Menu

Mode Gelap
Samsung Tumbang? Raja Ponsel Lipat Baru Berkuasa! Smartphone Canggih dengan Galaxy AI, Temukan Pilihan Terbaik! Kamera Samsung Galaxy A55 Mampu Ambil Foto Malam Hari yang Menakjubkan di SCBD! Samsung Galaxy A55 5G: Kejutan Spesifikasi dan Harga di Indonesia Samsung Galaxy S6 Lite 2024 Diam-diam Meluncur, Bawa Chipset Gahar! Samsung A35 5G Resmi Meluncur, Simak Harga dan Spesifikasi Gaharnya!

Terkini · 23 Mei 2024 14:36 WIB · Waktu Baca

Terkuak, Mitos Tennis Elbow Hanya Terjadi pada Pemain Tenis

Tennis Elbow Penyakit Yang Diakibatkan Terlalu Sering Main Tenis Benarkah Perbesar


Terkuak, Mitos Tennis Elbow Hanya Terjadi pada Pemain Tenis

Ligaponsel.com – Tennis Elbow: Apakah Disebabkan Karena Terlalu Sering Main Tenis?

Tennis elbow adalah kondisi yang menyebabkan nyeri pada bagian luar siku. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh penggunaan berlebihan otot-otot yang menempel pada bagian luar siku. Tenis elbow paling sering terjadi pada orang yang berusia antara 30 dan 50 tahun, dan lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria. Gejala tennis elbow biasanya berupa nyeri pada bagian luar siku, nyeri saat menggenggam atau memutar benda, dan nyeri saat menekuk atau meluruskan lengan.

Penyebab pasti tennis elbow tidak diketahui, namun kondisi ini diduga disebabkan oleh kombinasi beberapa faktor, termasuk penggunaan berlebihan, trauma, dan faktor genetik. Penggunaan berlebihan otot-otot yang menempel pada bagian luar siku dapat menyebabkan robekan kecil pada tendon yang menempel pada tulang siku. Robekan kecil ini dapat menyebabkan peradangan dan nyeri. Trauma pada siku, seperti jatuh atau terbentur, juga dapat menyebabkan tennis elbow. Faktor genetik juga diduga berperan dalam perkembangan tennis elbow.

Pengobatan tennis elbow biasanya meliputi istirahat, kompres es, obat antiinflamasi, dan fisioterapi. Dalam kasus yang parah, pembedahan mungkin diperlukan. Kebanyakan orang dengan tennis elbow akan membaik dengan pengobatan konservatif, namun kondisi ini dapat kambuh jika aktivitas yang memicu gejala tidak dihindari.

Untuk mencegah tennis elbow, penting untuk melakukan pemanasan sebelum berolahraga, menggunakan teknik yang tepat saat melakukan aktivitas, dan menghindari penggunaan berlebihan. Jika Anda mengalami nyeri pada bagian luar siku, segera hentikan aktivitas dan istirahatkan siku. Anda juga dapat mengompres siku dengan es dan minum obat antiinflamasi. Jika nyeri berlanjut atau memburuk, segera konsultasikan ke dokter.

Tennis Elbow

Kenali Tennis Elbow Lebih Dekat

Tennis elbow, nyeri siku yang bikin aktivitas serasa berat. Tapi, apa iya cuma gara-gara main tenis? Yuk, cari tahu faktanya!

  • Penyebab: Penggunaan otot berlebihan, cedera, faktor genetik
  • Gejala: Nyeri siku bagian luar, sulit menggenggam benda
  • Pengobatan: Istirahat, kompres es, obat antiinflamasi, fisioterapi
  • Pencegahan: Pemanasan sebelum olahraga, teknik tepat saat beraktivitas
  • Fakta: Bisa terjadi pada siapa saja, bukan cuma pemain tenis
  • Tips: Konsultasi dokter jika nyeri berlanjut atau memburuk

Jadi, tennis elbow nggak cuma disebabkan karena main tenis berlebihan. Berbagai faktor bisa jadi pemicunya. Yang penting, kenali gejalanya dan obati dengan tepat agar aktivitas sehari-hari nggak terganggu.

Penyebab Tennis Elbow

Tennis elbow, nyeri siku yang bikin aktivitas serasa berat. Tapi, apa iya cuma gara-gara main tenis? Yuk, cari tahu faktanya!

Penyebab tennis elbow ternyata beragam, bukan cuma karena main tenis berlebihan. Penggunaan otot secara berlebihan, cedera, bahkan faktor genetik juga bisa jadi pemicunya.

Gejala

Kalau siku bagian luar nyeri dan susah buat menggenggam benda, bisa jadi itu gejala tennis elbow. Tapi tenang aja, nggak cuma pemain tenis yang bisa kena kondisi ini. Berbagai aktivitas yang melibatkan penggunaan otot lengan berlebihan juga bisa jadi penyebabnya.

Pengobatan

Kalau tennis elbow menyerang, jangan panik! Ada beberapa cara buat ngatasinnya:

  • Istirahatkan siku: Hindari dulu aktivitas yang bikin siku nyeri.
  • Kompres es: Tempelkan es ke siku yang nyeri selama 15-20 menit, beberapa kali sehari.
  • Obat antiinflamasi: Obat seperti ibuprofen atau naproxen bisa bantu meredakan nyeri dan peradangan.
  • Fisioterapi: Latihan khusus dari fisioterapis bisa bantu memperkuat otot siku dan meningkatkan fleksibilitas.

Pencegahan

Mau terhindar dari tennis elbow? Gampang kok!

Sebelum olahraga, jangan lupa pemanasan. Peregangan ringan bisa bikin otot-otot siap bergerak dan nggak kaget. Pas lagi beraktivitas, pastikan pakai teknik yang benar. Jangan sampai salah gaya, nanti malah bikin siku cedera.

Fakta

Siapa bilang tennis elbow cuma penyakitnya pemain tenis? Faktanya, kondisi ini bisa menimpa siapa aja yang sering menggunakan otot lengan secara berlebihan. Misalnya, ibu rumah tangga yang sering mengangkat beban berat, pekerja kantoran yang seharian ngetik, bahkan gamers yang hobi main game pakai mouse dan keyboard.

Jadi, kalau kamu mengalami nyeri di bagian luar siku, jangan buru-buru menyalahkan olahraga tenis. Bisa jadi, aktivitas sehari-hari kamu yang jadi penyebabnya.

Tips

Nyeri siku berkepanjangan bisa jadi pertanda masalah serius. Kalau nyeri nggak kunjung reda setelah beberapa hari istirahat dan pengobatan rumahan, jangan ragu buat konsultasi ke dokter. Dokter akan memeriksa kondisi siku dan kasih penanganan yang tepat, seperti suntik kortison atau bahkan operasi.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bongkar Framing! Skandal Korupsi Timah Terkini

1 Juni 2024 - 08:06 WIB

Publik Diminta Waspadai Framing Terkait Kasus Korupsi Timah

Fitnah Herviano? Akademisi: "Hati-hati Pidana!"

1 Juni 2024 - 08:04 WIB

Fitnah ke Herviano Dinilai Ngawur, Akademisi Ingatkan Ancaman Pidananya

Herviano & Korupsi Timah: Pengamat, "Pembuat Hoax Bisa Dipidana!"

1 Juni 2024 - 07:58 WIB

Pengamat Ingatkan Pihak yang Goreng Isu Herviano Terlibat Korupsi Timah Bisa Dipidana

Mochamad Herviano: Menantu Komjen Budi Waseso, Siapa Beliau?

1 Juni 2024 - 07:52 WIB

Profil Mochamad Herviano Widyatama Menantu Komjen Pol Purn Budi Waseso

Gerakan Salafi Wahabi: Rahasia di Balik 4G yang Menggemparkan!

1 Juni 2024 - 07:47 WIB

Gerakan Salafi Wahabi, Waspadai Empat G

Salafi & Muhammadiyah: Akar Kedekatan yang Mengejutkan

1 Juni 2024 - 07:43 WIB

Mengapa Paham Salafi Mudah Masuk di Muhammadiyah?
Trending di Terkini