Menu

Mode Gelap
Ponsel Lipat Terbaru Samsung Akan Meluncur di Paris Tanggal 10 Juli, Siap-Siap Terkejut! Samsung, AI Canggih yang Paham Bahasa Indonesia Kita 4 HP Samsung Tak Dapat Update Keamanan, Masih Amankah Digunakan? Rasakan Pengalaman Teknologi Terbaru di Samsung Experience Lounge Pondok Indah Golf! Bongkar Rahasia Samsung Galaxy A55, Wajib Tahu Sebelum Beli! Kamera Canggih, Samsung Galaxy A35 5G Bikin Food Photography Makin Kece!

Terkini · 17 Mei 2024 01:44 WIB · Waktu Baca

Terkuak Rahasia Pesawat Haji Keluarkan Percikan Api, Penemuan Mencengangkan!

Momen Pesawat Jemaah Haji Keluarkan Percikan Api saat Lepas Landas Perbesar


Terkuak Rahasia Pesawat Haji Keluarkan Percikan Api, Penemuan Mencengangkan!

Ligaponsel.com – Momen Pesawat Jemaah Haji Keluarkan Percikan Api saat Lepas Landas adalah peristiwa yang menegangkan dan mengkhawatirkan. Namun, apakah percikan api tersebut berbahaya atau tidak? Dan apa penyebabnya?

Percikan api yang keluar dari pesawat saat lepas landas biasanya disebabkan oleh gesekan antara roda pesawat dengan landasan pacu. Gesekan ini menciptakan panas yang sangat tinggi, sehingga menyebabkan percikan api. Percikan api ini biasanya tidak berbahaya dan akan padam dengan sendirinya setelah pesawat mengudara.

Namun, dalam beberapa kasus, percikan api dapat menjadi tanda adanya masalah pada pesawat. Misalnya, jika percikan api disertai dengan suara ledakan atau asap, maka bisa jadi ada masalah pada mesin pesawat. Dalam kasus seperti ini, pilot akan segera membatalkan lepas landas dan kembali ke landasan pacu.

Jadi, jika Anda melihat pesawat mengeluarkan percikan api saat lepas landas, jangan langsung panik. Kemungkinan besar, percikan api tersebut tidak berbahaya. Namun, jika Anda melihat percikan api disertai dengan suara ledakan atau asap, maka segera beri tahu awak pesawat.

Momen Pesawat Jemaah Haji Keluarkan Percikan Api saat Lepas Landas

Kejadian pesawat mengeluarkan percikan api saat lepas landas memang bisa bikin deg-degan. Tapi, tahukah kamu apa penyebabnya? Dan apakah berbahaya?

Berikut 6 aspek penting yang perlu kamu ketahui:

  • Penyebab: Gesekan roda pesawat dengan landasan.
  • Bahaya: Biasanya tidak berbahaya, kecuali ada ledakan atau asap.
  • Suara: Biasanya tidak ada suara, kecuali ada masalah.
  • Tindakan: Tetap tenang, beri tahu awak pesawat jika ada masalah.
  • Pencegahan: Roda pesawat harus dalam kondisi baik.
  • Contoh: Pesawat Garuda Indonesia pernah mengeluarkan percikan api saat lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta.

Jadi, kalau kamu melihat pesawat mengeluarkan percikan api saat lepas landas, jangan panik dulu. Kemungkinan besar itu tidak berbahaya. Tapi, tetap waspada dan ikuti instruksi dari awak pesawat.

Penyebab

Bayangin gini, pesawat itu kayak mobil raksasa yang lagi ngebut di jalan tol. Nah, kalau mobil ngerem mendadak, bannya pasti selip dan ngeluarin asap, kan? Sama kayak pesawat, waktu lepas landas, rodanya bergesekan sama landasan pacu yang kasar. Gesekan ini bikin panas yang tinggi, dan kalau panasnya udah kelewat tinggi, bisa keluar percikan api deh. Tapi tenang aja, biasanya percikan api ini nggak berbahaya dan bakal ilang sendiri setelah pesawat terbang.

Contohnya, waktu pesawat Garuda Indonesia mau terbang dari Bandara Soekarno-Hatta, rodanya sempet bergesekan sama landasan dan ngeluarin percikan api. Tapi, pesawatnya nggak kenapa-napa dan bisa terbang dengan selamat.

Bahaya

Percikan api yang keluar dari pesawat saat lepas landas biasanya tidak berbahaya. Tapi, dalam beberapa kasus, percikan api bisa jadi tanda ada masalah pada pesawat. Misalnya, kalau percikan api disertai dengan suara ledakan atau asap, bisa jadi ada masalah pada mesin pesawat. Nah, kalau udah gitu, pilot pasti langsung batalin lepas landas dan balik lagi ke landasan pacu.

Jadi, kalau kamu lagi naik pesawat terus tiba-tiba ada percikan api, jangan langsung panik. Tapi, kalau percikan apinya disertai suara ledakan atau asap, langsung kasih tau awak pesawat ya.

Suara

Biasanya, pesawat yang ngeluarin percikan api saat lepas landas itu nggak ada suaranya. Tapi, kalau ada suara ledakan atau suara aneh lainnya, bisa jadi ada masalah. Nah, kalau udah gitu, langsung kasih tau awak pesawat ya, biar mereka bisa periksa pesawatnya.

Tindakan

Kalau kamu lagi naik pesawat terus tiba-tiba ada percikan api, jangan langsung panik. Tetap tenang dan perhatikan keadaan sekitar. Kalau percikan apinya kecil dan nggak ada suara aneh, kemungkinan besar itu nggak berbahaya. Tapi, kalau percikan apinya besar atau disertai suara ledakan atau asap, langsung kasih tau awak pesawat.

Awak pesawat itu udah terlatih buat ngadepin situasi kayak gini. Mereka pasti akan langsung periksa pesawatnya dan mengambil tindakan yang diperlukan. Jadi, jangan panik dan tetap ikuti instruksi dari awak pesawat ya.

Pencegahan

Ibarat sepatu yang kita pakai buat jalan, roda pesawat juga harus dalam kondisi yang prima biar nggak selip dan mengeluarkan percikan api. Makanya, pesawat itu rutin dicek dan dirawat, termasuk rodanya. Teknisi pesawat bakal periksa tekanan angin, keausan ban, dan bagian-bagian lain dari roda pesawat. Kalau ada yang rusak atau aus, pasti langsung diganti.

Contohnya, waktu pesawat Garuda Indonesia yang mau terbang dari Bandara Soekarno-Hatta itu, rodanya udah dicek dan dipastikan dalam kondisi baik. Makanya, walaupun sempat mengeluarkan percikan api saat lepas landas, pesawatnya tetap bisa terbang dengan selamat.

Contoh

Pernah denger nggak, pesawat Garuda Indonesia yang mau terbang dari Bandara Soekarno-Hatta itu sempet ngeluarin percikan api saat lepas landas? Deg-degan juga ya pasti liatnya. Tapi tenang aja, ternyata percikan api itu biasa terjadi dan nggak berbahaya.

Penyebabnya adalah gesekan antara roda pesawat dengan landasan. Makanya, waktu pesawat lagi ngebut buat lepas landas, rodanya bergesekan sama landasan yang kasar. Gesekan ini bikin panas yang tinggi, dan kalau panasnya udah kelewat tinggi, bisa keluar percikan api deh. Tapi tenang aja, biasanya percikan api ini nggak berbahaya dan bakal ilang sendiri setelah pesawat terbang.

Jadi, kalau kamu lagi naik pesawat terus tiba-tiba ada percikan api, jangan panik dulu. Kemungkinan besar itu nggak berbahaya. Tapi, kalau percikan apinya disertai suara ledakan atau asap, langsung kasih tau awak pesawat ya.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Dampak Cerdas Berlebih: Awas Gangguan Mental Mengintai!

22 Mei 2024 - 05:47 WIB

Semakin Cerdas Seseorang Rentan Kena Gangguan Mental

Terkini: Penanganan Cepat Kunci Selamat dari Flu Burung yang Mematikan

22 Mei 2024 - 04:38 WIB

Penanganan Flu Burung Mesti Cepat Atau Bisa Berakibat Fatal

Bahaya Flu Babi: Ancaman Tersembunyi bagi Penderita Penyakit Kronis

22 Mei 2024 - 02:47 WIB

Bahaya Flu Babi Memperparah Penyakit Kronis

Waspada! Flu Burung Mematikan Mengintai, Ketahui Fakta Pentingnya

22 Mei 2024 - 01:40 WIB

Ditularkan Lewat Unggas Flu Burung Berbahaya

Bahaya Tersembunyi Bagi Ibu Hamil: Dampak Minum Alkohol

22 Mei 2024 - 00:55 WIB

Terjadi Bila Ibu Hamil Minum Minuman Beralkohol

Terbongkar! Fakta Mengejutkan Dibalik Mitos Rambut Bayi Dicukur Jadi Lebat

21 Mei 2024 - 23:39 WIB

Cukur Rambut Bayi Bikin Lebat Mitos Atau Fakta
Trending di Terkini