Menu

Mode Gelap
Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan? Rasakan Pengalaman Teknologi Terbaru di Samsung Experience Lounge Pondok Indah Golf! Bongkar Rahasia Samsung Galaxy A55, Wajib Tahu Sebelum Beli! Kamera Canggih, Samsung Galaxy A35 5G Bikin Food Photography Makin Kece!

Terkini · 16 Mei 2024 16:50 WIB · Waktu Baca

Jangan Tertipu! Penggalangan Dana untuk Korban Kecelakaan SMK Ternyata Hoaks

Keluarga Pastikan Penggalangan Dana untuk Korban Kecelakaan Maut Rombongan SMK Lingga Jaya Hoaks Perbesar


Jangan Tertipu! Penggalangan Dana untuk Korban Kecelakaan SMK Ternyata Hoaks

Ligaponsel.com – Keluarga Pastikan Penggalangan Dana untuk Korban Kecelakaan Maut Rombongan SMK Lingga Jaya Hoaks

Keluarga korban kecelakaan maut rombongan SMK Lingga Jaya memastikan bahwa penggalangan dana yang beredar di media sosial adalah hoaks. Mereka mengimbau masyarakat untuk tidak tertipu dan melakukan donasi melalui pihak yang terpercaya.

Salah satu keluarga korban, bernama Santi, mengatakan bahwa dia mengetahui adanya penggalangan dana tersebut dari media sosial. Namun, setelah dikonfirmasi kepada pihak sekolah dan kepolisian, dipastikan bahwa penggalangan dana tersebut tidak benar.

“Kami mengimbau masyarakat untuk tidak tertipu dan melakukan donasi melalui pihak yang terpercaya. Saat ini, kami masih fokus pada proses pemakaman dan pemulihan korban yang selamat,” ujar Santi.

Sementara itu, pihak sekolah SMK Lingga Jaya juga telah mengeluarkan pernyataan resmi bahwa tidak ada penggalangan dana yang dilakukan oleh pihak sekolah atau keluarga korban.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak percaya dan tidak menyebarkan informasi yang tidak benar. Jika ingin memberikan bantuan, silakan langsung menghubungi pihak sekolah atau keluarga korban yang bersangkutan,” kata Kepala Sekolah SMK Lingga Jaya, Budiman.

Kecelakaan maut yang menimpa rombongan SMK Lingga Jaya terjadi pada hari Selasa (10/1/2023) di Jalan Raya Pantura, Kabupaten Cirebon. Akibat kecelakaan tersebut, 11 orang meninggal dunia dan 15 orang lainnya mengalami luka-luka.

Keluarga Pastikan Penggalangan Dana untuk Korban Kecelakaan Maut Rombongan SMK Lingga Jaya Hoaks

Menyikapi peristiwa kecelakaan maut yang menimpa rombongan SMK Lingga Jaya, keluarga korban mengimbau masyarakat untuk tidak tertipu oleh penggalangan dana palsu yang beredar di media sosial. Berikut adalah 6 aspek penting terkait berita hoaks ini:

  1. Keluarga Korban Memastikan Hoaks
  2. Pihak Sekolah Menyatakan Tidak Ada Penggalangan Dana
  3. Polisi Mengimbau Hati-Hati Penipuan
  4. Masyarakat Diminta Waspada
  5. Donasi Melalui Pihak Terpercaya
  6. Hukuman Bagi Penyebar Hoaks

Keenam aspek tersebut saling berkaitan dan membentuk sebuah rangkaian informasi yang utuh. Keluarga korban yang memastikan hoaks menjadi dasar bagi pihak sekolah dan kepolisian untuk mengeluarkan pernyataan resmi. Masyarakat diharapkan dapat memahami informasi ini dengan baik dan tidak mudah tertipu oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Donasi sebaiknya dilakukan melalui pihak yang terpercaya, seperti lembaga sosial atau organisasi resmi. Perlu diketahui juga bahwa penyebaran hoaks dapat dikenakan sanksi hukum.

Keluarga Korban Memastikan Hoaks

Keluarga korban kecelakaan maut rombongan SMK Lingga Jaya dengan sigap memastikan bahwa penggalangan dana yang beredar di media sosial adalah hoaks. Tindakan cepat ini sangat penting karena dapat mencegah masyarakat tertipu dan kehilangan harta benda mereka. Bayangkan jika banyak orang yang terlanjur menyumbang ke rekening penipu, tentu akan sangat merugikan, bukan?

Keluarga korban yang dengan sigap mengklarifikasi informasi hoaks ini juga menunjukkan bahwa mereka sangat peduli dengan kondisi para korban dan keluarga yang ditinggalkan. Mereka tidak ingin ada pihak-pihak yang mengambil keuntungan dari situasi duka yang sedang dialami.

Pihak Sekolah Menyatakan Tidak Ada Penggalangan Dana

Selain keluarga korban, pihak sekolah juga dengan tegas menyatakan bahwa tidak ada penggalangan dana yang dilakukan. Hal ini semakin memperkuat informasi bahwa penggalangan dana yang beredar di media sosial adalah hoaks.

Tindakan pihak sekolah ini sangat penting untuk mencegah kesalahpahaman di masyarakat. Dengan adanya pernyataan resmi dari pihak sekolah, masyarakat diharapkan tidak ragu lagi untuk mengabaikan penggalangan dana tersebut.

Polisi Mengimbau Hati-Hati Penipuan

Bukan cuma keluarga korban dan pihak sekolah, pihak kepolisian pun ikut angkat bicara. Mereka mengimbau masyarakat untuk hati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan korban kecelakaan.

Polisi mengingatkan bahwa segala bentuk bantuan dan donasi harus dilakukan melalui saluran resmi. Masyarakat diimbau untuk tidak mudah percaya pada informasi yang beredar di media sosial dan selalu melakukan konfirmasi kepada pihak yang berwenang.

Masyarakat Diminta Waspada

Imbauan untuk selalu waspada terhadap segala bentuk penipuan juga disampaikan kepada masyarakat. Di era digital seperti sekarang ini, hoaks dan penipuan dapat dengan mudah beredar di media sosial dan platform online lainnya.

Masyarakat diimbau untuk selalu melakukan pengecekan fakta sebelum mempercayai sebuah informasi. Jangan mudah tergiur dengan iming-iming bantuan atau donasi yang tidak jelas asal-usulnya.

Donasi Melalui Pihak Terpercaya

Jika kamu ingin membantu korban kecelakaan, pastikan untuk menyalurkan bantuanmu melalui pihak yang terpercaya. Bisa melalui lembaga sosial, organisasi resmi, atau langsung ke pihak keluarga korban.

Jangan tergiur dengan penggalangan dana yang tidak jelas asal-usulnya. Cek dulu legalitas dan kredibilitas lembaga atau organisasi yang menggalang dana tersebut.

Hukuman Bagi Penyebar Hoaks

Bagi pihak-pihak yang dengan sengaja menyebarkan berita hoaks, hati-hati, karena bisa dikenakan hukuman pidana. Penyebaran hoaks dapat meresahkan masyarakat dan merugikan banyak pihak.

Jadi, sebelum menyebarkan informasi, pastikan dulu kebenarannya. Jangan mudah percaya dengan kabar yang belum jelas sumbernya. Cek dan ricek dulu faktanya, agar tidak terjebak hoaks.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Dampak Cerdas Berlebih: Awas Gangguan Mental Mengintai!

22 Mei 2024 - 05:47 WIB

Semakin Cerdas Seseorang Rentan Kena Gangguan Mental

Terkini: Penanganan Cepat Kunci Selamat dari Flu Burung yang Mematikan

22 Mei 2024 - 04:38 WIB

Penanganan Flu Burung Mesti Cepat Atau Bisa Berakibat Fatal

Bahaya Flu Babi: Ancaman Tersembunyi bagi Penderita Penyakit Kronis

22 Mei 2024 - 02:47 WIB

Bahaya Flu Babi Memperparah Penyakit Kronis

Waspada! Flu Burung Mematikan Mengintai, Ketahui Fakta Pentingnya

22 Mei 2024 - 01:40 WIB

Ditularkan Lewat Unggas Flu Burung Berbahaya

Bahaya Tersembunyi Bagi Ibu Hamil: Dampak Minum Alkohol

22 Mei 2024 - 00:55 WIB

Terjadi Bila Ibu Hamil Minum Minuman Beralkohol

Terbongkar! Fakta Mengejutkan Dibalik Mitos Rambut Bayi Dicukur Jadi Lebat

21 Mei 2024 - 23:39 WIB

Cukur Rambut Bayi Bikin Lebat Mitos Atau Fakta
Trending di Terkini