Menu

Mode Gelap
Samsung A35 5G Resmi Meluncur, Simak Harga dan Spesifikasi Gaharnya! Panduan Lengkap Setting Kamera Samsung S24 Ultra buat Rekam Konser Bruno Mars di Thailand Bocoran Samsung Galaxy Z Fold 6: Tipis, Kamera 200 MP, Bakal Hajar Pesaing! Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan?

Terkini · 17 Mei 2024 06:13 WIB · Waktu Baca

Harga Emas Mendekati $2.400, Suku Bunga The Fed Jadi Sorotan!

Harga Emas Dekati .400 karena Data CPI Membuat Penurunan Suku Bunga Fed Jadi Fokus Perbesar


Harga Emas Mendekati $2.400, Suku Bunga The Fed Jadi Sorotan!

Harga Emas Dekati $2.400 karena Data CPI Membuat Penurunan Suku Bunga Fed Jadi Fokus

Harga emas mendekati $2.400 per ons pada hari Rabu (15/2) karena data inflasi AS yang lebih tinggi dari perkiraan meningkatkan ekspektasi bahwa Federal Reserve (Fed) akan mempertahankan suku bunga lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama.

Indeks harga konsumen (IHK) AS naik 0,5% pada bulan Januari, lebih tinggi dari perkiraan kenaikan 0,4%. Kenaikan tersebut terutama disebabkan oleh kenaikan harga perumahan, makanan, dan transportasi.

Data IHK yang lebih tinggi meningkatkan ekspektasi bahwa Fed akan mempertahankan suku bunga lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama. Hal ini membuat emas lebih menarik bagi investor karena dianggap sebagai aset lindung nilai terhadap inflasi.

Selain data IHK, data penjualan ritel AS yang lebih kuat dari perkiraan juga mendukung harga emas. Penjualan ritel naik 3% pada bulan Januari, lebih tinggi dari perkiraan kenaikan 1,8%. Kenaikan tersebut menunjukkan bahwa konsumen masih bersedia membelanjakan uang meskipun suku bunga lebih tinggi.

Secara keseluruhan, harga emas mendapat dukungan dari ekspektasi suku bunga yang lebih tinggi dan data ekonomi yang kuat. Emas diperkirakan akan terus menguat dalam beberapa bulan mendatang karena investor mencari aset lindung nilai terhadap inflasi.

Harga Emas Dekati $2.400 karena Data CPI Membuat Penurunan Suku Bunga Fed Jadi Fokus

Lima aspek penting yang perlu diperhatikan:

  • Harga emas naik
  • Data inflasi tinggi
  • Fed akan menaikkan suku bunga
  • Emas lindung nilai inflasi
  • Ekonomi AS kuat

Harga emas naik karena data inflasi yang tinggi membuat investor mencari aset lindung nilai. Fed diperkirakan akan terus menaikkan suku bunga untuk melawan inflasi. Namun, ekonomi AS yang kuat menunjukkan bahwa konsumen masih bersedia membelanjakan uang. Hal ini mendukung harga emas karena menunjukkan bahwa permintaan akan emas akan tetap tinggi meskipun suku bunga lebih tinggi.

Harga emas naik

Harga emas naik karena beberapa alasan. Pertama, data inflasi tinggi membuat investor mencari aset lindung nilai.

Kedua, Federal Reserve (Fed) diperkirakan akan terus menaikkan suku bunga. Ketiga, ekonomi AS yang kuat menunjukkan bahwa konsumen masih bersedia membelanjakan uang.

Data inflasi tinggi

Harga emas naik karena data inflasi tinggi. Inflasi adalah kenaikan harga barang dan jasa. Ketika inflasi tinggi, nilai uang menurun. Artinya, dengan jumlah uang yang sama, kita bisa membeli lebih sedikit barang dan jasa. Emas adalah aset lindung nilai inflasi. Artinya, harga emas cenderung naik ketika inflasi tinggi. Hal ini karena emas dianggap sebagai aset yang aman dan dapat mempertahankan nilainya selama periode inflasi.

Contohnya, pada tahun 1970-an, terjadi inflasi yang sangat tinggi di Amerika Serikat. Harga emas naik dari $35 per ons menjadi $850 per ons. Hal ini karena investor mencari aset yang dapat melindungi nilai uang mereka dari inflasi.

Fed akan menaikkan suku bunga

Federal Reserve (Fed) diperkirakan akan terus menaikkan suku bunga untuk melawan inflasi. Suku bunga adalah harga uang. Ketika Fed menaikkan suku bunga, maka biaya pinjaman uang menjadi lebih mahal. Hal ini dapat memperlambat perekonomian dan mengurangi inflasi.

Contohnya, pada tahun 2022, Fed menaikkan suku bunga beberapa kali untuk melawan inflasi yang tinggi. Hal ini menyebabkan biaya pinjaman uang menjadi lebih mahal, sehingga memperlambat perekonomian dan mengurangi inflasi.

Emas lindung nilai inflasi

Harga emas cenderung naik ketika inflasi tinggi. Hal ini karena emas dianggap sebagai aset yang aman dan dapat mempertahankan nilainya selama periode inflasi. Contohnya, pada tahun 1970-an, terjadi inflasi yang sangat tinggi di Amerika Serikat. Harga emas naik dari $35 per ons menjadi $850 per ons. Hal ini karena investor mencari aset yang dapat melindungi nilai uang mereka dari inflasi.

Dalam konteks saat ini, inflasi di Amerika Serikat berada pada level tertinggi dalam beberapa dekade. Hal ini menyebabkan meningkatnya permintaan akan emas sebagai aset lindung nilai inflasi. Akibatnya, harga emas naik mendekati $2.400 per ons.

Ekonomi AS kuat

Selain inflasi yang tinggi, ekonomi AS yang kuat juga mendukung kenaikan harga emas. Data penjualan ritel yang lebih kuat dari perkiraan menunjukkan bahwa konsumen masih bersedia membelanjakan uang meskipun suku bunga lebih tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa permintaan akan emas akan tetap tinggi meskipun suku bunga lebih tinggi.

Contohnya, pada tahun 2021, ekonomi AS tumbuh pada tingkat tercepatnya dalam beberapa dekade. Hal ini menyebabkan peningkatan permintaan akan emas, karena investor mencari aset yang dapat melindungi kekayaan mereka dari inflasi dan ketidakpastian ekonomi.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Yang Perlu Diketahui Pria: Rahasia Medis Payudara Besar, Ada Solusinya!

22 Mei 2024 - 20:55 WIB

Perlukah Tindakan Medis Untuk Payudara Besar Pada Pria

Gangguan Cemas Berlebihan: Kenali 5 Jenisnya dan Temukan Pencerahan Baru

22 Mei 2024 - 20:05 WIB

5 Gangguan Kepribadian Dengan Rasa Cemas Berlebihan

Terungkap! 4 Rahasia Radang Usus yang Jarang Diketahui

22 Mei 2024 - 19:28 WIB

Hati Hati Dengan 4 Jenis Radang Usus Ini

Bayi Sesak Napas Saat Menyusui? Hati-Hati Gejala TOF!

22 Mei 2024 - 17:44 WIB

Bayi Sesak Napas Saat Menyusui Waspada Gejala Tetralogy Of Fallot

Mengapa Anak-Anak Lebih Sering Jalan Saat Tidur?

22 Mei 2024 - 16:09 WIB

Anak Anak Lebih Rentan Alami Gangguan Tidur Berjalan Benarkah

Terbongkar! Gonore Tak Lagi Menakutkan, Ternyata Penularannya Bukan Lewat Dudukan Toilet

22 Mei 2024 - 15:42 WIB

Perlu Tahu Gonore Enggak Menular Lewat Dudukan Toilet
Trending di Terkini