di Terkini