Menu

Mode Gelap
Samsung A35 5G Resmi Meluncur, Simak Harga dan Spesifikasi Gaharnya! Panduan Lengkap Setting Kamera Samsung S24 Ultra buat Rekam Konser Bruno Mars di Thailand Bocoran Samsung Galaxy Z Fold 6: Tipis, Kamera 200 MP, Bakal Hajar Pesaing! Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan?

Terkini · 17 Mei 2024 06:17 WIB · Waktu Baca

Rahasia Umur Panjang Terkuak: Bukan 10 Ribu Langkah!

Tak Perlu 10 Ribu Langkah Sehari, Ini Kunci Hidup Sehat dan Panjang Umur Perbesar


Rahasia Umur Panjang Terkuak: Bukan 10 Ribu Langkah!

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Internal Medicine, berjalan 10.000 langkah per hari tidak selalu diperlukan untuk hidup sehat dan panjang umur. Studi tersebut menemukan bahwa orang yang berjalan hanya 4.400 langkah per hari memiliki risiko kematian dini yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang berjalan kurang dari 2.000 langkah per hari.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 15.000 orang dewasa yang berusia di atas 40 tahun. Para peserta diminta untuk memakai pelacak aktivitas selama seminggu untuk menghitung jumlah langkah mereka. Selama masa tindak lanjut rata-rata 10 tahun, lebih dari 2.500 peserta meninggal dunia.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang berjalan 4.400 langkah per hari memiliki risiko kematian dini 40% lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang berjalan kurang dari 2.000 langkah per hari. Risiko kematian dini juga berkurang sebesar 20% untuk setiap tambahan 1.000 langkah yang diambil per hari.

Studi ini menunjukkan bahwa berjalan dalam jumlah sedang dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan, bahkan jika Anda tidak mencapai target 10.000 langkah per hari. Jadi, jika Anda belum aktif, mulailah perlahan dan secara bertahap tingkatkan jumlah langkah Anda dari waktu ke waktu.

Tips Mencapai Target Langkah Harian Anda

  • Parkirlah mobil Anda agak jauh dari pintu masuk toko atau kantor.
  • Naik tangga daripada lift.
  • Berjalan-jalanlah selama istirahat makan siang Anda.
  • Ikut serta dalam kegiatan yang membuat Anda aktif, seperti menari atau berkebun.
  • Gunakan pelacak aktivitas untuk memantau kemajuan Anda.

Tidak perlu memaksakan diri untuk mencapai target 10.000 langkah per hari. Mulailah dari yang kecil dan secara bertahap tingkatkan jumlah langkah Anda dari waktu ke waktu. Bahkan berjalan dalam jumlah sedang dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan.

Tak Perlu 10 Ribu Langkah Sehari, Ini Kunci Hidup Sehat dan Panjang Umur

Siapa bilang harus jalan 10 ribu langkah sehari untuk hidup sehat dan panjang umur? Ternyata, ada kunci-kunci lain yang tak kalah penting.

Apa saja itu? Simak 6 aspek penting berikut:

  • Jalan sedang
  • Diet sehat
  • Tidur cukup
  • Kelola stres
  • Hubungan sosial
  • Cek kesehatan rutin

Meski jalan sedang tidak harus 10 ribu langkah sehari, namun tetap harus rutin dilakukan. Selain itu, perhatikan juga pola makan, pastikan bergizi dan seimbang. Tidur yang cukup juga penting untuk kesehatan fisik dan mental. Jangan lupa kelola stres dengan baik, karena stres yang berkepanjangan bisa memicu berbagai penyakit.

Jalin hubungan sosial yang baik juga bisa membuat hidup lebih sehat dan panjang umur. Terakhir, jangan lupa untuk rutin cek kesehatan, agar penyakit bisa dideteksi dan diobati sejak dini.

Jadi, hidup sehat dan panjang umur tidak melulu soal jalan 10 ribu langkah sehari. Dengan memperhatikan aspek-aspek penting di atas, Anda bisa hidup lebih sehat dan panjang umur.

Jalan sedang

Jalan kaki memang bagus, tapi jangan dipaksain 10 ribu langkah sehari. Jalan sedang aja udah cukup kok buat sehat dan panjang umur. Jalan kaki bisa bikin jantung sehat, pikiran jernih, dan badan lebih segar.

Jadi, mulai sekarang jalan kaki 30 menit sehari, atau sekitar 4.400 langkah. Nggak usah banyak-banyak, yang penting rutin.

Diet sehat

Makan yang sehat itu penting banget buat kesehatan. Makan buah, sayur, dan biji-bijian. Kurangi makanan berlemak, manis, dan asin.

Diet sehat bisa bantu jaga berat badan, mencegah penyakit kronis, dan bikin kulit lebih berseri.

Tidur cukup

Tidur yang cukup itu penting banget buat kesehatan fisik dan mental. Orang dewasa butuh tidur 7-8 jam setiap malam.

Tidur cukup bisa bantu memperbaiki suasana hati, meningkatkan konsentrasi, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Kelola stres

Stres bisa bikin badan sakit-sakitan. Makanya, penting banget buat kelola stres dengan baik.

Ada banyak cara buat kelola stres, misalnya yoga, meditasi, atau jalan-jalan. Cari cara yang paling cocok buat kamu dan lakukan secara rutin.

Hubungan sosial

Punya hubungan sosial yang baik itu bisa bikin hidup lebih sehat dan panjang umur.

Hubungan sosial bisa bikin kita merasa bahagia, didukung, dan nggak kesepian. Jalin hubungan baik dengan keluarga, teman, dan komunitas.

Cek kesehatan rutin

Cek kesehatan rutin itu penting banget buat deteksi penyakit sejak dini.

Dengan cek kesehatan rutin, penyakit bisa ketahuan dan diobati lebih cepat. Jadi, jangan malas buat cek kesehatan ya!

Diet sehat

Makan yang sehat itu ibarat bahan bakar yang bagus buat mobil. Mobil sehat, perjalanan lancar, umur panjang. Sama kayak badan kita. Makan sehat, badan sehat, umur panjang.

Makan sehat tuh nggak ribet. Makan aja buah, sayur, sama biji-bijian. Kurangi makanan yang berlemak, manis, dan asin. Gampang kan?

Dengan makan sehat, berat badan terjaga, penyakit kronis minggir, kulit pun berseri. Siapa yang nggak mau?

Tidur cukup

Tidur itu kayak nge-charge baterai badan kita. Kalau tidurnya cukup, badan jadi seger, pikiran jernih, dan semangat 45 lagi buat beraktivitas.

Orang dewasa butuh tidur 7-8 jam setiap malam. Kalau kurang dari itu, badan jadi lemas, konsentrasi buyar, dan gampang sakit.

Jadi, jangan remehin tidur ya! Pastikan tidur cukup setiap malam, biar badan tetap sehat dan panjang umur.

Kelola stres

Stres itu kayak monster yang suka gangguin kesehatan kita. Kalau dibiarin, bisa bikin badan sakit-sakitan, pikiran kacau, dan umur pendek.

Makanya, penting banget buat kelola stres dengan baik. Ada banyak cara buat ngelawan monster stres ini, misalnya yoga, meditasi, atau jalan-jalan.

Cari cara yang paling cocok buat kamu dan lakuin secara rutin. Dijamin, monster stres bakal minggir dan kamu bisa hidup sehat dan panjang umur.

Hubungan sosial

Punya temen banyak itu asik. Bisa ngobrol, ketawa-ketiwi, bantuin pas susah. Tapi tau nggak sih, punya temen banyak juga bisa bikin kita hidup lebih sehat dan panjang umur?

Iya, beneran! Soalnya, punya temen bisa bikin kita merasa bahagia, didukung, dan nggak kesepian. Nah, perasaan-perasaan positif ini bisa bikin badan kita lebih sehat dan umur kita lebih panjang.

Jadi, jangan lupa jalin hubungan baik sama keluarga, temen, dan komunitas ya! Dijamin, hidup kamu bakal lebih sehat dan panjang umur.

Cek kesehatan rutin

Periksakan kesehatan kita secara rutin itu penting banget lho! Soalnya, dengan periksa kesehatan rutin, penyakit bisa ketahuan sejak dini dan bisa langsung diobati. Nggak cuma itu, periksa kesehatan rutin juga bisa ngasih kita ketenangan pikiran karena kita tahu kondisi kesehatan kita sendiri.

Jadi, jangan malas buat periksa kesehatan ya! Cukup luangkan waktu setahun sekali aja buat periksa kesehatan lengkap. Dengan begitu, kita bisa hidup lebih sehat dan panjang umur.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Rumah Kotor? Awas, Bahaya Pes Mengintai!

24 Mei 2024 - 18:04 WIB

Rumah Kotor Hati Hati Bahaya Pes Akibat Tikus

Halusinasi? Waspada Psikosis Mengintai!

24 Mei 2024 - 16:43 WIB

Melihat Yang Tidak Nyata Bisa Jadi Tanda Psikosis

Terungkap! Penyakit Katup Jantung Lebih Mengincar Wanita

24 Mei 2024 - 15:19 WIB

Penyakit Katup Jantung Lebih Sering Dialami Wanita Dibanding Pria

Benjolan di Leher Bukan Selalu Tumor, Intip Penjelasannya!

24 Mei 2024 - 13:54 WIB

Benjolan Di Leher Belum Tentu Tumor Bisa Jadi Gondok

Stop Nyeri Tumit! Rahasia Mengejutkan di Balik Berat Badan Berlebih

24 Mei 2024 - 13:15 WIB

Berat Badan Berlebih Bisa Sebabkan Plantar Fasciitis

Temukan Rahasia Sembuhkan Meniere yang Sebabkan Tuli Permanen!

24 Mei 2024 - 12:05 WIB

Tindakan Medis Untuk Meniere Yang Sebabkan Hilang Pendengaran
Trending di Terkini